by

Ini Alasan Mengapa Harus Memiliki Pustaka Pribadi di Rumah

Ada beberapa alasan mengapa harus memiliki pustaka pribadi, sekalipun kita bukan termasuk golongan terpelajar dan intelektual apalagi mahasiswa. Alasan-alasan ini bersifat positif sehingga kepemilikan perpustakaan pribadi menjadi hal yang diharuskan, bahkan keniscayaan kalau memang ingin memiliki perkembangan diri yang bagus.

Perpustakaan pribadi tidak semata untuk menaikkan minat baca dan kecerdasan berpikir saja, tetapi juga ada beberapa alasan lain yang membuat kita harus memilikinya sekalipun kecil-kecilan. Nah, untuk mengetahui alasan-alasan tersebut silakan baca ulasan berikut ini sampai selesai ya sobat.

1. Sebagai Portofolio Diri

Orang yang intelek harus senantiasa melengkapi diri dengan hal-hal yang terkait dengan belajar dan pembelajaran serta hal yang berhubungan dengan literasi. Nah, kelengkapan inilah yang disebut dengan istilah portofolio yang suatu saat dibutuhkan untuk pengembangan karier ataupun profesi.

Memiliki perpustakaan pribadi dengan buku-buku yang berkualitas, juga termasuk portofolio diri yang bagus selain karya ilmiah serta sertifikat kegiatan. Bahkan dokumentasi perpustakaan pribadi bisa diikutsertakan, ketika ada permintaan pemberkasan kepegawaian untuk menambah poin atau nilai diri.

2. Untuk Menambah Wawasan

Setiap orang harus memiliki perpustakaan pribadi supaya bisa membaca lebih mudah, tanpa harus pergi ke perpustakaan umum yang lokasinya jauh dari rumah. Itu artinya, dengan adanya pustaka pribadi di dalam kamar, aktivitas untuk menambah wawasan juga semakin mudah yang implikasinya kecerdasan berpikir juga akan meningkat.

Maka dari itu, kalau Anda ingin memiliki anak yang berwawasan dan cerdas, disarankan untuk membangun pustaka pribadi lalu letakkan di sudut kamarnya. Setelah itu, pastikan perpustakaan mini tersebut berfungsi dengan baik dalam artian buku yang ada di dalamnya selalu dibaca oleh si kecil.

3. Karena Telah Menjadi Warisan yang Bernilai Manfaat

Tidak semua orang ditakdirkan menjadi orang kaya dan berharta sehingga bisa mewariskan harta yang mahal kepada anak-anaknya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa mewariskan buku kepada anak-anak yang dari segi nilai manfaat lebih bagus dan bermutu.

Baca Juga  Ketahui Cara untuk Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Agar Menjadi Lebih Produktif

Ada yang mengatakan kalau buku yang dibaca merupakan harta yang tidak akan pernah habis dibandingkan uang dan kendaraan. Tentunya ini dilihat dari nilai manfaat utamanya terkait dengan kecerdasan, yang akan terus bertambah seiring dengan rutinnya si anak membaca buku yang telah diwariskan kepadanya.

4. Untuk Merangsang Minat Baca

Tidak dimungkiri kalau minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, sehingga berefek pada tingkat kecerdasan masyarakat yang juga berkurang. Nah, perpustakaan pribadi seharusnya bisa menjadi solusi atas masalah tersebut, terutama bagi kalangan remaja yang di pundaknya dibebankan masa depan bangsa Indonesia.

Jika remaja sudah cinta membaca, apalagi sudah ada perpustakaan pribadi di kamarnya, tentu minat bacanya akan terus meningkat. Yang terpenting orang tua harus senantiasa memberikan motivasi agar minat tersebut tidak menurun, kalau perlu beri reward kalau anak berhasil membaca satu buku dalam waktu satu minggu.

5. Agar Desain Kamar Bertema Belajar

Dukungan terhadap minat belajar tidak hanya ditentukan oleh instruksi atau motivasi verbal semata, desain kamar yang mengusung tema belajar juga bisa meningkatkan minat tersebut. Nah, meletakkan pustaka pribadi dengan hiasan-hiasan yang unik juga bisa menjadi desain kamar bertema belajar yang penuh faedah.

Itu artinya, pustaka pribadi di kamar juga bisa menaikkan minat belajar orang yang tinggal di kamar tersebut, apalagi kalau posisinya diletakkan berdampingan dengan meja kerja yang dilengkapi komputer dan wifi. Dijamin kamar tersebut akan menjadi tempat “persembunyian” yang bagus yang akan menambah wawasan berpikir.

6. Pengeluaran yang Berfaedah

Salah satu alasan harus memiliki pustaka pribadi yang berikutnya, adalah sebagai bentuk pengeluaran berfaedah karena pustaka pribadi memiliki manfaat yang besar. Anda tidak percuma mengeluarkan uang jutaan untuk mengoleksi buku berkualitas dan rak mahal, karena sarana tersebut membuat Anda cerdas bahkan juga keluarga.

Baca Juga  Bagi Kamu yang Mudah Emosi, Begini Cara Melatih Kesabaran

Maka dari itu, daripada membelikan keluarga ponsel harga selangit, lebih baik belikan yang biasa dan prioritaskan untuk membangun sarana pustaka pribadi yang lengkap. Ini lebih berfaedah daripada sekadar HP, yang lebih sering digunakan bermain atau mencari hiburan saja, apalagi banyak konten negatif yang tidak ter-filter di dalamnya.

7. Demi Meningkatkan Kecerdasan Berpikir

Untuk meningkatkan kecerdasan berpikir ternyata tidak sulit yang terpenting ada minat membaca yang tinggi, serta ada dana untuk membangun pustaka pribadi di rumah. Jika semua koleksi buku sudah selesai dibaca, maka pasti ada peningkatan kecerdasan berpikir beberapa persen bahkan 100% dibandingkan sebelumnya.

Ini manfaat memiliki pustaka pribadi yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena faedahnya bagi pikiran memang sangat besar. Luar biasanya lagi kecerdasan tidak akan berkurang, selama Anda masih tetap membaca buku-buku tersebut berulang-ulang utamanya di waktu senggang.

8. Budaya Literasi Bangsa dimulai Dari Rumah

Jika ada yang mengatakan kalau budaya literasi bangsa dimulai dari sekolah maka anggapan tersebut kurang tepat, karena yang benar budaya literasi harus dimulai dari rumah. Konsep ini yang lebih efektif dan efisien, karena waktu masyarakat utamanya pelajar lebih banyak di rumahnya daripada di lembaga persekolahan.

Nah, rumah yang memiliki pustaka pribadi sejatinya rumah ideal untuk mengajarkan literasi sejak dini kepada anak. Jika setiap rumah di Indonesia mengusung konsep ini, tentu budaya literasi akan meningkat dengan sendirinya. Maka dari itu, sisihkan uang belanja sekarang juga yuk untuk membeli buku demi pustaka pribadi rumahan ya sobat.

Comment

Artikel Terkait