by

Ingin Lolos Tes TOEFL? Simak 9 Tips Lolos Tes TOEFL dan Mendapat Nilai Tinggi Ini!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu persyaratan untuk bisa lolos kuliah di luar negeri, entah itu dengan beasiswa maupun tidak, ialah dengan bisa memenuhi syarat kompetensi bahasa inggris.

Salah satu ujian umum yang bisa diikuti untuk kompetensi bahasa inggris ini, merupakan tes TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language.

Tujuan dari tes TOEFL sendiri ialah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan serta kefasihan dalam berbahasa inggris. Oleh karena itu, tak heran jika tes TOEFL menjadi salah satu tes dengan biaya termahal dengan tingkatan yang cukup sulit. Buat kamu yang ingin mengikuti tes TOEFL ini, berikut tips lolos tes TOEFL dan mendapat nilai tinggi.

1. Kenali Tes TOEFL dengan Baik

Tips lolos tes TOEFL dan mendapat nilai tinggi yang pertama, ialah dengan sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu tes TOEFL. Tes TOEFL ini mempunyai materi yang general, oleh sebab itu begitu penting buat kamu untuk mempelajarinya mulai dari dasar-dasarnya.

Materi TOEFL yang bisa kamu kenali ialah materi mengenai vocabulary, grammar, clause dan masih banyak lagi. Selain dari materi tes TOEFL, kamu juga harus mengetahui jumlah soal per sub bab dan berapa jumlah skor minimal yang harus kamu peroleh agar lolos. Dengan mengenal tes TOEFL ini bisa membantu kamu agar lebih siap lagi untuk menghadapi tes.

2. Mengikuti Kursus TOEFL untuk Persiapan

Buat kamu yang merasa kesulitan atau masih ingin memulai belajar TOEFL, kamu bisa memulai belajar kamu dengan mengikuti kursus TOEFL. Kamu bisa mengikuti kursus TOEFL ini di berbagai lembaga pendidikan yang membuka kursus.

Saat mengikuti kursus ini sebaiknya kamu bisa secara serius mengikuti pembelajaran, agar kamu mendapat hasil yang kamu inginkan. Jangan takut atau malu bertanya pada guru, pengajar, ataupun tentor mengenai hal-hal yang masih belum kamu ketahui, dan belajarlah untuk percaya diri walaupun mungkin kemampuan bahasa inggris kamu masih standar.

Baca Juga  14 Kiat Lejitkan Semangat Kerja Karyawan
3. Mempelajari Materi Dasar Tes TOEFL

Seperti yang telah dijelaskan pada poin awal tadi, setelah kamu mengetahui materi yang diujikan pada tes TOEFL, hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya ialah dengan mempelajari materi dasar dari tes TOEFL.

Kamu bisa mempelajari materi-materi dasar seperti alphabet, vocabulary, grammar dan lain sebagainya. Buat kamu yang kebingungan apabila belajar sendiri dan lebih suka jika diberikan penjelasan oleh orang lain, kamu bisa memilih untuk mengikuti kursus TOEFL.

Namun, apabila kamu merasa jika biaya tes TOEFL cukup besar dan kamu merasa mampu untuk belajar sendiri, kamu bisa mempelajari materi-materi tes TOEFL ini dari internet atau YouTube.

4. Rajin Latihan Soal-Soal Tes Toefl

Sembari kamu mempelajari materi dasar dari tes TOEFL, sebaiknya hal itu kamu imbangi dengan rajin berlatih soal-soal tes TOEFL dengan teratur. Semakin rutin kamu berlatih, maka semakin hafal juga kamu dengan materi yang sudah kamu pelajari. Selain bisa kamu dapatkan dari tempat kursus, soal-soal latihan tes TOEFL ini bisa kamu cari di internet.

5. Konsisten dan Bisa Memanajemen Waktu untuk Belajar

Belajar bahasa inggris ini pastinya tidak instan. Oleh karena itu, kamu harus bisa konsisten dan bisa memanajemen waktu dengan baik untuk belajar.

Semakin lama dan semakin matang persiapan kamu, maka kemampuan bahasa inggris kamu juga semakin bagus, maka kamu harus bisa memanajemen waktu kamu sebaik-baik mungkin. Gunakan waktu kamu sebaik mungkin untuk mempelajari tes TOEFL ini.

6. Latihan Listening

Listening atau mendengarkan merupakan salah satu dari sub tes TOEFL. Jika dibandingkan dengan sub tes lainnya, listening ini merupakan salah satu sub tes yang paling sulit, apalagi jika kamu tidak terbiasa dengan logat bahasa inggris yang diucapkan pembicara dalam suatu percakapan, sehingga kamu mungkin saja sulit memahami apa yang pembicara ucapkan.

Baca Juga  Berkesan Buat Temanmu, Ini 5 Ide Hampers Sidang Skripsi Buat Cewek

Oleh sebab itu, kamu harus banyak-banyak latihan listening. Salah satu latihan listening yang bisa kamu lakukan, ialah dengan sering mendengarkan lagu dengan lirik bahasa inggris atau dengan menonton film berbahasa inggris.

7. Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Salah satu langkah awal agar kamu bisa mengerjakan tes TOEFL ini ialah dengan memahami maksud soal-soal yang diberikan, tanpa mengerti maksud soal tersebut kamu pasti akan kesulitan dalam mengerjakan tes.

Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa kamu lakukan ialah dengan memperbanyak kosakata bahasa inggris kamu. Kamu bisa memulainya dengan memperbanyak membaca artikel, berita, buku-buku akademik, sampai dengan buku fiksi seperti novel yang berbahasa inggris. Hal ini berguna agar kamu bisa terbiasa dan cepat hafal dengan kosakata bahasa inggris tersebut.

8. Belajar untuk Skimming atau Membaca Cepat

Bukan hal yang tidak mungkin jika saat kamu mengerjakan sub tes reading, kamu akan menemukan bacaan-bacaan yang panjang, padahal waktu untuk mengerjakan tes tersebut tidaklah lama.

Lalu kira-kira bagaimana solusinya? Solusinya ialah kamu bisa belajar untuk membaca cepat atau skimming. Belajar skimming ini bisa kamu lakukan dengan sering membaca teks berbahasa inggris.

9. Dalam Sub Tes Menulis (Writing) Buat Poin Pentingnya Saja

Sub tes writing dalam TOEFL ini cukup banyak menyita waktu, karena digunakan untuk memikirkan isi tulisan beserta tata cara dan susunan penulisannya. Oleh karena itu, untuk menyiasati agar semua soal terjawab dan tidak kehabisan waktu, kamu bisa langsung membuat poin-poin penting dari jawaban yang akan kamu tulis.

Itu tadi tips lolos tes TOEFL dan mendapat nilai tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan pastinya kamu harus memiliki usaha yang besar. Oleh karena itu, jangan menyerah dan terus mencoba ya, Sobat!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait