by

5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Investasi menjadi salah satu alternatif bisnis yang paling banyak diminati, selain menjadi jaminan atau tabungan hari keuntungan yang dihasilkan dari investasi sangat besar. Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa pada masa sekarang, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk menekuni bidang ini.

Jika dilihat dari jenisnya bisnis investasi mempunyai banyak macam, salah satunya adalah investasi properti. Investasi properti bisa berupa kendaraan, rumah, ataupun hal yang lainnya.

Tapi yang paling banyak diminati adalah investasi properti bentuk perumahan, yang disinyalir dapat mendatangkan banyak keuntungan. Bagi Anda yang tertarik pada pekerjaan ini, berikut tips investasi properti.

1. Menentukan Lokasi yang Tepat

Tips pertama sebelum melakukan bisnis investasi properti, tentu Anda perlu memilih serta menentukan lokasi dimana akan membangun rumah yang dijual.

Secara umum kebanyakan orang yang menekuni bisnis ini tahap awalnya adalah, menentukan lokasi atau tempat untuk membangun rumah.

Pemilihan letak lokasinya harus strategis, dengan melakukan banyak pertimbangan, tentu akan menghasilkan banyak keuntungan. Penentuan lokasi yang tepat menjadi faktor utama yanh harus diperhatikan, karena jika salah memilih tempat makan akan berujung fatal bagi Anda.

2. Persiapan Biaya atau Anggaran Dana

Setelah Anda mendapatkan lokasi yang tepat dan strategis, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan biaya atau anggaran, sebagai modal utama dalam investasi properti. Langkah ini merupakan salah satu faktor yang utama dan harus ada ketika Anda akan memulai bisnis ini.

Dalam hal ini banyak dana yang harus dikeluarkan yakni mulai dari biaya pokok, peralatan, gaji karyawan, dan masih banyak yang lainnya. Tentu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, maka untuk itu Anda perlu memikitkan matang-matang jika ingin menekuni bisnis investasi properti.

Baca Juga  5 Tips Sederhana untuk Hidup Sehat
3. Memilih Pengembang yang Handal dan Dapat Dipercaya

Tips selanjutnya juga tidak kalah penting, yakni setelah anda mendapatkan lokasi yang tepat serta sudah mempersiapkan dana, langkah berikutnya yaitu Anda harus memilih pengembang yang handal serta dapat dipercaya.

Jangan asal-asalan dalam memilih seorang pengembang hanya dari popularitasnya saja, tapi perhatikan secara detail mengenai latar belakangnya juga.

Dengan memilih pengembang yang tepat, yakni dengan kemampuan handal serta dapat dipercaya dalam pekerjaannya, maka akan semakin mempermudah Anda dalam mengelola bisnis ini.

Satu lagi tips yaitu pilihlah pengembang yang mempunyai pengalaman banyak, yakni minimal 3-5 tahun dalam bidang investasi properti.

4. Riset Harga Pasar

Ketika sudah siap dalam hal lokasi, dana, serta partner pengembang tentu langkah selajutnya adalah, melakukan riset atau pengecekan terhadap harga pasar sebelum Anda membeli sebuah properti.

Jangan asal ataupun terburu, karena bisa jadi akan merugikan Anda jika harga properti yang dibeli lebih mahal ketimbang harga pasarnya.

Untuk mengetahui harga pasar yang sesuai, Anda bisa mengeceknya secara langsung, yaitu dengan terjun ke lapangan maupun dengan online. Saat ini tentu sangat mudah untuk mengetahui harga pasar lewat online, misalnya lewat website atau grup dalam media sosial.

5. Menyiapkan Fasilitas yang Memadai

Tips terakhir dalam bisnis properti yang perlu Anda lakukan adalah, mempersiapkan fasilitas yang baik serta memadai. Hal ini dilakukan agar harga jual dari properti yang Anda jual memiliki harga yang tinggi, karena tersedia banyak fasilitas yang bermanfaat bagi calon pembeli.

Misalnya Anda bisa menambahkan fasilitas eksternal ataupun internal, yang meliputi tempat ibadah, olahraga, pusat perbelanjaan, serta masih banyak lagi.

Nah, disinilah peran pengembang yang handal dibutuhkan untuk melengkapi fasilitas, yang memadai dan menarik bagi calon pembeli.

Baca Juga  3 Masalah Utama Penyebab Kegagalan Usaha Setelah Punya Tim, Pengusaha Pemula Wajib Baca.!

Susahnya mencari pekerjaan pada zaman sekarang, tentu tidak menjadi halangan bagi semua orang terutama kaum muda, yang ingin mencari penghasilan ataupun memperoleh gaji tetap.

Munculnya bisnis investasi properti menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang, serta Anda bisa membangun usaha sendiri. Demikian tips investasi properti yang bisa menjadi referensi Anda ke depannya.

Comment

Artikel Terkait