by

8 Bisnis untuk Pensiunan yang Paling Top 2022

Pensiunan tidak boleh berhenti berkarya sekalipun sudah purna kerja. Hitung-hitung sebagai bentuk aktualisasi diri daripada sekadar duduk-duduk menunggu usia senja. Akan lebih baik, kalau menjalankan bisnis untuk pensiunan. Sebuah aktivitas yang masih bisa mendatangkan keuntungan finansial, dengan begitu keuangan di masa tua akan tetap sehat.

Terdapat beberapa bisnis yang bagus dijalankan oleh pensiunan. Namun sebelumnya, modal harus dipersiapkan terlebih dahulu. Sebab bisnisnya tergolong serius sekalipun mudah dijalankan. Caranya, silakan simpan sedikit uang dari gaji bulanan. Untuk tahu bisnis yang dimaksud, silakan baca artikel ini.

1. Membuka Usaha Fotokopi

Usaha fotokopi masih menjadi usaha yang bagus terutama bagi pensiunan. Selain modal yang dibutuhkan sangat rendah, progres bisnis juga cukup memuaskan. Apalagi jika rumah berada di area persekolahan dan perkantoran. Si pengusaha pun tidak perlu menjaga usaha melainkan bisa membayar tenaga kerja.

Bisnis fotokopi juga bisa disandingkan dengan usaha yang lain seperti usaha ATK. Kalau keduanya dijalankan dengan baik, tentu usaha bisa sukses dengan cepat. Karena pelanggan tidak akan berpindah ke penyedia jasa yang lain. Maka dari itu, silakan sediakan alat tulis kantor yang lengkap lalu rilis harga yang murah.

2. Menjalankan Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan jenis bisnis populer yang paling banyak dipilih oleh pensiunan. Varian-nya bermacam-macam, seperti bisnis kuliner, laundry hingga usaha minimarket. Namun sebelum mulai menjalankan, peta persaingan pasar harus dipahami terlebih dahulu, terutama usaha franchise kuliner yang pelaku usahanya di Indonesia begitu banyak.

Untuk sukses di bisnis franchise, manajemen usaha harus matang. Baik dari segi pengaturan keuangan, penentuan tenaga kerja, sarana prasarana dan yang lain. Harus bisa dipastikan usaha dijalankan sesuai rencana dan target pelanggan. Nah, kalau tidak mau ruwet silakan menyewa ahli manajemen untuk melakukan pengelolaan.

Baca Juga  7 Penyebab Hubungan Menantu dengan Mertua Tidak Harmonis
3. Membangun Usaha Laundry

Menjadi seorang pensiunan, bukan berarti harus berhenti beraktivitas yang menguntungkan. Justru waktu luang yang ada bisa digunakan untuk menjalankan bisnis yang potensial. Salah satunya dengan membangun bisnis laundry atau jasa cuci berbayar. Ini usaha yang bagus dengan tingkat persaingan yang masih rendah.

Usaha laundry merupakan bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal. Dengan Rp. 10 juta saja sudah bisa menjalankan bisnis ini. Alokasinya untuk dibelikan satu unit mesin cuci berkualitas pertengahan, sedangkan untuk membeli yang bagus silakan persiapkan modal Rp. 20 juta.

4. Membuka Warung Kelontong

Bisnis untuk pensiunan yang berikutnya ialah membuka warung kelontong. Sekalipun bisnis versi rumahan, tetapi penghasilannya lumayan besar. Apalagi kalau di sekitar lokasi masih belum ada persaingan. Lain daripada itu, bisnis ini juga tergolong simpel serta tidak membutuhkan modal yang besar.

Kalau progres warung kelontong sudah bagus, maka lebih baik cari tenaga kerja. Hitung-hitung membuka lahan pekerjaan terutama bagi keluarga, kerabat dan tetangga yang menganggur. Jadi, sekalipun sudah pensiun, tetap ada sumbangsih bagi masyarakat. Rasa segan sosial pun akan bermunculan yang akan melahirkan perasaan simpati dan empati.

5. Menjalankan Usaha Peternakan Ayam Petelur

Bisnis yang paling populer di Indonesia ialah usaha peternakan. Pelaku usahanya juga lintas status bahkan banyak yang datang dari kalangan pensiunan. Mereka menjalankan usaha ternak dari yang sederhana sampai yang besar, sedangkan yang sederhana kadang hanya dijadikan sambilan saja.

Ayam petelur merupakan usaha peternakan yang paling potensial. Selain keuntungan finansial-nya besar, nilai fungsinya juga banyak. Selain telurnya menjadi komoditas, dagingnya juga bisa dijual. Bahkan bisa dikonsumsi sendiri. Itu artinya, pintu masuk menuju keuntungan lebih bervariasi.

Baca Juga  6 Pekerjaan yang Jarang Diketahui! Siapa Tahu Kamu Berbakat dan Berminat
6. Jalankan Bisnis Kontrakan / Kost

Kalau memiliki tabungan pasca pensiun, coba gunakan untuk menjalankan bisnis kontrakan atau kost. Usaha memang membutuhkan modal besar. Akan tetapi, kalau lokasinya strategis, potensi keuntungan yang didapatkan juga memuaskan. Terutama kalau area-nya berdekatan dengan ruang publik seperti sekolah, kantor dan pasar.

Bagi yang masih aktif bekerja, coba alokasikan sedikit gaji untuk ditabungkan. Toh ketika sudah pensiun, uang tersebut bisa dijadikan modal untuk membuka usaha kontrakan. Dan kalau bisnis benar-benar berdiri, berarti tinggal mengumpulkan omzet-nya saja. Apalagi usaha semacam ini masih terus dibutuhkan banyak orang.

7. Membuka Usaha Jasa Kurir

Sejak adanya internet, progresifitas bisnis online semakin bangkit. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan masyarakat lebih suka berbelanja secara digital daripada offline. Efek dari peristiwa ini ialah kebutuhan terhadap jasa pengiriman (kurir) juga semakin tinggi. Karena dialah yang akan mengantarkan barang milik penjual ke pembeli.

Pengusaha tidak akan kesulitan untuk mencari tenaga kerja. Sebab minat anak muda terhadapnya masih tinggi sebab komisi yang didapatkan cukup besar. Merekalah yang diajak bergabung ke dalam bisnis, sedangkan sistem penggajian tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

8. Usaha Counter Pulsa

Kebutuhan masyarakat terhadap pulsa dan token begitu besar. Untuk itu, harus ada sebagian warga yang mempermudah dalam bentuk jasa konter. Dan ini sangat cocok dijalankan oleh pensiunan. Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, cara berbisnis juga mudah, bahkan transaksi pulsa sudah menggunakan sistem online.

Ada yang mengatakan kalau bisnis konter pulsa membutuhkan modal besar. Karena si pelaku usaha masih harus membeli tanah atau minimal menyewa ruko yang mahal. Namun, ini bisa diakali dengan menjadikan sebagian rumah sebagai tempat usaha, terutama yang lokasinya tepat di pinggir jalan yang ramai.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Mengonsumsi Ikan Laut Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Kalau ingin masa tua tetap gemilang, coba terapkan bisnis untuk pensiunan di atas. Untuk modalnya, silakan ambilkan dari tabungan semasa masih aktif bekerja. Sebab itu, niatkan mulai sekarang lalu sisihkan sebagian gaji untuk impian tersebut. Niscaya semua akan berjalan lancar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya