by

7 Cara Memulai Bisnis Ice Cream

Cara memulai bisnis ice cream penting untuk diketahui, sebelum memulai bisnis. Pasalnya, dengan mengetahui caranya, langkah yang akan kamu ambil akan lebih mudah diputuskan. Sehingga kamu tidak akan kebingungan. Selain itu, bisnis ini dapat menjadi peluang besar. Pasalnya, orang yang tertarik terhadap produk ini, bukan hanya anak kecil saja. Akan tetapi kalangan orang dewasa pula.

Ditambah dengan berbagai variasi ice cream yang mulai bermunculan. Hal ini menguatkan keberadaan ice cream semakin eksis. Bahkan sudah banyak rasa yang tersedia. Dari mulai rasa coklat yang biasa ada hingga pada rasa yang baru-baru ada. Seperti rasa kacang hijau, jagung dan lain sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Ice Cream

Setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam berbisnis. Termasuk dalam memulai bisnis ice cream. Jika kamu ingin menjadi agen, sebenarnya tinggal mendaftar di perusahaan yang open agen bagi produk ice cream mereka.

Selain itu, kamu perlu memahami dengan baik persyaratan yang diajukan. Namun, jika kamu ingin memulai bisnis ice cream secara mandiri, simak tips berikut ini!

1. Mencari tahu alat dan bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai menjalankan bisnis, kamu perlu mengetahui alat saja yang diperlukan. Seperti halnya freezer, mesin pembuatan ice cream dan lain sebagainya. Setiap alat memiliki jenisnya tersendiri dan dikeluarkan oleh macam-macam brand.

Maka, ketahui alat seperti apa yang dibutuhkan sehingga hal tersebut dapat memudahkanmu. Selain alat, ada beberapa bahan yang dibutuhkan seperti bahan dasarnya adalah susu, perasa, pemanis dan lain sebagainya. Setelah mengetahui, alat dan bahan cobalah untuk dicatat secara detail.

2. Menghitung budget

Ketika kamu telah mengetahui alat dan bahan apa yang dibutuhkan, sekarang adalah mengkalkulasikan jumlah dari semuanya.

Baca Juga  Ingin Buka Usaha Dari Nol? Berikut 9 Tips Jitu Yang Wajib Anda Ketahui

Dengan begitu, kamu akan memiliki gambaran berapa uang yang perlu disiapkan. Rincian budget tersebut tentunya membuat persiapan lebih matang. Jika uang yang terkumpul ternyata masih kurang, kamu dapat mengumpulkannya terlebih dahulu.

Sebisa mungkin, untuk memulai bisnis tidak meminjam. Hal tersebut, akan membuat fokusmu terbagi. Dimana pikiran membayar hutang dan memasarkan produk. Selain itu, jika hal tersebut terlalu sulit.

Untuk awal-awal, kamu dapat menjadi agen dari produk ice cream brand lain. Pasalnya, biaya yang dibutuhkannya pun cenderung lebih minim. Dibandingkan dengan memproduksi produk sendiri. Nanti setelah siap, baru mulai bangun kembali usaha ice cream yang ingin kamu mulai.

3. Menentukan ice cream apa yang ingin dijual

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa ice cream memiliki banyak ragam jenis. Dari mulai ice cream jenis rolled ice cream (ice cream yang digulung),  soft serve (ice cream lembut dan memiliki dua rasa yaitu vanilla dan coklat), ice cream kulfi (memiliki tekstur padat dan tidak  mudah Lelah, hamper sama dengan ice cream stick) dan lain sebagainya.

Dari berbagai jenis ice cream tersebut, kamu ingin menjual ice cream yang seperti apa. Untuk menentukan hal ini, cobalah untuk riset dan mengingat kembali siapa yang menjadi target market.

Misalnya, jika targetnya adalah anak-anak antara usia 7-15 tahun, mungkin kamu dapat mencoba ice cream soft serve atau kulfi. Hal ini dikarenakan tekstur dari kedua ice cream ini akan cocok untuk anak-anak.

4. Menentukan nama ice cream

Menentukan nama dari ice cream yang jual pun tidak kalah penting dengan menyiapkan produknya. Pasalnya, ketika nama atau merk dari ice cream telah dibuat, orang akan lebih mudah mencari tahu produk tersebut dijual dimana saja. Hal ini dapat membuat produk cepat laku.

Baca Juga  Apa Saja Barang yang Wajib Dibawa Saat Travelling? Yuk Simak Penjelasannya!

Selain itu, dengan batuan nama produk ice cream yang dibuat, hal tersebut akan lebih membuat orang mudah mengingatnya. Maka pembuatan nama pada ice cream sangat penting. Buatlah nama yang simple dan mudah diingat oleh banyak orang. Kamu dapat menempelkan nama ice cream di kemasan atau packing, di toko atau lain sebagainya.

Selain menentukan nama merek ice cream, tentukan pula nama dari ice cream tersebut. Karena kamu tidak mungkin bukan membuat satu cream saja.

Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk menyebutkan ice cream yang mereka inginkan. Buatlah nama yang unik untuk menarik perhatian orang-orang. Sehingga hal tersebut dapat diingat oleh customer atau calon customer.

5. Mencari supplier yang memiliki bahan baku yang berkualitas

Untuk memudahkan dan menunjang produk ice cream yang kamu produksi. Carilah supplier yang memang sudah memiliki kredibilitas dalam hal ini. Pasalnya, bahan baku yang dipakai memiliki pengaruh yang besar terhadap ice cream yang diproduksi.

Kamu dapat mencarinya dari mesin pencarian di internet, menanyakan kepada orang terdekat dan lain sebagainya. Setelah menemukan data supplier tersebut, cobalah untuk menggali lebih dalam bahan yang mereka jual, testimoni dari para pelanggannya dan harganya.

6. Memberi testi dan Lakukan promosi

Setelah semua siap, maka lakukanlah beberapa promosi. Diantaranya yaitu memberikan testi kepada orang terdekat, mintalah mereka pendapat mengenai ice cream yang kamu buat. Cobalah untuk menerima semua masukan yang ada dan coba pula ice cream yang kamu buat.

Setelah mendapatkan testi positif, kamu dapat promosi dengan cara member ice cream secara gratis, diskon atau hal lainnya. Sehingga, orang-orang akan tertarik kepada ice creamnya apabila telah mencoba.

Baca Juga  Cara Merawat Sepatu Kulit Kesayangan Anda Agar Tahan Lama
7. Patenkan merek jualan

Ketika produk kami memiliki penghasilan yang lumayan dalam beberapa bulan, tidak ada salahnya kamu mengurus untuk mematenkan merek yang kamu gunakan untuk ice cream buatmu.

Hal ini dilakukan untuk melindungi nama merk yang kamu buat dari plagiarisme. Sehingga ketika nanti ada orang yang menggunakan nama ice cream sama persis denganmu, kamu dapat menutupnya.

Beberapa cara memulai bisnis ice cream di atas dapat dilakukan dengan cara pelan-pelan. Tidak perlu sekaligus. Selain itu, dalam bisnis pasti ada maju dan mundur. Namun, ketika hal tersebut menghadang dirimu. Cobalah untuk tetap hadapi hal tersebut.

Comment

Artikel Terkait