by

5 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Apakah Termasuk?

Bumi merupakan sebuah planet yang memiliki sangat banyak isi baik itu sumber daya alam dan makhluk Tuhan. Salah satu kekayaan alam di bumi yang paling sering diminati oleh manusia ialah perhiasan baik itu berupa emas, berlian, permata, mutiara, zamrud dan masih banyak yang lainnya. Namun dari semua hal tersebut, manusia lebih tertarik kepada emas karena terlihat lebih mewah dan anggun daripada hasil bumi yang lain.

Berbicara mengenai masalah emas di bumi, mungkin kamu sudah mengetahui bahwa emas diperoleh dari tambang-tambang besar di berbagai belahan dunia. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa emas yang dihasilkan dari tiap-tiap tambang tersebut, pasti memiliki sebuah negara sebagai pimpinan produksi. Lalu siapa saja sih negara penghasil emas terbanyak sekaligus paling mendominasi dibanding yang lain? Simak ulasan berikut!

Sekilas Mengenai Emas

Tiap-tiap belahan bumi pasti memiliki kondisi dan geografi yang berbeda, dimana hal tersebut mempengaruhi persebaran hasil bumi bagi manusia. Salah satu hasil bumi yang paling diminati oleh manusia ialah emas yang mana bisa diperoleh dari penambangan.

Mengapa harus penambangan? Karena emas berasal dari sebuah batu yang berwarna keemasan, dengan catatan memiliki materi zat pembangun yang berbeda dari batu biasa dan dinilai berharga oleh kebanyakan orang.

Proses pembentukan emas menjadi barang berharga sendiri kerap menimbulkan pertanyaan, pasalnya bagaimana bisa sebuah batu yang biasanya memiliki debu bisa disulap menjadi perhiasan yang mewah?

Tentu saja hal ini dapat diatasi dengan cara mengolah emas, pertama-tama emas akan diambil bersama batu-batu mineral yang lain. Kemudian akan dieteteskan sejumlah merkuri yang mampu memisahkan partikel pembentuk emas dan batu murni.

Dari hal ini akhirnya diperoleh perpisahan emas dan batu, sehingga bagian mana yang berisi emas murni dan hanya batu biasa akan terlihat. Walau dirasa cepat, metode pemurnian emas menggunakan merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya hal tersebut mampu mempengaruhi sel-sel kulit dan membuatnya rusak jika tidak berhati-hati.

Baca Juga  7 Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari
Negara Penghasil Emas Terbesar

Sebagai logam mulia dan bernilai istimewa di mata manusia, emas banyak dijadikan perhiasan. Dari situlah muncul banyak penambangan emas di berbagai dunia untuk menggenjot ekonomi di negara mereka. Mau tahu apa saja negara penghasil emas terbesar di dunia? Berikut daftarnya!

1. Republik Rakyat Cina

shanghai cina saat matahari terbenam - republik rakyat cina potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah mendengar soal kesuburan tanah di bagian timur laut Asia ini? Republik Rakyat Cina memang diklaim memiliki sejumlah tanah subur, apalagi di bagian selatan yang berbatasan dengan India, dimana memiliki banyak tanah subur dan tak jarang pula terdapat aneka bebatuan. Nah, di sinilah yang kemudian menjadi cikal bakal mengapa negara panda ini dikenal sebagai negara penghasil emas terbesar.

Dunia mencatat bahwa sebesar 10% populasi emas dan perdagangan emas dunia banyak yang mengimpor dari negeri Cina. Hal ini dikarenakan banyaknya daerah subur dan juga tebing-tebing bebatuan yang mewarnai daratan negeri panda. Dalam 2 tahun terakhir Cina tercatat menyumbang sejumlah 380 ton emas untuk perekonomian dunia. Sangat banyak sekali bukan?

2. Rusia

kenaikan konsep harga bensin dengan eksposur ganda layar digital dengan grafik grafik keuangan dan pompa minyak di lapangan. - rusia potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pernah mendengar negara yang menjadi pusat pemerintahan di masa lalu? Itulah daerah Rusia yang dulunya dikenal sebagai Uni Soviet. Negara yang terletak di Utara Mongolia ini, telah dipastikan naik pangkat menjadi juara kedua dalam permasalahan tambang emas terbesar di dunia. Rusia mengalahkan negara Australia sebagai kontestan sebelumnya.

Negara beruang merah dicatat mampu menggenjot sektor pertambangan emasnya dalam kurun 10 tahun terakhir. Tercatat pada akhir tahun 2021 kemarin, industri pertambangan emas Rusia memiliki hasil produksi sebesar 340 ton emas. Hal ini cukup untuk melampaui negara Australia dengan nominal 323 ton.

3. Australia

cakrawala sydney di malam hari - australua potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sesuai pernyataan di atas bahwa Rusia mampu mengungguli Australia dalam kurun sepuluh tahun terakhir, menjadi mimpi buruk negeri kangguru untuk kontes mendapatkan ranking pertama dalam predikat negara penghasil emas terbesar. Pasalnya hal ini disebabkan karena adanya penurunan performa dalam segi pertambangan negara.

Baca Juga  3 Cara Membuat Facebook Ads Agar Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Wilayah Australia yang dikenal memiliki banyak tebing batu dan juga kaya mineral ini, menjadi pusat adanya emas di semua belahan dunia. Hanya saja karena wilayah sangat luas bahkan di sektor tengah berupa gurun yang tak tersentuh menjadikan negara ini kurang terekspos secara menyeluruh. Namun hal ini tak mempengaruhi pendapatan emas tiap tahunnya yang sebesar 323 ton.

4. Amerika Serikat

bendera as dan gedung pencakar langit kaca kontemporer di new york - amerika serikat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Negara penghasil emas terbesar keempat diraih oleh negara Paman Sam. Amerika serikat sangat berpotensi menghasilkan sumber daya alam berupa emas, pasalnya pengelolaan SDA maupun SDM disini sudah sangat teratur dengan baik. Jadi di negara ini banyak sekali ditemukan pertambangan emas yang masing-masing memiliki kualitas dan daya saing tinggi.

Penghasilan emas tiap tahunnya mencapai angka 190 ton.

5. Indonesia

foto udara ikonis bni 46 tower jakarta indonesia - indonesia potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kali ini negeri Pertiwi kita masuk ke daftar negara penghasil emas terbesar dan terbanyak di dunia. Hal ini sudah bukan lagi sebuah fenomena yang dapat membuat kita takjub, pasalnya di Indonesia sendiri potensi kekayaan alam sudah sangat banyak dan melimpah, hanya saja dari segi SDM belum tertata dengan baik. Di mata dunia, Indonesia dikenal sebagai penghasil emas terbaik dengan total penghasilan 110 ton.

Nah, itulah tadi daftar negara penghasil emas terbesar di dunia. Kita sebagai bangsa Indonesia sepatutnya harus bangga dengan predikat sebagai negara penghasil emas terbanyak. Semoga saja kejayaan hasil bumi di negara kita semakin bertambah banyak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya