by

Jangan Sampai Digigit! Inilah 11 Hewan dengan Gigitan Terkuat

Tahukah kamu seberapa besar kekuatan gigitan manusia? Kekuatan gigitan diukur dalam psi (pounds per square inch). Psi adalah unit atau satuan tekanan yang dihasilkan oleh gaya (dalam satuan pon) pada area berukuran 1 inci persegi. Dengan kata lain, kekuatan gigitan diukur dengan tekanan yang diberikan pada sesuatu yang digigitnya. Setelah diukur, ternyata gigitan manusia memiliki kekuatan lebih dari 160 psi. Gigitan manusia dengan kekuatan tersebut dapat dengan mudah menghancurkan kulit yang digigit.

Hebatnya, banyak hewan yang memiliki kekuatan gigitan 10 atau 20 kali lebih kuat daripada gigitan manusia. Kekuatan gigitan hewan-hewan tersebut tergantung pada otot rahang, tulang rahang, luas permukaan gigi, dan jenis makanan yang sering dikonsumsi.

Dan, Inilah 11 hewan yang masih ada di Bumi dengan gigitan terkuat.

1. Orca (Orcinus orca)

Orca merupakan spesies mamalia air bergigi dari keluarga lumba-lumba. Namun, tubuhnya yang besar membuat banyak orang mengiranya sebagai paus. Orca sering dijuluki sebagai paus pembunuh (killer whale). Meski dikenal sebagai hewan pembunuh, sebenarnya orca tidak menyerang manusia. Kekuatan gigitannya adalah 19.000 psi.

2. Buaya Air Asin (Crocodylus porosus)

Di antara jenis buaya yang lain, buaya air asin merupakan jenis buaya yang terbesar. Disebutkan juga bahwa buaya air asin merupakan reptil terbesar yang ada di Bumi saat ini. Panjang buaya air asin jantan adalah sekitar 5 meter dengan berat 454 kilogram. Namun, pernah juga ditemukan buaya air asin dengan panjang sekitar 7 meter dan bobot tubuh 998 kilogram. Buaya ini bersifat agresif, sehingga bisa memangsa manusia yang sedang berada di dalam perahu. Kekuatan gigitan buaya air asin adalah 7.700 psi.

Baca Juga  14 Sosok Penjelajah Dunia yang Legendaris
3. Buaya Nil (Crocodylus niloticus)

Buaya nil dikenal sebagai hewan buas yang sering menyerang manusia. Makanan buaya nil sebagian besar adalah ikan. Namun, dia juga akan menyerang apa saja yang dilewatinya, termasuk landak, kuda nil kecil, zebra, burung, dan buaya lainnya. Kekuatan gigitan buaya nil adalah 5.000 psi.

4. Buaya Amerika (Crocodylus acutus)

Buaya Amerika adalah salah satu dari empat jenis buaya di Amerika yang paling tersebar luas. Habitat buaya Amerika sebagian besar adalah di daerah pesisir. Mereka termasuk jenis yang berbahaya bagi manusia, walaupun tidak seagresif jenis buaya lain. Kekuatan gigitan buaya Amerika adalah 2.125 psi.

5. Kuda Nil (Hippopotamus amphibius)

Kuda nil adalah hewan darat terbesar kedua setelah gajah. Dia sering terlihat berkubang di sungai atau danau dan cenderung memilih daerah yang dekat dengan padang rumput. Kuda nil juga dikenal sebagai hewan yang berisik. Suara yang dikeluarkannya dapat mencapai hingga 115 desibel.

Volume ini sama dengan ketika kamu berada dalam jarak 4,6 meter dari pengeras suara. Bahkan, suara khas kuda nil dapat terdengar dari jarak lebih dari 1 kilometer. Kekuatan gigitannya adalah 1.800 psi.

6. Jaguar (Panthera onca)

Jaguar adalah hewan sejenis kucing besar yang tergolong dalam genus Panthera. Dia dikenal sebagai binatang pemangsa yang memiliki gigitan sangat kuat. Begitu kuatnya, hingga dapat menembus cangkang kura-kura dalam sekali gigit. Kekuatan gigitan jaguar adalah 1.500 psi.

7. Hiu Banteng (Carcharhinus leucas)

Hiu banteng disebut juga bull shark. Dia mempunyai lebih banyak gigi daripada spesies hiu lainnya. Seumur hidup giginya dapat tumbuh hingga sejumlah 50.000 gigi. Perlu ekstra hati-hati ketika mendekatinya karena dia tidak mudah diprediksi dan agresif. Kekuatan gigitannya adalah 1.350 psi.

Baca Juga  Ini Dia 6 Manfaat Mengajari Anak Menabung yang Harus Orangtua Ketahui
8. Gorila (Gorillas)

Gorila merupakan spesies kera terbesar di dunia yang berasal dari Afrika. Dia menggunakan kekuatan giginya untuk mengunyah dahan yang keras dan merobek kulit pohon. Ada dua subspesies gorila. Pertama, gorila yang hidup di pegunungan atau dataran tinggi Afrika, disebut gorila gunung. Kedua, gorila yang hidup di hutan-hutan belantara Afrika, disebut gorila dataran rendah. Kekuatan gigitan gorila adalah 1.300 psi.

9. Beruang Grizzly

Nama grizzly diperoleh dari bulu cokelatnya yang kadang-kadang punya ujung berwarna putih, terutama ketika terpapar sinar matahari. Tampilannya pun seperti beruban, alias grizzled jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Beratnya dapat mencapai 363 kilogram. Tingginya dapat mencapai 2,4 meter bila berdiri. Kekuatan gigitan beruang grizzly adalah 1.250 psi.

10. Beruang Kutub (Ursus maritimus)

Beruang kutub dapat ditemukan di sekitar Alaska, Kanada, Greenland, Norwegia, Rusia dan terkadang di Islandia. Beruang kutub dapat tinggal di daerah dingin berkat bulunya. Bulu-bulu tersebut membuatnya mampu bertahan di suhu minus 30 derajat celsius. Gigi taring beruang kutub dapat tumbuh hingga 5 sentimeter. Kekuatan gigitan beruang kutub adalah 1.235 psi.

11. Serigala (Canis lupus)

Secara umum, serigala dewasa memiliki tinggi 60 hingga 80 sentimeter dengan berat antara 23 hingga 59 kilogram. Serigala dikenal sebagai hewan yang sangat cerdas. Oleh karena itu, dalam buku cerita atau film, serigala digambarkan sebagai hewan yang licik dan cenderung jahat. Kekuatan gigitan serigala adalah 1.200 hingga 1.500 psi.

Itulah hewan-hewan dengan gigitan terkuat. Namun, jika T-Rex dan Megalodon masih ada, hewan-hewan tadi bisa “minder”, loh. Mengapa? Karena kekuatan gigitan T-Rex dan Megalodon benar-benar dahsyat! Kekuatan gigitan T-Rex adalah 35.000 psi lebih dan Megalodon 20.000 – 40.000 psi. Jangan pernah membayangkan digigit oleh mereka, ya! Akibatnya pasti sangat mengerikan!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya