by

Tips Sholat Khusyu Demi Meraih Pahala Ibadah yang Besar

Yang paling penting dari sholat adalah niat dan kekhusyu’an. Jika niat sholatnya tidak benar apalagi gerakan dan pikiran tidak khusyu’, tentu sholatnya tidak akan maksimal. Mungkin juga tidak akan mendapatkan ketenangan saat sholat maupun setelahnya. Maka dari itu, belajarlah tips sholat khusyu’ yang benar.

Ada banyak cara agar sholat senantiasa khusyu’. Ini sebentuk testimoni agar Kita tidak main-main ketika menjalankannya. Sebagian kiat atau tips tersebut akan dijelaskan di bawah. Jadi silakan dibaca ulasannya sampai selesai. Pastikan kita juga mempraktekkannya saat sholat.

Tips atau kiat sholat khusyu’ hanya solusi bagi yang ingin khusyu’ dalam sholatnya. Termasuk bagi umat Islam yang ingin sholatnya sukses mendatangkan pahala dari Allah. Jadi, silakan terapkan dan ini tipsnya:

1. Pahami Arti Bacaan Sholat

Jika bibir sedang membaca bacaan sholat, usahakan hati memaknai artinya. Kolaborasi antara bibir, otak dan hati inilah yang akan berbuah kekhusyu’an. Bahkan rasa takzim kepada Allah semakin besar. Bukankah sholat adalah wadah umat untuk menghamba dengan penuh ketundukan?

Kalau umat mampu mengolaborasikan bacaan dengan maknanya di dalam sholat, tentu kita menjadi paham apa esensi sholat itu sebenarnya. Akhirnya, umat merasa nikmat berlama-lama dalam sholatnya. Seperti nabi yang sholat sampai kaki beliau membengkak saking lamanya.

Untuk mempraktekkan tips ini, tentunya umat harus belajar terlebih dahulu makna-makna dari bacaan sholat. Saat ini sudah banyak buku dan kitab yang bisa dipelajari. Bagaimanapun kemampuan memahami arti bacaan sholat, maka tetap sholat. Pasti lama kelamaan bacaan dan makna tersebut akan lebur sendirinya di dalam jiwa.

2. Lakukan Gerakan Sholat dengan Lembut dan Perlahan

Allah membenci umat yang sholat seperti ayam mematuk. Kalau dilihat bagaimana ayam mematuk, dia menurunkan kepala untuk mencari makanan dan mengangkat kepala untuk menelan dengan sangat cepat. Itu artinya kita dilarang sholat dengan cepat dan terburu-buru.

Baca Juga  Sering Terkena Debu dan Polusi? Begini Cara Cerahkan Kulit Kusam Dengan Ampuh

Tips sholat khusyu’ yang berikutnya ialah silakan lakukan gerakan sholat dengan lembut dan perlahan. Nikmati setiap gerakan yang dilakukan dengan tidak tergesa-gesa untuk berpindah ke gerakan yang lain. Jika ini sudah dilakukan, tentu seakan ada aliran darah yang tenang yang terasa ke alam sadar.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, gerakan sholat ternyata bagus untuk badan. Tentunya gerakan yang dimaksud adalah gerakan yang lembut dan tenang. Ada yang bilang gerakan sholat adalah “yoga’ Islam saking nyamannya ketika kita menikmati gerakan-gerakan sholat.

3. Ambil Air Wudu’ dengan Baik dan Benar

Terkadang kita tidak sadar kalau tata cara ambil wudu’, ternyata masih kurang bagus. Mungkin dari sisi ilmu fiqih, tata cara berwudu’ sudah tepat. Namun cara melakukannya itu yang terkadang masih terburu-buru hingga tangan ambil wudu’ tetapi hati malah memikirkan masalah yang lain.

Silakan ambil wudu’ dengan perlahan-lahan. Tanamkan keinginan penghapusan dosa di setiap menyapukan air ke anggota badan. Niscaya, kalau ini dilakukan jangankan sholat, ambil wudu’ saja sudah khusyu’ luar biasa. Nikmati juga rasa sejuk ketika air mulai menyentuh pori-pori kulit.

Kalau bisa ambil wudu’ dengan menggunakan handuk supaya (maaf) “kemaluan” tidak terlihat. Ini merupakan dasar etis karena di kala itu, kita sedang berwudu’ dan berharap kepada Allah agar segala dosa diampuni seperti gugurnya air yang disapukan. Maka dari itu, mulai sekarang mari berwudu’lah yang baik dan benar.

4. Pakai Pakaian yang Bersih dan Indah

Bagaimanapun kondisi diri, tetap usahakan menggunakan pakaian yang bersih dan yang paling indah dibandingkan yang lain. Ingat, di kala itu kita sedang menghadap kepada Allah. Jadi, jika menghadap bupati saja, pakaian harus memilih yang terbaik apalagi jika ingin menghadap Allah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Culture Shock untuk Mahasiswa Baru

Pakaian yang indah adalah kesiapan kita untuk sholat yang khusyu’. Ada semacam suasana tersendiri ketika menggunakannya dan sholat dengannya. Apalagi jika pakaian tersebut baru beli atau baru dikeluarkan dari lemari alias bukan bekas pakai.

Jangan lupa pakaian tersebut harus menutup aurat dan tidak perlu mahal. yang penting bersih dan rapi. Yang dimaksud pakaian indah adalah pakaian yang kita suka memakainya. Pasti pakaian semacam ini memiliki nilai keindahan tersendiri baik nilai fisik maupun nilai filosofis.

5. Memakai Wewangian

Tips sholat khusyu’ yang berikutnya ialah silakan pergunakan wewangian. Ini akan memberikan efek relaksasi daripada bau yang buruk. Namun pastikan parfum yang dipakai yang tidak najis, dan baunya tidak terlalu menyengat.

Wewangian juga perlu ditorehkan pada sajadah. Utamanya di posisi sujud. Namun ini bisa diantisipasi kalau sajadah baru dicuci. Biasanya aroma wanginya masih menempel sehingga kita tidak perlu menyemprot parfum yang baru.

6. Tanamkan jargon “Istirahat dengan Sholat”

“Jargon istirahat dari sholat” adalah jargon yang keliru. Karena esensinya sebatas sholat untuk menggugurkan kewajiban Islam semata. Yang benar adalah “istirahat dengan sholat”. Maksudnya sholat adalah istirahat itu sendiri. Makanya lakukan dengan tenang, pelan, lembut dan penuh tawaddu’.

Memahami jargon ini sebelum sholat pun bisa menjadikan sholat lebih khusyu’. Bahkan kita tidak akan pergi lama-lama dari sholat dan akan terus ditunggu setiap saat. Kalau kita sudah berhasil melakukannya, coba rasakan pasca sholat, pasti kita seperti mendapatkan energi baru dan rasa segar yang berbeda.

7. Sholat dengan Mengingat Ajal

Tips yang terakhir ialah silakan sholat sambil mengingat kematian. Sadarilah kalau diri pasti calon mayat dengan waktu yang dirahasiakan. Hanya dengan ini peribadatan kita kepada Allah lebih serius. Jika serius memohon kepada Allah, maka pasti Allah akan menghadirkan ketenangan dan kenyamanan ke dalam hati.

Baca Juga  Be Creative! Berikut Ini Panduan Lengkap untuk Membuka Coffe Shop Impianmu

Oleh sebab itu, mari sholat dengan keyakinan, itu adalah sholat kita yang terakhir karena ajal akan menjemput. Jika ada pedang di leher, lalu kita diberi kesempatan untuk sholat dua rakaat saja, niscaya sholat kita adalah sholat yang sangat khusu’.

Itulah beberapa tips sholat khusyu’ yang perlu dilakukan oleh seluruh umat Islam. Jika tips ini sudah dilakukan, maka niscaya peluang mendapatkan kekhusu’an di dalam sholat sangat besar. Yang terpenting pula adalah senantiasa istikomah dalam menjalankannya.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait