by

8 Ide Bisnis Pasca Pandemi 2022

Bisa dibilang, sekarang ini masalah pandemi corona mulai berkurang, bahkan bisa dianggap telah selesai dan Indonesia sudah waktunya untuk berbenah. Terkait dengan hal tersebut, kini ada ide bisnis pasca pandemi yang bisa kembali dijalankan. Paling tidak dengannya, ekonomi rakyat bisa kembali bangkit.

Para karyawan yang mendapatkan PHK akibat covid 19 pun tidak boleh berkecil hati. Sebab bisnis-bisnis berikut ini masih bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Hanya saja tentunya perlu dipahami, usaha macam apa yang bisa memulihkan finansial dengan cepat. Nah, untuk mengetahuinya, silakan baca list berikut:

1. Membuka Online Shop

tangan memegang ponsel pintar dengan aplikasi shopp. konsep belanja online. - online shop ilustrasi stok

Bagi siapapun yang masih trauma akibat bisnis offline hancur karena pandemi, coba ubah paradigma. Yakinlah pada diri, kalau bisnis online shop lebih menguntungkan. Tidak penting produk yang dijual, asalkan sistem yang digunakan adalah digital. Pasalnya, biaya promosi lebih murah serta tidak perlu membangun toko yang mahal.

Untuk awal, mungkin bisa berjualan produk dengan jumlah kecil dulu, sembari menunggu tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Sekalipun demikian, bisnis online shop tetap harus dijalankan dengan serius, termasuk membuat buku neraca yang detail sehingga terlihat mana modal dan mana laba.

2. Menjadi Freelancer Online

tampilan overhead pengusaha muda asia menganalisis data pasar saham, melacak dan memperdagangkan saham dengan laptop saat sarapan di ruang tamu di rumah. bursa saham, investasi, konsep perdagangan keuangan - freelancer potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menjadi freelancer tergolong bisnis potensial pasca pandemi. Penghasilannya juga cukup besar apalagi jika pelanggan mengaku puas atas jasa yang diberikan. Bidang cakupan kerja cukup banyak dan beragam. Dari yang menjadi reseller produk hingga menjadi penulis artikel website.

Inti kesuksesan seorang pekerja freelancer adalah pelayanan. Ini harus dilakukan secara detail tergantung bidang kerja yang ditekuni. Jika menjadi reseller produk, tentu harga, kemasan, program harus benar-benar memuaskan,sedangkan kalau menjadi penulis, hasil tulisan harus berkualitas dan menarik untuk dibaca.

Baca Juga  Calon Pebisnis, Kamu Harus Tahu Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online!
3. Jualan Produk Kesehatan Herbal

produk perawatan kulit kosmetik pada daun hijau - produk herbal potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sebagian besar masyarakat masih trauma dengan terjadinya corona. Maka dari itu, segala macam obat yang mampu menjaga imunitas tetap menjadi incaran, terutama yang bersifat herbal. Nah, masyarakat bisa memanfaatkannya dalam bentuk usaha berjualan produk tersebut.

Sekalipun demikian, tetap tidak boleh asal menjual produk kesehatan sekalipun kategori herbal. Harus tetap selektif dan memastikan kalau obat tersebut sudah legal BPOM. Jika tidak, tentu bisnis akan menjadi masalah. Selain dilakukan penyitaan, si penjualnya juga bisa terkena delik hukum.

4. Buka Jasa Edukasi Virtual

wanita duduk di meja, menggunakan komputer dan melambaikan tangan ke webcam - online teacher potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ide bisnis pasca pandemi yang berikutnya ialah membuka jasa edukasi virtual. Terutama bagi kalangan sarjana pendidikan yang ingin menularkan ilmunya kepada masyarakat. Pembelajaran online sendiri bukan barang baru di Indonesia. Bahkan, sejak adanya pandemi, sistem semacam ini yang diterapkan di sekolah-sekolah.

Ada banyak jasa edukasi virtual, seperti menjual video pembelajaran, hingga membuka les privat online. Materi-materi tersebut bisa digunakan sebagai bahan belajar para pelajar, terutama yang harus mengejar pelajaran akibat adanya masalah covid 19. Tidak dipungkiri, pasca corona, segala dinamika memang runtuh termasuk pendidikan.

5. Berjualan Produk Fashion

wanita belanja online di pakaian fashion ponsel pintar di rumah - jualan fashion potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada beberapa ide bisnis yang tidak hancur karena pandemi, yang salah satunya usaha fashion, bahkan semakin ke sini, progresifitas bisnis justru semakin tinggi. Kalau dulunya, usaha hanya berkelindan di marketplace. Sekarang juga merambah ke media sosial sekelas Facebook dan Tiktok.

Ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. Strateginya terserah, apakah menjadi penjual busana dengan sistem reseller atau dropship. Termasuk harus disesuaikan dengan kondisi modal yang ada. Si penjual juga harus bisa menargetkan pasar serta memetakan persaingan.

Baca Juga  7 Tips Sukses Bisnis Preloved yang Paling Oke
6. Berjualan Produk Kecantikan

manajer toko produk kecantikan potret - jualan kosmetik potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bisnis yang masih layak dijalankan pasca pandemi ialah berjualan produk kecantikan. Sebab selama masih ada perempuan yang ingin cantik, usaha ini akan tetap laris. Nah, bagi masyarakat terdampak covid dan ingin meraih kebangkitan finansial, silakanĀ  jalankan bisnis ini. Namun pastikan kosmetik yang dijual terbebas dari zat berbahaya.

Sejatinya sangat banyak produk kosmetik yang bisa dijual. Dari harga yang termurah hingga harga jutaan rupiah per-kemasan. Nah, penjual harus bijak ketika memilih produk. Karena masyarakat masih akan bangkit pasca terpuruk sehingga pilihlah harga yang standar.

7. Bisnis Konsultasi Online

close up pada pelanggan man tangan menekan di layar smartphone dengan ikon umpan balik peringkat bintang lima dan tingkat tekan peringkat yang baik untuk memberikan poin skor terbaik untuk meninjau layanan, konsep bisnis teknologi - konsultasi online potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bisnis konsultan online merupakan jenis usaha yang bagus untuk dilakukan. Apalagi si pelaku tidak perlu membangun kantor yang mahal. Cukup merenovasi rumah saja yang dibuat selayaknya kantor mini. Setelah itu, silakan pasang papan iklan di depan rumah lengkap dengan nara hubung, termasuk nomor WA karena ini sistemnya digital.

Jenis materi konsultasi yang dipilih harus sesuai dengan ilmu dan keahlian. Seperti menjadi konsultan bisnis, akuntansi, masalah keluarga, konsultan psikologi dan selainnya. Bisnis semacam ini memungkinkan mendapatkan progresifitas yang tinggi, karena banyak sekali problematika masyarakat yang muncul akibat pandemi.

8. Jalankan Usaha Jasa Pengiriman

pria pengantar makanan pria berseragam kuning duduk di skuter atau sepeda motor dengan kotak - kurir ilustrasi stok

Para pelaku usaha offline yang terdampak pandemi, mulai berganti haluan. Demi kebangkitan ekonomi, bisnis pun dialihkan ke sistem digital yang lebih irit modal. Ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dengan membuka usaha jasa pengiriman yang akan mengantarkan produk-produk digital tersebut.

Orang yang membuka usaha online pasti membutuhkan jasa kurir, karena merekalah yang akan mengantarkan barang pesanan ke klien. Seperti penjual kuliner yang tidak mungkin mengantarkan sendiri pesanan pelanggan, melainkan menyuruh orang lain dengan komisi diambilkan dari ongkir.

Baca Juga  9 Bisnis Anak Sekolah: Bisa untuk Mengasah Kemampuan Sekaligus Mengumpulkan Pundi-Pundi Uang

Jangan berpangku tangan sekalipun finansial sedang hancur pasca covid 19, karena masih ada ide bisnis pasca pandemi yang bisa dijalankan. Untuk sementara, tidak perlu target besar dulu yang penting ada progresifitas. Setelah itu, perlahan tapi pasti, bisnis harus mulai ditingkatkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya