by

Mengenal Macam-macam Sekolah Kedinasan di Indonesia: Setelah Lulus Langsung Kerja

Siapa yang masih asing dengan istilah sekolah kedinasan? Sekolah kedinasan merupakan Perguruan Tinggi, yang berada di bawah naungan badan kementrian atau kelembagaan tertentu yang menjamin tiap lulusannya.

Sekolah Kedinasan atau yang biasa disebut dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini, memberikan keringanan biaya pada para mahasiswanya sampai 100%. Terdapat beberapa macam sekolah kedinasan di Indonesia. Macam-macam sekolah kedinasan tersebut dinaungi oleh badan pemerintahan tertentu.

Selain memberikan keringanan biaya pendidikan hingga 100%, PTK juga merupakan sekolah ikatan dinas yang artinya, setiap lulusannya akan langsung bekerja dan ditempatkan di bawah badan pemerintahan yang menaungi PTK tersebut.

Lulusan dari PTK juga akan langsung diangkat menjadi CPNS. Menarik bukan? Yuk simak macam-macam sekolah kedinasan berikut ini, yang bisa kamu jadikan referensi sekolah tujuan setelah menyelesaikan Pendidikan di bangku SMA.

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN)

Macam macam sekolah kedinasan yang pertama adalah PKN STAN. Sekolah kedinasan yang terletak di Kawasan Bintaro ini dinaungi langsung oleh Kementrian Keuangan Indonesia. Dari tahun ke tahun, sekolah kedinasan yang satu ini tidak pernah sepi peminat dan selalu berhasil, menjadi sekolah kedinasan dengan pelamar tertinggi dibandingkan dengan sekolah kedinasan yang lainnya. Bagaimana tidak, lulusan dari PKN STAN ini akan langsung ditempatkan di lingkungan kementrian keuangan Indonesia dan langsung diangkat menjadi CPNS.

PKN STAN memiliki 6 jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat kamu sobat. Keenam jurusan tersebut antara lain adalah Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset, Kebendaharaan Negara, Pajak Bumi Bangunan, serta Akuntansi.

Dengan berbagai fasilitas dan keringanan yang ditawarkan, tidak sembarang orang bisa diterima di PKN STAN. Hanya orang-orang yang berhasil melewati rangkaian tes dan seleksi saja, yang bisa menempuh pendidikan di sini.

Baca Juga  Kegiatan Literasi untuk Sekolah yang Paling Tepat Sasaran

Terdapat beberapa macam rangkaian tes yang harus dilalui, yaitu tes akademik dan tes fisik. Tes-tes tersebut adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Kesehatan dan Kebugaran, Tes Psikologi dan Tes Wawancara.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN)

Yang selanjutnya adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau yang biasa dikenal dengan IPDN. Kampus IPDN berlokasi di beberapa tempat di Indonesia, di antaranya, IPDN Pusat (Jatinangor), IPDN Jakarta, IPDN Sumatera Barat, IPDN Kalimantan Barat, IPDN Sulawesi Utara, IPDN Sulawesi Selatan, IPDN NTB, serta IPDN Papua.

Seperti Namanya, IPDN ini berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) Indonesia. Jadi, lulusan dari IPDN ini akan langsung ditempatkan di badan-badan yang berada dalam lingkungan Kemendagri Indonesia.

Terdapat 3 fakultas D4-S1 serta 1 program sarjana di IPDN. Di antaranya adalah fakultas politik pemerintahan, fakultas manajemen pemerintahan, fakultas hukum tata pemerintahan. Untuk bisa masuk dan berkuliah di IPDN, kamu harus melalui 4 tahapan tes dan seleksi, yaitu tes SKD, tes kesehatan tahap 1, tes psikologi integritas dan kejujuran, serta tes pantukir.

3. POLTEKIP dan POLTEKIM

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) serta Poloteknik Ilmu Imigrasi (POLTEKIM), merupakan sekolah kedinasan yang sama-sama dinaungi oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Meskipun sama-sama berada di bawah naungan Kemenkumham, kedua sekolah kedinasan ini memiliki fokus Pendidikan yang berbeda.

POLTEKIP memiliki 3 jurusan, yaitu manajemen pemasyarakatan, teknik pemasyarakatan, serta bimbingan keimigrasian. Sementara jurusan yang tersedia di POLTEKIM ada 4, yaitu hukum keimigrasian, administrasi keimigrasian, manajemen teknologi keimigrasian, serta keimigrasian. Setelah lulus dari kampus ini, para taruna/taruninya juga akan langsung diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di lingkungan kemenkumham.

Baca Juga  6 Manfaat Melaksanakan Upacara yang Luhur dan Positif

Tak jauh berbeda dengan sekolah-sekolah kedinasan lainnya, untuk masuk ke dalam POLTEKIP dan POLTEKIM juga harus melalui sejumlah seleksi yang ketat. Seleksi-seleksi tersebut adalah SKD, tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes psikotes dan wawancara.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (Polstat STIS)

Macam-macam sekolah kedinasan yang selanjutnya adalah Polstat STIS. Sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi, setelah lulus dari Polstat STIS para lulusannya akan langsung diangkat menjadi CPNS di lingkungan Badan Pusan Statistik Nasional.

Polstat STIS memiliki 3 program studi yaitu D-III Statistika, D-IV Statistika, serta D-IV Komputasi Statistika. Kampus yang berada di bawah naungan BPS ini berlokasi di Jakarta Timur. Untuk bisa masuk ke dalam kampus ini, juga ada serangkaian tes yang harus dilalui. Antara lain, tes SKD, seleksi akademik matematika, psikotes, serta seleksi kesehatan dan kebugaran.

5. Sekolah Tinggi Transportasi Barat (STTD)

Sekolah kedinasan berikutnya ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan Indonesia (Kemenhub). Kampus STTD berlokasi di daerah Bekasi, Jawa Barat. Setelah lulus dari STTD, para taruna/taruninya akan langsung ditempatkan di lingkungan kementrian perhubungan.

STTD menyediakan 6 jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat kamu. Keenam jurusan tersebut di antaranya D-III Manajemen Transportasi Jalan, D-III Manajemen Perkeretaapian, D-IV Transportasi Darat, D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif, S2 Pemasaran, Inovasi, dan Teknologi, serta S2 Teknik Keselamatan dan Resiko.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Sesuai dengan Namanya, sekolah kedinasan yang satu ini merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Para lulusannya disiapkan untuk bekerja di BMKG. Kampus dari STMKG ini berlokasi di Tangerang, Banten.

Baca Juga  Ingin Tahu Manfaat Membaca Buku bagi Anak? Ini Ulasannya

STMKG menyediakan 4 program studi yang bisa dipilih sesuai minat kamu nih sobat. Keempat program studi tersebut adalah D-IV Meteorologi, D-IV Klimatologi, D-IV Geofisika, serta D-IV Instrumentasi. Tak jauh berbeda dengan sekolah kedinasan lainnya, STMKG juga menyediakan seleksi yang ketat untuk para pelamarnya. Di antaranya adalah Tes SKD, Tes SKB (Seleksi Kemampuan Bidang), Tes Kesehatan dan Kebugaran, serta Tes Wawancara.

Itulah macam-macam sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Dengan semua fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan, tentu saja PTK menjadi sangat layak untuk diperjuangkan bagi kamu semua yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. PTK-PTK di atas sekaligus dapat menjadi referensi pilihan yang baik buat kamu, yang masih bingung mau melanjutkan ke mana setelah lulus dari SMA.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya