by

5 Cara Memilih Tempat Terbaik untuk Berjualan yang Tepat

Ketika kamu memutuskan untuk memulai sebuah usaha dan ingin memiliki tempat. Maka, kamu perlu riset yang mendalam. Sehingga tempat yang kamu pilih untuk berjualan, itu memang tepat. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan tempat yang baik. Lantas mengapa pemilihan tempat perlu dipikirkan dengan matang?

Hal ini karena tempat akan mempengaruhi tingkat ketertarikan atau output dari jualanmu. Misalnya, kamu menjual baju dan lokasinya tidak strategi. Kemungkinan orang yang datang tidak akan sebanyak di tempat yang strategis. Pasalnya, lokasi lebih mudah ditemukan, aksesnya pun mudah dan lain sebagainya. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan orang berkunjung.

Cara Memilih Tempat Terbaik untuk Berjualan

Ketika kamu mulai survey lapangan maka perhatikanlah beberapa hal. Dari mulai kepadatan penduduk hingga memperhatikan akses menuju tempat tersebut. Sehingga, cocok untuk produk yang akan kamu pasarkan. Adapun untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa informasi berikut ini!

1. Perhatikanlah Kepadatan Penduduk

Mengapa tingkat kepadatan pendudukan perlu diperhatikan? Itu karena mempengaruhi orang yang akan membeli produk kamu. Tentu, jika kepadatan penduduknya rendah, hal tersebut memicu tingkat pembelian produk pun akan rendah. Terutama jika masyarakatnya cenderung homogen. Misalnya, kamu berjualan warung nasi di sebuah wilayah yang jumlah penduduknya sedikit.

Bahkan tidak hanya itu saja, tipe penduduknya pun homogen. Dimana semuanya masak sendiri. Tentu hal tersebut membuat penjualanmu pun tidak terlalu diminati oleh mereka. Pasalnya, mereka tidak butuh. Tentu akan berbeda jika kamu berjualan di tempat yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Selain itu, tipe nya heterogen.

Angka penjualannya pun pasti akan lebih tinggi dibandingkan dengan kasus yang tadi. Untuk mendapatkan informasi ini, kamu dapat melakukan beberapa cara. Di antaranya adalah memperkirakan sendiri. Bahkan kamu pun dapat menanyakan hal tersebut kepada pemerintahan setempat. Sehingga, data yang kamu dapatkan pun lebih akurat.

Baca Juga  Tidak Hanya Selalu Jaga Kebersihan, Ini Tips Biar Tetap Fit di Musim Hujan
2. Diketahui Pendapatan Masyarakat Sekitar

Mengetahui rata-rata pendapatan masyarakat sekitar pun itu sangat penting. Dengan mengetahui jumlah pendapatan masyarakat per bulan, itu akan membantu kamu dalam menentukan sebuah harga produk. Sehingga barang atau produk yang kamu jual, memang cocok di kantongnya. Lantas bagaimana mendapatkan informasi di sekitar?

Kamu dapat memperhatikan jenis kendaraan yang mereka gunakan, handphone yang mereka pakai, dan mata pencahariannya apa. Namun, kamu pun perlu hati-hati ketika melakukan riset. Pastikan bahwa data tersebut memang valid. Pasalnya, terkadang keuangan atau pendapatan orang tersebut standar.

Hanya saja karena ingin gaya, akhirnya ia menyewa mobil atau memaksakan membeli barang-barang tidak penting. Seperti handphone, pakaian dan lain sebagainya. Namun, tidak semua orang seperti ini. Ada beberapa orang yang memang apa adanya. Selain itu, jika diperlukan kamu dapat menanyakan hal tersebut kepada pemerintahan setempat.

3. Pilih Tempat yang Banyak Usaha Lain

Ketika kamu memilih tempat usaha, sebaiknya kamu memilih tempat yang banyak orang berjualan. Hal ini karena orang akan banyak tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. Dimana ketika ia berkunjung ke suatu tempat ia dapat menemukan aneka macam makanan. Sehingga, kamu pun tidak perlu repot untuk mengunjungi tempat lain yang jauh.

Tentu tempat tersebut akan lebih kamu pilih, dibandingkan suatu tempat yang hanya ada satu atau dua penjual saja, bukan? Namun, untuk menyeimbangkan persaingan, cobalah untuk berjualan dengan produk yang berbeda. Misalnya, di lokasi tersebut sudah ada yang jualan mie ayam, bakso, jus, pakaian, cilor, burger, dan lain sebagainya. Dimana yang belum ada adalah warteg. Nah, kamu bisa membuka usaha warteg saja di sana.

Baca Juga  Cantik Nan Indah, Berikut Ini Inspirasi Nama Bayi Perempuan Dari Nama Bunga

Selain itu, perhatikan pula harga yang mereka jual berapa. Meskipun produk kamu berbeda. Tidak ada salahnya kamu mengecek hal tersebut. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan harga yang pas untuk kamu pasang berapa.

4. Perhatikan Kebersihan Lokasi

Tidak semua tempat usaha memiliki kebersihan yang memadai. Ada Pula yang tingkat kebersihannya rendah. Sehingga, tercium aroma yang tidak sedap. Tentu hal tersebut, membuat para calon konsumen tidak nyaman untuk berkunjung ke lokasi kamu, bukan? Sehingga, pilihlah tempat yang memiliki tingkat kebersihan yang tinggi.

Misalnya, kamu ingin menjual makanan. Maka, cobalah pilih tempat yang jauh dari tempat pembuangan sampah, sungai pembuangan limbah dan lain sebagainya. Sehingga, konsumen pun lebih merasa nyaman. Selain itu, perhatikan pula tingkat polusi yang ada di lokasi tersebut.

Misalnya, jika di pinggir jalan, maka risikonya kan terkena debu lebih banyak. Dibandingkan dengan yang berjualan di tempat tertentu. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat tempat usahamu tidak terbuka. Sehingga produk Berada di dalam ruangan.

5. Beli Atau Sewa Sesuai Budget

Sebelum membeli atau menyewa tempat terbaik untuk berjualan, kamu pasti sudah menetapkan budget, bukan? Nah, usahakan ketika membeli atau pun menyewa tempat sesuaikan dengan budget yang telah ditentukan. Sehingga, jika memang melebihi lebih baik cari dulu yang lain. Namun, jika memang tidak ada yang sebagus atau potensial tempat tes belut.

Maka, cobalah untuk cari tambahan lain. Jangan sampai, kamu mengurangi budget untuk kebutuhan lainnya. Pasalnya. Hal ini hanya akan membuat dirimu repot saja nantinya. Bahkan jika memungkinkan, bernegosiasi dengan pemilik tempat tersebut. Sehingga kamu mendapatkankan potongan harga.

Beberapa cara untuk menentukan tempat terbaik untuk berjualan dapat lakukan secara bertahap. Dengan begitu, persiapan kamu pun akan lebih matang. Usahakan untuk menggunakan uang dingin dalam menyewa maupun membeli tempat usaha. Sehingga, kamu pun akan lebih merasa tenang, bukan? Terutama, jika masih merintis.

Comment

Artikel Terkait