by

Memahami Pengertian dan Fungsi Komunikasi Serta Unsurnya!

Apakah kamu pernah mengamati orang-orang saat bersama, kemudian mereka tersenyum, sedih, marah atau hal lainnya? Hal itu dikarenakan pengaruh dari suatu komunikasi. Sehingga apabila terjadi miskomunikasi dapat mengakibatkan kesalahpahaman bahkan perpecahan, sehingga sangat penting memahami pengertian dan fungsi komunikasi serta unsurnya.

Hal ini diharapkan dapat membantu kamu dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, komunikasi yang baik dan tepat pun, dapat mengantarkan atau membantumu dalam mencapai tujuan dan dapat menghindarkan untuk menelan informasi secara mentah-mentah, sehingga komunikasi memang sangat penting bagi kehidupan manusia.

A. Pengertian

Komunikasi dalam bahasa inggris yaitu communication dan komunikasi yang berasal dari bahasa asal yakni, bahasa latin yaitu communicates atau comunicatio, communicare yang berarti berbagi atau milik bersama.

Adapun komunikasi dalam KBBI adalah pengiriman serta penerimaan suatu pesan antara dua orang atau bahkan lebih, sehingga pesan tersebut dapat dipahami dan saling terhubung satu sama lain. Komunikasi ini dapat dilakukan secara verbal maupun non-verbal.

Apabila secara verbal dilakukan melalui mulut adapun jika dilakukan secara non-verbal, dapat berupa isyarat maupun bentuk tulisan dan dapat dipahami oleh penerima pesan. Ada beberapa pendapat mengenai komunikasi menurut para ahli, di antara:

1. Forsdale

Menurut forsdale, komunikasi merupakan  suatu jenis proses pembentukan,pemeliharaan, maupun pengubahan suatu hal dengan tujuan mendapatkan hal yang sesuai dengan apa yang telah dikirimkan.

2. Gode

Beliau berpendapat bahwa komunikasi adalah kegiatan dengan tujuan membuat sesuatu, kemudian ditujukan kepada orang lain. Dengan demikian komunikasi memang memiliki tujuan yang sangat jelas.

3. Anwar Arifin

Komunikasi adalah suatu proses sosial yang dilakukan masyarakat yang sangat erat kaitannya dengan aktivitas manusia dan memiliki makna (pesan dan perilaku). Sehingga, komunikasi akan terjadi berulang-ulang sesuai kebutuhan.

Baca Juga  Ini Dia Kelebihan Belajar di Luar Ruangan Bagi Siswa
4. Skinner

Adapun menurut Skinner, komunikasi merupakan sebuah bentuk perilaku simbolik maupun lisan. Dimana pengirim pesan sedang berusaha untuk memperoleh suatu dampak yang diinginkan dari hal tersebut.

5. Carl Hovland, Kelley dan Jenis

Menurut mereka, komunikasi merupakan suatu proses dimana  seseorang yang berlaku sebagai komunikator men-stimulus penerima pesan, melalui kata-kata dengan tujuan untuk mengubah maupun membentuk suatu perilaku yang dimiliki orang lain atau publik.

6. Harold Lasswell

Harold Lasswell berpendapat bahwa komunikasi itu mengenai proses yang menjelaskan siapa, dengan saluran apa, mengatakan apa, akibatnya apa, kepada siapa, dan hasilnya apa. Sehingga dengan begitu, komunikasi dapat memperjelas tujuan.

7. Barnlund

komunikasi dapat timbul dikarenakan suatu dorongan yang disebabkan oleh kebutuhan-kebutuhan yang bertujuan untuk bertindak secara efektif, mengurangi ketidakpastian, memperkuat ego dan  mempertahankan.

8. Weaver

Komunikasi merupakan seluruh prosedur dimana hal ini terjadi melalui pikiran seseorang dan dapat mempengaruhi atau mengubah pikiran yang dimiliki oleh orang lain. Dari hal ini, dapat dikatakan bahwa komunikasi dapat merubah mindset seseorang.

B. Unsur Komunikasi

Komunikasi memiliki unsur yang penting, sehingga dapat menunjang berjalan suatu komunikasi. Hal ini tidak dapat terjadi apabila tidak memenuhi unsur-unsur komunikasi. Menurut model Aristoteles, terdapat tiga unsur yaitu:

  • Komunikator atau pengirim pesan
  • Pesan yang disampaikan
  • Komunikan atau penerima pesan dari komunikator

Adapun menurut Riswandi, komunikasi memiliki 5 unsur, dimana lima unsur ini meliputi sumber atau komunikator (pengirim pesan), pesan, media atau saluran, receiver atau penerima dan efek yang akan terjadi setelah pesan diterima oleh penerima. Untuk lebih jelasnya, diuraikan sebagai berikut!

1. Sumber atau komunikator (pengirim pesan)

Sumber atau komunikator ini adalah seseorang yang mengirimkan pesan, pembicara, maupun penyandi. Sumber atau komunikator ini merupakan pihak yang memiliki kebutuhan sehingga memiliki inisiatif mengirimkan pesan kepada receiver atau penerima pesan.

Baca Juga  Berbanding Terbalik! Inilah Perbedaan Tipe Pria Idaman Wanita Humoris dan Wanita Pendiam
2. Pesan

Pesan merupakan hal yang disampaikan kepada receiver atau penerima pesan. Adapun bentuk dari pesan ini dapat berupa verbal maupun non-verbal. Namun, pesan ini dapat mewakili nilai, gagasan, maupun perasaan, bahkan kebutuhan yang dimiliki oleh komunikator. Selain itu, pesan pun merupakan hal yang  memiliki sifat abstrak ( idealistic, konseptual, serta ideologis).

4. Media atau saluran

Media atau saluran ini merupakan sebuah alat yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada receiver. Saluran atau medianya dibedakan menjadi dua bagian, yaitu langsung atau tatap muka dan tidak langsung atau melalui media, media ini dapat berbentuk media cetak atau media elektronik.

5. Receiver atau penerima pesan

Penerima pesan (Receiver) merupakan orang yang menjadi target sasaran dari komunikator untuk menyampaikan pesan, penerima pesan ini pun sering disebut sebagai komunikan, public atau penyandi balik, penafsir, atau bahkan dikenal sebagai pendengar.

6. Efek

Efek disini ini  memiliki arti suatu dampak yang akan terjadi pada penerima pesan atau receiver secara psikologis setelah menerima pesan dari komunikator. Nah untuk efek ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Pengaruh kognitif (memperoleh informasi)
  • Pengaruh efektif ( terjadinya perubahan perasaan atau sikap).
  • pengaruh konotif ( pengaruh ini mempengaruhi tingkah laku atau tindakan).
C. Fungsi Komunikasi

Setelah mengetahui pengertian dan unsur dari komunikasi, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi dari komunikasi itu sendiri. Dalam buku Deddy Mulyana (2007) dengan judul “Ilmu Komunikasi  Suatu Pengantar”, fungsi komunikasi terbagi menjadi empat, yaitu:

1. Komunikasi sosial

Komunikasi dapat membantu untuk membangun konsep diri maupun aktualisasi diri demi keberlangsungan hidup. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kebahagian maupun terhindar dari tekanan atau ketegangan. Komunikasi dalam konteks ini pun berfungsi untuk memupuk rasa percaya orang lain.

Baca Juga  5 Cara Membuat Ringkasan Materi Anti Bosan
2. Komunikasi Ekspresif

Komunikasi jenis ini dilakukan untuk menyampaikan perasaan-perasaan atau emosi, dan biasanya komunikasi ini disampaikan melalui non-verbal. Namun dapat mempengaruhi orang lain, meskipun tidak secara otomatis.

3. Komunikasi Ritual

Komunikasi ini dilakukan secara kolektif untuk menegaskan kembali suatu komitmen terhadap tradisi, suku, ideologi, Negara, agama dan komunitas.

4. Komunikasi Instrumental

Komunikasi ini dilakukan untuk mengajar, menginformasikan, mengubah sikap, mendorong dan menyakinkan, mengubah suatu tindakan maupun perilaku dan menghibur.

Setelah mengetahui dan memahami pengertian dan fungsi komunikasi serta unsurnya, sekarang kamu dapat lebih mudah memetakan suatu komunikasi untuk membantumu berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, bukan?

Comment

Artikel Terkait