by

8 Manfaat Analisis Pasar yang Perlu Diketahui Pebisnis

Sebelum menjalankan bisnis, pengusaha harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Hal ini penting karena menjadi prasyarat kesuksesan usaha yang akan dijalankan. Oleh sebab itu, perlu kiranya penjelasan tentang manfaat analisis pasar usaha, terutama bagi pengusaha kategori pemula.

Analisis pasar adalah kegiatan membaca potensi pelanggan membeli produk yang ditawarkan. Dari hasil analisis akan ditemukan kalau produk tersebut layak dijual atau tidak. Pengusaha juga bisa mengambil keputusan terkait strategi marketing yang digunakan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat analisis pasar, mari kita baca artikel ini. Di dalamnya berisi ulasan manfaat yang harus diketahui oleh seluruh pengusaha. Baik yang masih pemula maupun yang berpengalaman. Nah, untuk mengetahui manfaat yang lebih lengkap yuk baca di sini:

1. Mendapatkan Pelanggan yang Tepat

Untuk mencari pelanggan yang tepat, pengusaha harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Lalu dipetakan, masyarakat yang mana yang layak dijadikan sasaran pemasaran. Termasuk menentukan produk apa yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya marketing pada pelanggan yang salah.

Jika analisis pasar berjalan maksimal, tentu pelanggan yang disasar tidak akan salah. Paling tidak, mereka memang butuh produk sehingga berpotensi untuk membeli. Harga pun tidak akan melenceng dari animo atau daya beli mereka. Makanya silakan lakukan analisis pasar dengan detail dan menyeluruh.

2. Peluang Usaha akan Bermunculan

Seorang pebisnis harus cerdas terutama saat mencari peluang usaha. Ini tidak akan ditemukan jika sebelumnya tidak melakukan analisis pasar, karena dari hasil ini akan ditemukan produk apa yang laris tetapi belum tersedia. Selanjutnya, pengusaha tinggal menggarapnya sebelum didahului orang lain.

Semakin banyak peluang yang dilahirkan, maka potensi keuntungan juga semakin besar. Bahkan perusahaan akan menjadi yang terdepan meninggalkan yang lain. Bukan tidak mungkin, usaha akan diikuti kompetitor karena peluang mereka sudah tertutup. Jika ini yang terjadi, pengusaha tinggal mencari peluang baru yang lebih menguntungkan.

Baca Juga  Cara Pasang Iklan Lowongan Kerja Gratis di LintasHaba
3. Mampu Memenangkan Persaingan dengan Kompetitor

Yang namanya bisnis pasti dipenuhi dengan persaingan-persaingan. Pengusaha harus memenangkan persaingan ini jika ingin menjadi yang terdepan. Namun tekniknya sangat sulit kecuali menerapkan strategi analisis pasar yang matang. Pembacaan pelanggan secara menyeluruh untuk melihat potensi perkembangan usaha.

Kalau analisis pasar dilakukan dengan maksimal, maka pengusaha bisa melihat dua hal. Yang pertama kelebihan kompetitor sedangkan yang kedua adalah kelemahannya. Nah, kelemahan ini yang harus dimanfaatkan dalam rangka memenangkan persaingan. Tentunya dengan cara yang sehat dan bijaksana.

4. Akan Mendapatkan Mitra yang Elegan

Ada kalanya bisnis tidak bisa dijalankan sendirian. Melainkan membutuhkan kerjasama kemitraan dengan perusahaan lain. Baik yang bergerak di bisnis yang sama ataupun dengan perusahaan yang berbeda. Yang terpenting ada keuntungan yang akan didapatkan oleh kedua belah pihak.

Sekalipun demikian, pengusaha tidak boleh asal memilih perusahaan sebagai mitra usaha. Harus dianalisis dulu kebutuhan pasar dan pelanggan. Jika responnya positif, maka silakan ajukan proposal kerjasama. Namun jika perusahaan tidak disukai jangan coba-coba untuk bermitra dengannya.

5. Risiko Bisnis akan Berkurang

Manfaat analisis pasar yang berikutnya ialah untuk mengurangi risiko bisnis. Ini sangat mungkin terjadi, karena sebelumnya pasar dibaca terlebih dahulu. Sehingga terlihat dengan jelas masalah apa yang bakal terjadi di dalamnya. Lalu pengusaha tinggal mempersiapkan solusinya saja.

Itu artinya, dengan melakukan analisis pasar, risiko bisnis lebih bisa ditekan. Sehingga pengusaha tidak perlu melakukan perombakan strategi kalau masalah ini muncul karena yang perlu dicari hanya jalan keluarnya saja. Lain daripada itu, bisnis juga bisa dijalankan dengan nyaman.

6. Strategi Marketing akan Lebih Tepat Guna

Jangan melakukan marketing jika pengusaha masih belum melakukan analisis pasar, karena hasil pemasaran tidak akan memuaskan. Yang ada biaya semakin membengkak sedangkan pelanggan tidak ada yang membeli. Siapa yang akan membeli kalau produk bukan yang dibutuhkan mereka.

Baca Juga  Stres Sistem Kebut Semalam? Ini Tips Cepat Selesaikan Skripsi

Maka dari itu, sebelum menentukan strategi marketing, tentukan dulu pasarnya. Termasuk menentukan usia, tingkat pendidikan, status sosial, gender dan lain sebagainya. Jika data sudah di tangan, maka silakan lakukan pemasaran yang sesuai. Jangan lupa juga untuk menentukan harga yang tepat.

7. Biaya Marketing Lebih Hemat

Kalau tanpa analisis pasar, biaya marketing akan membengkak. Salah satunya biaya transportasi sales yang bisa mencapai jutaan rupiah perbulan. Padahal sekarang, sistem semacam ini sudah tidak berlaku lagi, karena semua pemasaran seharusnya menggunakan sistem online dan digital.

Sebelum menerapkan strategi marketing online, pengusaha harus membaca pasar dulu. Apakah benar pelanggan lebih suka menggunakan pemasaran digital daripada manual. Jadi jangan asal menawarkan kalau hasilnya hanya pembengkakan biaya. Toh alokasi masih bisa digunakan untuk pembiayaan lain yang lebih dibutuhkan.

8. Penjual dan Konsumen Bisa Lebih Dekat

Pengusaha harus lebih dekat dengan konsumen kalau ingin produknya laris. Salah satu caranya melakukan analisis pasar terkhusus kecenderungan pelanggan. Dari sana akan ditemukan produk apa yang diharapkan oleh mereka, mungkin juga harga serta kualitasnya.

Jika hasil analisis memicu lahirnya pelayanan bagus, tentu konsumen akan dekat dengan sendirinya. Mereka tidak akan berpindah ke perusahaan lain sekalipun menawarkan produk murah, karena bagi mereka chemistry atau kedekatan itulah yang memicu kesetiaan.

Itulah beberapa manfaat analisis pasar dan pelanggan yang perlu diketahui pebisnis. Untuk modelnya terserah, apakah dalam bentuk survey, event dan promo atau via iklan. Apapun caranya yang terpenting pengusaha bisa memahami pasar dengan utuh. Sebab ini yang menjadi prasyarat produk akan laris dibeli.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya