oleh

7 Usaha Top Saat World Cup yang Menguntungkan!

Piala dunia tahun 2022 memang sudah usai dengan tim nasional Argentina yang menjadi juara pasca mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti. Namun, yang perlu dikenang dari perhelatan tersebut ialah pernak-perniknya yang menghebohkan serta menjadi buah bibir. Termasuk fenomena usaha top saat World Cup.

Tidak dipungkiri ketika sudah tiba perhelatan Piala Dunia berbagai dinamika sosial masyarakat mulai bermunculan. Tanpa terkecuali dinamika di dalam bidang perniagaan atau perdagangan. Artinya ialah, ketika ada World Cup pasti ada orang yang menjajakan produk di situ. Tentunya produk yang memang sesuai dengan olahraga yang dipertandingkan yaitu sepak bola. Ini usaha dan perniagaan yang dimaksud:

1. Jualan Jersey atau Kaos Bola

wanita muda di toko olahraga - jualan jersey potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Usaha yang paling banyak ditemukan pada waktu terjadi perhelatan Piala Dunia ialah jualan jersey atau kaos bola. Biasanya kaos yang dijajakan adalah kaos yang memang digunakan oleh para pemain yang bakal bertanding di perhelatan tersebut. Sekalipun kriterianya bukan lagi yang asli melainkan kaos bajakan.

Sekalipun demikian, produk semacam ini begitu diminati oleh pengunjung. Sehingga darinya si pedagang bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Apalagi kalau kaosnya memang berkualitas baik dari segi bahan maupun sablon dan warnanya. Luar biasanya yang berjualan jersey bukan satu dua orang pedagang saja melainkan bisa sampai ratusan orang.

2. Niaga Miniatur Piala

penghargaan sepak bola - miniatur piala potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah melihat suporter memegang benda yang mirip dengan piala untuk World Cup? Nah, itulah yang disebut dengan istilah miniatur atau tiruan. Biasanya, benda ini memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dibandingkan piala yang asli. Ketika perhelatan Piala Dunia, pedagang produk ini juga mulai bermunculan.

Tentunya, miniatur piala dunia ini bisa dibawa pulang ke negara si suporter sebagai oleh-oleh. Paling tidak mereka sudah memiliki bukti kalau memang pernah menonton laga sepak bola paling gebyar di seluruh dunia tersebut. Dan kalau sudah seperti ini maka menjadi wajar kalau ada beberapa suporter yang membeli hingga puluhan miniatur piala.

Baca Juga  Resep Choco Banana Cake
3. Bisnis Aksesoris dan Merchandis Tim

koleksi aksesoris penggemar realistis - aksesoris supporter ilustrasi stok

Para suporter bola yang pergi ke stadion biasanya tidak membawa tangan kosong melainkan membawa aksesoris atau merchandis tertentu. Tentunya pernak-pernik tersebut memiliki kesesuaian dengan tim sepak bola yang bakalan ditontonnya. Nah, karena alasan tersebut maka banyak pedagang aksesoris yang tumplek di luar stadion.

Aksesoris tim sepak bola yang dimaksud di antaranya ialah bendera tim, slayer, topi ikon negara yang sedang bertanding, umbul-umbul hingga miniatur pemain andalan. Nah, nantinya aksesoris ini akan digunakan ketika suporter menyemangati tim-nya yang sedang bertanding di dalam stadion.

4. Usaha Poster Pemain dan Tim

bola tendangan pemain sepak bola - pemain bola potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Orang yang benar-benar mania bola biasanya juga menyimpan poster pemain dan tim yang diidolakan. Uniknya, orang-orang semacam ini selalu hadir di World Cup dengan tujuan untuk mendapatkan poster tersebut. Bahkan tidak jarang, mereka pun memberikan poster yang sudah dibeli kepada si pemain untuk dibubuhkan tanda tangan di atasnya.

Karena suporter yang tertarik untuk membeli poster cukup banyak, maka pedagangnya juga berlimpah. Mereka tidak segan membanderol harga mahal untuk satu poster berukuran jumbo. Nah, biasanya sekalipun harganya mahal suporter tetap membelinya karena bisa jadi mereka tidak akan kembali lagi ke negara tersebut. Apalagi World Cup sendiri dilangsungkan hanya 4 tahun sekali.

5. Jasa Jual Beli Tiket

poster dengan pemain sepak bola. - poster pemain sepakbola ilustrasi stok

Usaha top saat World Cup yang berikutnya ialah jasa jual beli tiket. Tidak dipungkiri tiket piala dunia pasti dijual secara resmi baik secara online maupun offline. Bahkan saking banyaknya calon penonton, beberapa bulan sebelum perhelatan tiket atau karcis sudah habis. Alhasil seharusnya ada ribuan orang yang masih belum mendapatkan tiket.

Akan tetapi, ketika perhelatan sudah dimulai biasanya banyak calo tiket yang bermunculan. Mereka berkeliaran di luar stadion untuk menawarkan tiket kepada para suporter yang tidak mendapatkan tiket. Memang harganya sedikit lebih tinggi karena jasa ini tidak berada di jalur yang resmi.

Baca Juga  Rekomendasi 6 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah
6. Bisnis Cendera Mata

konsep perjalanan dan transportasi. mobil toy di balon peta dunia dengan latar belakang alam hijau. - miniatur bola potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Yang namanya orang pelesir pasti sepulangnya ingin membawa oleh-oleh sebagai pertanda kalau sedang baru pulang dari negara tertentu. Buah tangan tersebut tidak selalu yang berupa kuliner tetapi juga cendera mata. Nah, cendera mata yang dimaksud bisa berupa gantungan kunci dan selainnya yang dibubuhkan tulisan word cup di bagian permukaannya.

Karena alasan tersebut penjual cendera mata di setiap perhelatan World Cup juga cukup banyak. Dan jangan kaget juga kalau barang yang ada dijual dengan harga yang sangat fantastis. Apalagi kalau cendera mata tersebut bersifat estetis yang pengerjaannya membutuhkan kreativitas sangat tinggi.

7. Dagang Minuman dan Snack

makanan ringan dan makanan cepat saji ditetapkan. kartun makan dan minuman ilustrasi vektor, terisolasi di latar belakang putih. - snack and drink ilustrasi stok

Usaha yang pasti ada di setiap perhelatan piala dunia adalah orang yang berdagang minuman dan snack atau makanan ringan. Dan tanpa keduanya bisa dipastikan suporter tidak akan leluasa untuk membela timnya yang sedang bertanding. Terutama kalau tidak ada penjual minuman yang akan membuat mereka merasa kehausan.

Untuk itu, penjual semacam ini memang ada serta jumlahnya sangat banyak. Cuma tekniknya masih belum diketahui. Kalau di Indonesia biasanya pedagang ini menjajakan produknya langsung di dalam stadion. Mereka akan berjalan ke sana kemari mencari suporter yang ingin membeli makanan dan minuman.

Usaha top saat World Cup juga termasuk pernak pernik piala dunia yang menghebohkan. Salah satu alasannya ialah karena terkadang yang membuka usaha tersebut bukan dari kalangan pedagang yang asli. Melainkan mereka yang hanya memanfaatkan situasi saja alias disebut pedagang musiman. Sekalipun demikian, keuntungan si pedagang tentunya amat sangat besar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya