by

Stay Calm! Simak Tips Mengikuti Sidang Skripsi Agar Tetap Tenang dan Anti Panik!

Hai Sobat LintasHaba, ketika kamu mendengar kata ‘sidang skripsi’ kira-kira apa yang kamu bayangkan? Suasana penuh tegang dan gugup pasti akan kamu rasakan seketika tanpa ada rambu-rambu, bukan? Yep, untuk kamu yang merasakan hal ini maka kamu harus mencoba untuk segera mengatasi ya! Jadi, kali ini akan ada bahasan mengenai tips mengikuti sidang skripsi agar kamu tetap tenang dan anti panik!

Sob, selalu ingat ya bahwa saat sidang skripsi itu ada banyak cara yang dapat membantumu agar membuatnya berjalan lancar dan suasana terasa tenang loh. Stay cool deh! 

So, berikut ini terdapat tips-tips menghadapi sidang skripsi dengan penuh ketenangan dan anti panik. Yang akan mampu membuatmu semakin mantap secara lahir batin untuk menambahkan gelar sarjana di belakang nama kamu, check it out!

1. Utamakan untuk Memahami Seluruh Materi Skripsi Ya!

Tips ini adalah poin penting yang harus kamu kuasai selama sidang skripsi berlangsung Sob. Tentu kita tahu bahwa dalam sidang skripsi akan ada berbagai pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh dosen penguji. Sehingga, agar sidang skripsi kamu dapat berjalan dengan tenang dan anti panik, kamu harus menguasai dan memahami semua materi yang ada dalam skripsi kamu.

Dan yang perlu kamu lakukan untuk tips ini adalah membuat catatan kecil, yang berisi poin-poin penting dalam skripsi yang telah kamu buat. Ingat ya, hanya poin-poin bukan menghafal kalimat panjang oke? Nah, untuk bab yang harus kamu pelajari ini tentu mulai dari bab pendahuluan hingga penutup Sob!

2. Manfaatkan Dosen Pembimbing dengan Maksimal

Sob, jangan cepat puas dengan apa yang telah kamu tulis dalam skripsi ya. Apalagi dengan pemahaman yang telah kamu peroleh dari skripsi kamu. Cobalah untuk menelaah dari isi dan pemahamanmu, dan susun beberapa pertanyaan apakah masih ada isi skripsi yang sult dipahami.

Jika muncul masalah yang kamu temukan, segeralah untuk berkonsultasi degan dosen pembimbing untuk segera mencari penyelesaiannya. Selain itu, manfaatkan dosen pembimbing kamu menjadi layaknya seorang dosen penguji.

Jangan ganggu dosen pembimbing kamu ketika beliau sedang menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kritis terkait materi dari skripsi kamu ya! Sebab, tak ada yang tahu jika ternyata salah satu dari banyak pertanyaan yang disampaikan dosen pembimbingmu akan muncuk ketika d-day sidang skripsi.

3. Ingat untuk Tidur Cukup dan Sarapan Pagi Ya!

Tips ini haruslah kamu patuhi dengan tingkat disiplin yang tinggi ya Sob! Yaitu tips untuk tidur teratur dan menghindari begadang saat esok hari hendak menghadapi sidang skripsi. Serta, agar tubuh dapat bekerja dan berpikir maksimal kamu harus bangun pagi-pagi untuk mengambil sarapan.

Dengan tidur yang cukup dan mengisi perut di pagi hari kamu akan memiliki fokus yang luar biasa ketika sidang skripsi. Tidur yang cukup akan membuat tubuhmu terasa fit di pagi hari, dan sarapan membantumu untuk tetap berkonsentrasi selama sidang skripsi. Oya, untuk sarapan jangan terlalu berlebihan, cukup nikmati sarapan yang terdiri atas karbohidrat dan protein sudah yang cukup.

4. Cobalah untuk Praktek Berbicara di Hadapan Teman Kamu Sob!

Nah, selanjutnya ada tips yang perlu kamu praktekkan sebelum memulai sidang skripsi nih Sob! Yaitu latihan berbicara atau public speaking di hadapan teman. Mungkin akan terdengar sepele, tapi dengan tips ini kamu akan mampu membawa sidang skripsi kamu tetap dalam suasana tenang, dalam penyampaian materi yang kamu bawa di hadapan dosen penguji. 

Setelah itu, jangan lupa untuk meminta pendapat teman kamu tentang bagaimana penyampaian materi yang kamu bawa. Apakah gesture hingga intonasi yang kamu lakukan telah baik atau ada perbaikan.

So, dengan begitu kamu akan lebih percaya diri saat sidang skripsi di hadapan para dosen penguji. Oh ya, kalau nggak ada teman boleh banget kok kamu latihan sambil menghadap cermin plus mencoba menyampaikan materi yang hendak kamu presentasikan.

5. Sedia Payung Sebelum Hujan, Cobalah untuk Datang Lebih Awal Sebelum Jadwal Kamu Ya!

Selama d-day sidang skripsi kamu harus melakukan banyak persiapan loh Sob! Selain sarapan pagi, kamu juga harus tiba di tempat sidang lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan. Misalnya saja, satu jam sebelum jadwal sidang kamu harus meninggalkan tempat kos kamu. Sehingga, jika ada hal tak terduga di perjalanan kamu masih bisa mengatasinya.

Selanjutnya, jika kamu telah sampai maka kamu dapat mencoba hal-hal lain untuk membantu diri kamu lebih tenang sebelum memasuki ruangan sidang. Seperti mendengarkan musik hingga mereview kembali  materi yang kamu telah siapkan. Pastikan juga semua yang kamu perlukan selama sidang ataupun saat sesi presentasidapat kamu temukan dengan mudah ya Sob!

6. Semua yang Telah Kamu Lakukan, Akan Bergantung Pada Doa dan Izin Orang Tua

Ibarat sebuah obat, doa dan izin orang tua adalah obat paling mujarab yang pernah ada. Sehingga sebelum memulai sidang, cobalah untuk meminta doa pada orang tua kamu. Dengarkan petuah yang mereka sampaikan dan tabahkan dirimu bahwa kamu bisa. 

Tarik napas sedalam-dalamnya dan ingatlah bahwa selalu ada kedua orang tua yang selalu mendukungmu sebelum memulai sidang skripsi. Setelah semua yang kita lakukan berkaitan dengan usaha, maka hasil akhir tetaplah Tuhan yang menentukan. 

Itulah tadi tips-tips mengikuti sidang skripsi agar kamu tetap tenang dan anti panik Sob! Jadi, jika kamu ada pertanyaan terkait tips-tips lainnya kamu bisa menulisnya dalam komentar ya. Semangat Sobat LintasHaba!

Baca Juga  Menjalankan Perintah dengan Mudah Menggunakan Ctrl Pada Komputer

Comment

Artikel Terkait