by

Prospek Kerja Bagi Lulusan Matematika

“Apakah lulusan Matematika memiliki peluang kerja yang besar?”

Bagi seorang siswa yang hendak melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan, atau seorang mahasiswa yang sedang menekuni jurusan matematika sering sekali mempertanyakan hal demikian.

Hingga memungkinkan seseorang yang sempat tertarik untuk mencoba bergabung dalam dunia matematika harus berhenti dan tertunda.

Nah, oleh karena itu, kamu yang saat ini memiliki minat untuk mengenal Matematika lebih jauh lagi, akan tetapi masih ragu pada diri sendiri, berikut hal yang perlu kamu ketahui. Yaitu, prospek kerja yang dimiliki oleh anak Matematika. Yuk kita lihat apa saja itu..

1. Tenaga Pengajar Matematika

profesor muda - guru matematika potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Anggapan sulitnya pelajaran Matematika, telah membuat seorang siswa maupun mahasiswa kurang meminati Matematika. Alhasil, tenaga pendidik yang diharapkan mampu untuk menggantikan posisi pendidik yang telah berumur, menjadi sulit untuk ditemukan.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa jurusan Matematika dapat dipastikan memiliki peluang yang cukup besar sebagai tenaga pendidik/pengajar. Baik itu sebagai guru maupun sebagai dosen di mata kuliah yang terkait dalam materi Matematika. Akan tetapi, syarat untuk menjadi pengajar atau pendidik pun tak semudah yang dibayangkan, ya, tentu saja harus memiliki kompetisi guru yang telah terpenuhi.

2. Aktuaris

jadilah pemimpin ketika semua orang lain mengikuti - rapat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Aktuaris adalah seseorang yang ahli bekerja di bidang pengukuran dan juga manajemen risiko serta pada ketidakpastian dalam usaha.

Sebagai seorang aktuaris, tentu saja akan menggunakan statistik untuk mengetahui akan terjadinya peristiwa tertentu. Dimana yang selanjutnya, mereka akan berusaha untuk meminimalkan resiko dalam usaha yang terkait pada peristiwa tersebut.

Seorang aktuaris juga biasanya bekerja di industri asuransi, dimana mereka akan membantu perusahaan dalam merancang kebijakan dan dalam menetapkan premi yang harus dibayarkan. Sehingga, Matematika termasuk dalam jurusan yang akan memungkinkan kamu untuk bekerja sebagai aktuaris.

3. Ahli Statistika

close up menonton - statistics potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Statistika merupakan ilmu yang sebenarnya diperlukan untuk seluruh sistem perusahaan, baik itu swasta maupun pemerintah. Dengan adanya ilmu statistika, manajemen perusahaan akan dapat mengetahui minat tinggi dari masyarakat.

Sehingga, dalam hal ini, seorang ahli statistika dapat memfokuskan bisnisnya dan sumber daya manusia (SDM). Yaitu dengan tujuan, untuk meningkatkan performa perusahaan menjadi lebih baik dan lebih bermutu daya saing yang tinggi.

4. Peneliti

ilmuwan bekerja di laboratorium - peneliti potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Bagi kamu yang memang sangat mencintai ilmu matematika, kamu bisa memilih karir sebagai seorang peneliti. Siapa tahu, dengan menjadi peneliti, kamu dapat menemukan terobosan teori baru yang bisa memberikan perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih mutakhir. Baik dalam penelitian galat perhitungan maupun sejenis lainnya yang dapat diteliti menggunakan pemodelan matematik.

5. Analisis Riset Pasar

kpi indikator kinerja utama untuk konsep bisnis - analisis riset pasar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sebagai analisis riset pasar, tentu saja akan membantu perusahaan dalan memutuskan berbagai jenis produk apa yang akan dipilih oleh konsumen dan bagaimana cara untuk mempromosikannya dalam usaha.

Mereka yang bekerja sebagai analisis riset pasar akan menggunakan data yang sudah mereka kumpulkan di lapangan dan mengembangkannya dengan menggunakan metode statistik untuk menganalisis hasil akhirnya.

Analisis Riset pasar akan membagikan temuan yang mereka dapatkan kepada para pemimpin perusahaan mereka, yaitu dengan mempersiapkan laporan tertulis juga dengan gambaran secara grafis yang berdasarkan pada hasil survei yang ditemukan.

6. Ekonomi

pebisnis memegang tablet dan menunjukkan hologram statistik, grafik, dan bagan virtual yang berkembang dengan panah ke atas pada latar belakang gelap. pasar saham. konsep pertumbuhan bisnis, rencana, dan strategi. - ekonoi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah satu prospek yang dimiliki oleh anak Matematika ialah menjadi seorang ekonom. Yaitu orang yang bertugas dalam melakukan penelitian. Penelitian ini berupa Penyusunan laporan dan membuat perencanaan terkait masalah ekonomi, atau berbagai jenis lainnya yang masih berbaur ilmu ekonomi lainnya di divisi perusahaan, khususnya, distribusi barang.

7. Analisis Keuangan

wanita pengusaha membaca laporan keuangan menganalisis statistik menunjuk pada bagan pai bekerja di mejanya - analisis keuangan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sebagai lulusan Matematika, tentu memiliki kesempatan dalam bidang analis Keuangan, yang membutuhkan pengetahuan, dimana tidak hanya pada bidang finansial, tetapi juga pada bidang Matematika.

Bahkan yang sebenarnya, Matematika telah memegang peranan penting di dalam bidang pekerjaan seorang analis. Alasannya ialah karena seluruh teori keuangan dan rumus yang dibutuhkan untuk keperluan analisis, telah terbukti jelas memerlukan analisa dan Matematika yang kuat.

Namun demi kebaikan dalam membidangi keuangan, bagi lulusan jurusan Matematika, bisa mencoba untuk mengambil kelas singkat dalam mendapatkan sertifikasi di bidang keuangan. Sehingga, selain menambah ilmu pengetahuan yang lebih meluas, juga memperkuat keahlian kita dalam membidangi ataupun menemui bidang ini.

8. Pengusaha/Pebisnis

potret jabat tangan manajer muda yang ceria dengan karyawan baru. - pebisnis potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Keahlian dalam berhitung, telah memungkinkan seorang lulusan Matematika untuk menjadi seorang pengusaha atau seorang pebisnis. Keahlian dalam berhitung inilah yang menjadi dasar atau pondasi yang kuat dalam menjalankan bisnis usaha yang sedang dibangun.

Biasanya, kecerdasan dalam mengolah sistem Matematika memiliki ketahanan serta kemajuan perusahaan yang tinggi, dibandingkan dengan seorang pengusaha lainnya yang hanya berpondasikan pada pemodalan biaya dalam meluncurkan perusahaan.

9. Programer

pengkodean pengembang terfokus pada monitor komputer yang bekerja lembur di kantor - programmer potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ketika mendengar matematika, tentu hal yang akan kamu bayangkan ialah hitung menghitung. Ya, tentu saja benar demikian. Akan tetapi, seorang matematikawan juga cenderung mahir dalam pemograman.

Hal ini disebabkan oleh, seseorang yang mengambil jurusan matematika juga akan mempelajari sebuah susunan bahasa pemograman hingga dituntut mampu dalam merancang sebuah program.

Seorang matematikawan yang memiliki logika analitik yang baik, diakui memiliki pemograman yang lebih baik ketimbang anak komputasi yang mempelajari pemograman. Karena itulah, mengapa seorang lulusan Matematika berkesempatan menjadi seorang programmer yang handal dan diharapkan.

10. Youtuber

profesor mengajar matematika di papan tulis - youtuber matematika potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saat ini, menjadi seorang youtuber telah menjadi keinginan semua orang. Bagaimana tidak? Beragam jenis konten yang diberikan oleh youtuber, telah memberikan sebuah penghasilan yang tidak main-main, bahkan terbilang cukup bernilai sangat besar.

Sebagai anak matematika, menjadi seorang youtuber yang berpenghasilan tentu saja bisa menjadi kenyataan. Luasnya materi matematika serta ragamnya jenis metode penyelesaian inilah, yang menarik perhatian banyak orang untuk berusaha menaklukkan pelajaran yang dianggap sulit ini. Nah, inilah alasan mengapa seorang anak Matematika dapat menjadi seorang youtuber.

11. Blogger

blogging, wanita membaca blog - blogger potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Terakhir ialah blogger. Selain menjadi youtuber, seseorang lulusan Matematika juga memiliki kesempatan sebagai blogger. Bedanya, blogger akan menampilkan ide terbaru Matematika-nya dalam bentuk tulisan, sedangkan youtuber dalam bentuk non-write, yaitu berupa pemaparan video.

Nah, begitulah beberapa prospek kerja yang dimiliki oleh anak Matematika, dan yang tentunya akan membuatmu semakin siap untuk menekuni ilmu yang dianggap sulit ini. Wah, Kalau sudah begini, sepertinya keraguan akan hilang begitu saja bukan?

Baca Juga  5 Cara Alami Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Comment

Artikel Terkait