by

Ini Dia 6 Manfaat Mengajari Anak Menabung yang Harus Orangtua Ketahui

Menabung merupakan tindakan serdehana yang diakui sulit dilakukan oleh beberapa orang. Alasannya juga sedikit runyam, lantaran kurang keterlatihan sejak kecilnya. Bagi kamu yang sudah pernah terlintas niat untuk mengajak anak menabung, namun kembali terhenti oleh karena adanya pemikiran bahwa akan lebih baik jika hal itu dilakukan oleh kamu selaku orangtuanya, maka tepat sekali bagi untuk memahami artikel ini. Yaitu tentang manfaat mengajari anak menabung di usia yang masih dini. Apa saja? Ini dia kelanjutannya!

1. Memotivasi Anak Budaya Hidup Hemat

Di era serba ingin beli ini, rasanya memotivasi anak akan budaya hidup hemat begitu sulit sekali ya. Belum lagi sedikit disenggol aneka barang-barang unik yang jelas tidak terlalu penting, anak tidak lagi memiliki kemampuan untuk bisa menahan rasa kemauan yang ia punya untuk segera memiliki.

Tidak disangka, banyak sekali kaum orangtua yang mengeluh, lantaran tidak sanggup mengelakkan ataupun menolak keinginan sang buah hati yang dicintai. Ujungnya, mau tidak mau uang harus dikeluarkan dan timbullah istilah pemborosan.

Memang, tidak ada salahnya jika orangtua memberikan hal yang dimaui sang anak. Terutama kalau selagi ada berkah. Akan tetapi, sangat baik sekali jika seandainya orangtua bisa memotivasi anak di usia dini, untuk terbiasa mempraktikkan hidup berbudaya hemat sampai ia dewasa nanti. Caranya juga tidak sulit.

Orangtua hanya perlu mengajarkan anak prinsip menabung, maka dengan sendirinya sang anak akan mengetahui betapa pentingnya memasukkan uang kedalam simpanan, ketimbang membelanjakannya untuk mainan.

2. Membentuk Pribadi Mandiri Bagi Anak di Usia Dini

Barangkali diantara kamu ada yang masih bertanya tentang bagaimana bisa menabung membentuk pribadi mandiri bagi anak di usia dini. Tidak masalah, wajar-wajar saja.

Baca Juga  Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Muda demi Kecerdasan Dialektika-nya

Jadi begini, ketika anak rajin menabung dan telah memiliki simpanan uang, maka untuk kebutuhan yang ia anggap butuh pengeluaran, akan ia usahakan sendiri menggunakan uang yang yang ia simpan. Sehingga anak tidak lagi meminta pada orangtua dan mulai berdikari sejak dini.

Inilah alasannya mengapa mengajarkan anak menabung bisa membentuk jiwa anak lebih mandiri di usianya yang masih dini.

3. Meningkatkan Jiwa Kesabaran Anak

Membahas seorang anak, tentu sudah pasti kestabilan emosinya tidak bisa terkendali ya. Terutama jika menyinggung soal kesabaran, aduh, tidak bisa disebutkan gimana rewelnya. Sedikit saja diminta menunggu, langsung senjata ampuh yang ia punya menghantam kita di keramaian.

Ya, apalagi kalau bukan menangis. Tapi jangan khawatir bun, meningkatkan jiwa kesabaran anak masih bisa kok di latih. Terlebih jika dia masih di usia dini, maka sangat mudah sekali untuk diarahkan ke hal-hal baik. Salah satunya dengan mengajarkan anak menabung.

Manfaat mengajari anak menabung tak lain ialah meningkatkan kesabaran sang anak. Dimana saat ia meyakinkan diri untuk menyimpan uang yang ia punya, maka ia juga telah meyakinkan diri akan menunggu waktu yang tepat sampai uang yang ia sisihkan siap untuk digunakan.

4. Membuat Anak Bijak Dalam Mengatur Keuangan

Kalau dipikir-pikir, tentu bagaimana mungkin anak kecil bisa berlaku bijak dalam mengatur keuangan, sedang anak dewasa saja masih kewalahan dan begitu payahnya untuk mengatur dan mengelola keuangan mereka.

Namun tidak bisa dipungkiri, sebab karakter dan pola pikir seseorang tidak selalu tentang usia. Melainkan tentang keterlatihan dan kemauan seseorang untuk diarahkan. Contohnya menabung.

Mengajarkan anak menabung sungguh sangat memberi sejumlah banyak manfaat. Yakni selain dari ketiga tadi, manfaat mengajarkan anak menabung juga telah membuat anak semakin bijak untuk mengatur keuangan.

Baca Juga  5 Cara Menenangkan Bayi Menangis menurut Islam yang Wajib Dicoba

Dimana dalam hal ini, anak yang diajarkan betapa pentingnya menabung akan memiliki pemahaman unggul, hingga mampu memisahkan jumlah uang yang ia butuhkan dengan jumlah uang yang perlu ia cadangkan.

5. Membuka Pola Pikir Anak Agar Lebih Menghargai Uang

Jika membaca poin kelima, kira-kira ada gak diantara kamu yang sudah tahu bagaimana maksud tujuannya? Kalau pun memang sudah, kita perjelas lebih dalam lagi ya, agar pemahaman kita tentang betapa pentingnya mengajarkan anak menabung pun lebih matang lagi kedepannya.

Jadi, ketika orangtua mengajarkan anak menabung, orangtua dalam hal ini tidak hanya membangun karakter hemat pada anak, melainkan juga membuka pola pikir sang anak supaya lebih nenghargai uang.

Yakni saat ia terbiasa menabung, ia menjadi terbiasa pula menghargai uang yang ia punya dengan tidak menghambur-hamburkannya pada hal yang kurang penting, apalagi yang tidak penting. Di luar itu, pola pikir yang ia miliki pun turut berbeda dan berdaya saing tinggi dari anak-anak lain yang ada di rentang usianya.

6. Memberi Pandangan Pada Anak Tentang Pentingnya Mencadangkan Uang

Hal terakhir yang menjadi manfaat dari mengajarkan anak menabung, ialah memberi pandangan pada anak tentang pentingnya mencadangkan uang.

Semisalnya saja para orangtua setiap hari mengarahkan anak untuk mau mencadangkan uang, bisa dipastikan sangat sukar sekali membuatnya mau terarah. Yang ada ia malah merasa bosan karena merasa dirinya yang kerap diingatkan sedemikan, adalah anak yang boros dan tidak pandai mengatur keuangan.

Maka dari itu, ketimbang kamu menghabiskan suara dengan hasil yang tidak optimal memuaskan, lebih baik kamu mengajarkan anak untuk menabung di rumah. Tidak harus di bank atau lain sebaiknya.

Baca Juga  Tips Meningkatkan Keterampilan Anak Dalam Hal Membaca

Menggunakan celengan juga bisa menjadi solusi yang kamu andalkan. Lewat menabung ini, anak akan terarah sendiri berdasarkan ketertarikannya untuk mengisi celengan yang ia punya hingga penuh dan menjadi padat.

Dan kamu sebagai orangtua, tidak lagi bersusah-susah memberi pandangan pada anak, dan ia juga tidak merasa tersinggung dengan hal yang kita ucapkan berulang-ulang. Sedemikian, terjalin pula hubungan kedekatan antara orangtua dan anak, tanpa menimbulkan selisih paham yang umum menghadirkan keretakan.

Wah, ternyata manfaat mengajari anak menabung ada banyak ya Bun. Kalau begitu tunggu apa lagi, yuk bina anak kesayangan kita menjadi anak yang gemar menabung!

Comment

Artikel Terkait