by

Mana Saja Kampus di Yogyakarta yang Paling Populer?

Yogyakarta menjadi sebuah kota yang banyak dikunjungi oleh orang dalam negeri maupun luar negeri. Pasalnya, kota ini menawarkan berbagai keindahan alam yang menawan, penduduknya yang sopan dan ramah, serta harga di daerah ini pun cenderung terjangkau. Sehingga, banyak menarik perhatian. Termasuk kampus di Yogyakarta pun memiliki banyak peminat.

Kampus di Yogyakarta yang Populer

Ada empat kampus di Yogyakarta yang akan dibahas dalam artikel ini. Dimana empat kampus tersebut merupakan universitas populer di kota tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin kuliah di daerah ini dan masih bingung memilih kampus, informasi ini sangat penting untukmu.

1. Universitas Gadjah Mada

Siapa yang tidak mengetahui universitas satu ini? Pasalnya, kampus ini menjadi langganan masuk ke dalam list atau daftar kampus terbaik di Indonesia. Bahkan, namanya saja masuk dalam deretan kampus terbaik di dunia pula.

Universitas ini didirikan pada tahun 1949, tepatnya pada tanggal 19 Desember. Selain itu, kampus ini didirikan secara resmi oleh Pemerintah RI (Republik  Indonesia). Hal ini selaras dengan peraturan pemerintah dengan Nomor 23 Tahun 1949. Dimana isinya mengenai peraturan penggabungan perguruan tinggi menjadi universitas. Hal ini terjadi pada tahun 19489, tanggal 16 Desember.

Tahukah kamu, bahwa kampus ini merupakan universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah RI seusai Negara Indonesia Merdeka. Awalnya kampus ini hanya memiliki enam fakultas saja. Namun, seiring berjalannya waktu kampus ini sudah memiliki 18 fakultas.

Selain itu, kampus ini pun memiliki dua sekolah, yakni Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana. Tentu  hal termasuk sebuah kemajuan yang besar, bukan. Kamu pun tidak perlu khawatir, kampus ini memiliki nilai akreditasi A dengan nomor 5241/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017.

Baca Juga  Inilah 3 Tradisi di Nusantara yang Jarang Diketahui!
2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas ini awalnya bernama IKIP Yogyakarta dan telah berdiri pada tahun 1964, tepatnya pada tanggal 21 Mei. Namun, seiring berjalannya waktu kampus ini dikenal dengan Universitas Negeri Yogyakarta, atau lebih dikenal dengan nama UNY hingga sekarang. Tenaga pengajar di kampus ini pun merupakan orang yang profesional.

Rat-rata pengajar dari background pendidikan S2 dan S3. Tidak hanya tenaga pengajarnya saja, melainkan pegawai lainnya pun memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidangnya. Sehingga kualitasnya pun dapat dikatakan bagus.

Untuk fasilitasnya sendiri, di kampus ini cukup memadai. Dimulai dari jaringan internet yang aktif 24 jam, memiliki perpustakan fakultas maupun kampus, sarana olahraga yang berstandar internasional, dan lain sebagainya. Disini pun kamu tidak perlu khawatir masalah polusi, pasalnya kampus ini memiliki lingkungan yang sangat asri. Sehingga dijuluki The Green Campus, menakjubkan bukan?

Kampus ini pun telah memperoleh akreditasi A dengan Nomor 3127/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Ternyata tidak hanya itu, UNY pun telah memperoleh sertifikasi dari internasional, yaitu SMM ( Standar Manajemen Mutu) dari ISO ( International Organization for standardization) 9001:2008. Tentu hal ini semakin mendukung UNY untuk menjadi World Class University.

3. UIN Sunan Kalijaga

Kampus ini berdiri pada tahun 1951, tepatnya pada tanggal 26 September.  Sehingga, wajar apabila universitas ini disebut sebagai universitas Islam tertua di Indonesia. Kampus yang memiliki nama lengkap Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga ini berlokasi di Sleman, kota Yogyakarta.

Seperti halnya kampus yang lainnya, universitas ini pun memiliki proses yang panjang hingga akhirnya dikenal sebagai UIN Sunan Kalijaga. Perguruan tinggi ini berfokus kepada pengajaran Islam dari berbagai aspek. Baik aspek sosial, teknologi, pendidikan, dan lain sebagainya.  Maka jika kamu belajar di universitas ini, apapun jurusan yang akan kamu ambil pasti belajar mengenai dasar-dasar agama Islam.

Baca Juga  FAMe dan FUAS Hadirkan Pemateri Dari Kaum Milenial Sukses Untuk Ulas Beasiswa

Untuk awal kuliah atau pada semester satu. Hal ini diharapkan menjadi dasar untuk ilmu yang dipelajari selanjutnya. Terdapat berbagai fakultas beserta jurusan yang ada di universitas ini. Kamu bisa memilih mana saja yang sesuai dengan kemampuan dan ketertarikan.

Untuk jalur masuknya kamu bisa mengikutinya dari SBMPTN maupun SNMPTN. Namun, apabila tidak lolos biasanya ada UM-PTKIN (Seluruh Universitas atau perguruan tinggi Islam Negeri) atau UM yang khusus diadakan oleh kampus tersebut. Kampus ini pun sudah terakreditasi  A dengan  Nomor SK 464/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

4. UPN Yogyakarta

Kampus yang memiliki nama lengkap Universitas pembangunan Nasional atau dikenal dengan UPN ini, berdiri karena dipelopori oleh para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia. Dimana pada saat itu kampus ini bernama Akademi pembangunan Nasional.

Universitas ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri Urusan Veteran dengan nomor 139/Kpts/1965. Hal tersebut terjadi pada tahun 1958, tepatnya tanggal 2 Oktober. Universitas ini pun tidak hanya ada di Yogyakarta saja. Melainkan di berbagai kota seperti Surakarta, Jakarta, dan Surabaya. Dimana UPN Yogyakarta merupakan pusat dari kampus UPN ini sendiri.

Namun, pada tahun 1995, Universitas ini diresmikan menjadi perguruan tinggi swasta. Status universitas tersebut pun berubah lagi pada tahun 2014. Dimana pada tahun itu, kampus ini diresmikan kembali menjadi perguruan tinggi negeri. Meskipun, baru di resmikan universitas ini memperoleh akreditasi B dengan Nomor SK 3614/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 dari BAN-PT.

Selain itu, kampus ini pun berada dalam naungan Departemen Pertahanan RI (Republik Indonesia). Walaupun terbilang baru, universitas ini sudah memiliki lima fakultas yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan tujuanmu.

Kampus di Yogyakarta di atas, memang memiliki keunggulannya masing-masing. Sehingga, para calon mahasiswa pun memiliki ketertarikan untuk masuk ke universitas tersebut. Sebaiknya siapkan diri dengan belajar yang tekun, dan tentukan tujuanmu memilih program studi dan kampus tersebut. Hal tersebut dapat meningkatkan motivasimu.

Comment

Artikel Terkait