by

Meriah dan Bermanfaat, Begini Cara Mengisi Kemerdekaan untuk Pelajar!

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia. Di tanggal tersebut bangsa Indonesia dinyatakan bebas dari penjajah dan merdeka. Oleh sebab itu, kini rakyat Indonesia dapat menikmati hidup dengan bebas tanpa ada tekanan dari penjajah.

Pelajar merupakan para calon pemimpin di Indonesia yang akan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sampai selama-lamanya. Oleh sebab itu, pastinya ada cara mengisi kemerdekaan untuk para pelajar ini. Kira-kira bagaimana ya cara mengisinya? Berikut ini cara mengisi kemerdekaan untuk pelajar:

1. Mencoba untuk Merenungi dan Mensyukuri Kemerdekaan yang Telah Bangsa Indonesia Raih

Cara mengisi kemerdekaan untuk pelajar yang pertama ialah dengan hal yang sederhana terlebih dahulu, yaitu dengan mencoba untuk merenungi serta mensyukuri kemerdekaan yang telah bangsa Indonesia raih. Kamu dapat merenungkan bagaimana pentingnya kemerdekaan untuk suatu bangsa, khususnya Bangsa Indonesia. Sudah tidak ada lagi pertumpahan darah serta rasa takut dan cemas yang terus menghantui lagi setiap harinya.

Mungkin apabila kamu mendengar cerita dari nenek atau kakekmu, mengenai kehidupan saat masa penjajahan akan tampak begitu mengerikan. Pada saat itu banyak aturan yang harus dipatuhi, di mana aturan tersebut menguntungkan pihak penjajah dan merugikan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, banyak sekali pahlawan yang gugur untuk membebaskan Indonesia dari belenggu para penjajah.

2. Ikut Memasang Bendera Merah Putih di Halaman Rumah

Bendera merah putih merupakan bendera kebangsaan bangsa Indonesia. Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia tiap menuju tanggal 17 Agustus, ialah berbondong-bondong memasang bendera merah putih atau umbul-umbul di halaman.

Dengan menghias rumah menggunakan nuansa kemerdekaan, hal ini sudah menjadi salah satu hal yang mencerminkan, bahwa rakyat Indonesia turut bersuka cita dengan kemerdekaan yang sudah berhasil di raih bangsa Indonesia.

Baca Juga  7 Tips Membentuk Karakter Anak Agar Tumbuh Menjadi Baik
3. Ikut serta dalam Kegiatan yang Dilakukan untuk Merayakan Kemerdekaan yang Diadakan di Lingkungan Sekitar

Lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah pastinya memiliki kegiatan sendiri untuk merayakan kemerdekaan. Biasanya di lingkungan rumah akan diadakan perlombaan-perlombaan yang seru, untuk anak-anak hingga orang dewasa, perlombaan tersebut biasanya meliputi perlombaan yang hanya untuk main-main saja, seperti lomba makan kerupuk, balap karung dan perlombaan yang seru lainnya.

Kemudian apabila di lingkungan sekolah, biasanya para warga sekolah memperingati hari kemerdekaan Indonesia ini dengan mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih, kegiatan yang satu ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan, yang telah gugur di medan peperang melawan penjajah.

4. Isi Kemerdekaan dengan Belajar yang Sungguh-Sungguh

Cara mengisi kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya ialah dengan belajar sungguh-sungguh. Di dalam buku sejarah pasti sudah berkali-kali menekankan jika dahulu saat dijajah, masyarakat Indonesia kesulitan untuk mengenyam bangku pendidikan, dan yang diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan tersebut ialah hanya orang-orang tertentu saja.

Melihat keadaan sekitar yang kini akses untuk pendidikan sudah dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak terikat dengan aturan yang rumit, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia sudah merdeka dari penjajah dan masyarakat Indonesia, memiliki kesamaan hak dalam menuntut ilmu. Oleh karena itu, manfaatkan waktu di mana kamu mendapatkan banyak pelajaran berharga, sebab dengan ilmu inilah kamu dapat meraih cita-cita yang kamu impikan.

5. Belajar untuk Bertoleransi Kepada Sesama

Cara mengisi kemerdekaan untuk pelajar selanjutnya, ialah isi kemerdekaanmu dengan belajar untuk bertoleransi kepada sesama. Coba kamu ingat bagaimana susahnya dahulu saat para pemuda di Indonesia berjuang keras, untuk mengusir penjajah dengan membentuk organisasi, forum dan sebagainya. Pasti di sana tidak hanya berkumpul pemuda yang dalam satu golongan saja, tetapi juga pemuda-pemuda yang golongannya berbeda-beda.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Corat-Coret Foto: Biar Fotomu Tambah Aestetik

Dari penjelasan tersebut sudah tentu menjadi contoh bahwa walaupun beragam, tetapi hendaknya harus membangun toleransi yang tinggi untuk mencapai tujuan bersama. Kita harus bisa saling berkolaborasi dan bekerjasama tanpa melihat golongan agama, ras, suku, budaya atau etnis seseorang untuk menuju Indonesia yang maju.

6. Mempelajari Sejarah Bangsa Indonesia

Selama kamu bersekolah pastinya kamu memiliki pelajaran mengenai sejarah Indonesia. Hal ini bukan tanpa sebab, tujuan adanya pelajaran sejarah di bangku sekolah, ialah salah satunya agar generasi penerus bangsa dapat mengetahui, bagaimana sulitnya para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, bagaimana para pendiri bangsa harus mempertaruhkan nyawa, harta, hingga keluarga mereka, demi kemerdekaan Indonesia.

Dengan adanya pelajaran sejarah ini pula kita dapat mengambil banyak pelajaran berharga, yang telah terjadi di masa lampau dan agar bisa mencegah kejadian tersebut agar tidak terulang kembali.

7. Melakukan Hal-Hal Positif dan Bermanfaat

Cara mengisi kemerdekaan untuk pelajar yang ketujuh ialah dengan melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat luas. Kemudian lakukan suatu hal dengan bijaksana, agar hal yang kamu lakukan itu tidak merugikan orang lain.

Oleh karena itu, berbuatlah baik sekecil apapun itu, seperti membantu orang lain, peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, hingga membersihkan lingkungan sekitar agar kebersihannya terjaga, sehingga tidak menimbulkan penyakit. Dengan melakukan kebaikan-kebaikan kecil tersebut, kamu dapat membantu melestarikan lingkungan dan membina hubungan baik dengan sesama.

Itu tadi beberapa cara mengisi kemerdekaan untuk pelajar. Tidak susah bukan? Tak harus menunggu saat hari kemerdekaan tiba, kamu juga dapat melakukan hal-hal tadi di kehidupan sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya