by

Game Pendidikan Online untuk Si Kecil

Game pendidikan online adalah permainan menarik untuk anak-anak. Permainan semacam ini perlu diberikan daripada anak terus menonton video Youtube. Apalagi tidak semua konten bermanfaat bagi karakter dan mental si kecil. Justru iklan tidak senonoh membuat efek buruk bagi psikologinya.

game pendidikan online
game pendidikan online // popmama.com

Semua permainan pendidikan online bisa dimainkan secara gratis. Orang tua tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun sehingga sisa uang belanja bisa ditabung. Sekalipun demikian, manfaat permainan gratis ini sangat besar. Selain anak bisa giat belajar, kecerdasannya juga mumpuni.

Nah, terkait ilustrasi di atas, maka di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang game pendidikan digital atau online. Orang tua harus menyimaknya dan mengunduh permainannya untuk anak. Itu pun jika ingin memiliki anak yang pintar dan berkarakter. Jadi, silakan disimak, ini ulasannya:

1. Game Edukasi Hewan Laut

Game Edukasi Hewan Laut adalah game pendidikan online yang sangat menarik. Anak tidak hanya bermain tetapi juga belajar tentang nama-nama ikan, terumbu karang dan biota lainnya. Dijamin, anak tidak akan bosan memainkan permainan ini karena tampilannya penuh warna.

Permainan ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur gaming yang canggih. Selain ada fitur permainan tebak kata, tetapi juga ada tebak gambar, mewarnai, bermain puzzle hingga teka teki silang. Semua permainan ini diiringi oleh musik yang ceria sehingga semua anak selalu ingin memainkannya.

Game edukasi Hewan Laut bisa dimainkan secara gratis. Namun orang tua harus mengunduhnya dulu dari Play Store. Setelah itu instal di perangkat supaya aplikasi terpasang di android. Kalau sudah selesai baru game ini bisa dimainkan oleh si kecil.

2. Game Tantangan Matematika

Pelajaran matematika adalah pelajaran yang tersulit. Namun, jika belajarnya sambil bermain, tentu kesulitan tersebut bisa diatasi. Penyebab matematika sulit, terkadang karena gurunya terlalu tegang ketika mengajarkan ke siswa. Maka dari itu, perlu aplikasi permainan untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Saat Belajar di Rumah

Nah, game Tantangan Matematika adalah solusi bagi guru atau orang tua yang ingin mengajarkan matematika kepada anak. Dengan game ini, pelajaran matematika lebih menarik. Sebab, anak bisa belajar sambil bermain. Apalagi di dalam aplikasi ada video-video animasi yang menghibur.

Semua operasi hitung matematika ada di dalam game Tantangan Matematika. Orang tua bisa mengajarkan anak secara bertahap. Mainkan game penjumlahan terlebih dahulu, baru setelah itu belajar menghitung pengurangan, perkalian dan pembagian. Jangan lupa beri reward anak ketika berhasil menyelesaikan game dan jawabannya benar.

3. Game Buku Mewarnai Kerajaan Es

Game pendidikan online yang paling menghibur berikutnya adalah game Buku Mewarnai Kerajaan Es. Sesuai dengan namanya, game ini akan membantu anak untuk belajar mewarnai. Orang tua tidak perlu membeli alat-alat mewarnai, karena semua dilakukan di android.

Ketika membuka game, anak akan disuguhkan meja kerja. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat beberapa gambar cat yang bisa digeser dan dituang. Nah, cara memainkan game ini, anak tinggal melihat gambar di meja kerja.

Setelah itu, silakan tekan cat warna yang diinginkan dan jangan dilepas lalu gerakkan ke gambar. Setelah itu baru cat disapukan untuk memberikan efek warna.

Kalau masih belajar, anak bisa melihat gambar yang ada di sebelah kiri layar. Ini merupakan gambar yang sudah berwarna sedangkan yang di meja kerja adalah gambar yang masih hitam putih. Diinstruksikan saja untuk mewarnai sesuai gambar yang sudah selesai tersebut.

4. Game Belajar Membaca

Game Belajar Membaca cocok untuk si kecil yang masih balita. Sebab, di usia tersebut mereka pastinya masih sedang belajar membaca. Namun ini bukan permainan membaca biasa, melainkan membaca tuntas dari huruf sampai kalimat.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menulis di LintasHaba

Setiap kata yang dibaca pasti bersamaan dengan gambar objeknya. Anak tinggal menekan saja kata tersebut, maka gambar bentuk akan muncul di baliknya. Jadi, anak tidak hanya bisa membaca kata tetapi juga mengetahui apa sebenarnya bentuk dari bacaan.

Selain untuk belajar membaca game ini juga untuk anak yang ingin belajar menulis. Fiturnya juga telah disediakan lengkap dengan alat tulis digital yang terpasang di dalam permainan. Jadi, setelah anak membaca bisa langsung menekan tombol pensil lalu gerakkan seperti gambar huruf yang mereka baca.

5. Game Matematika Anak-Anak

Sesuai dengan namanya game Matematika Anak-Anak adalah permainan pendidikan. Tujuannya untuk meningkatkan semangat si kecil ketika belajar matematika sehingga materi yang katanya sulit menjadi lebih mudah. Maka dari itu, orang tua harus punya aplikasi ini di android.

Game Matematika Anak-Anak berisi berbagai kuis dengan semua operasi penghitungan. Ada kuis penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Semua latihan dikemas dengan menarik. Termasuk tampilan penuh warna serta ada musik yang mengiringi anak belajar.

Aplikasi permainan ini bisa diunduh untuk android spesifikasi kentang. Ponsel tidak akan rusak karena ukuran aplikasi tidak sampai 50 MB. Namun, untuk bisa memainkan game Matematika Anak-Anak, ponsel harus tersambung ke jaringan internet karena ini adalah permainan online.

6. Game Halo Anak

Game Halo Anak juga permainan edukasi yang populer. Anak pasti suka memainkannya apalagi tampilannya keren dan full color. Jika ada permainan ini, orang tua tidak perlu khawatir anak akan kecanduan Youtube karena ortu bisa mengalihkan kebiasaan buruk tersebut pada hal yang positif.

Di game Halo Anak terdapat banyak fitur permainan. Di antaranya bermain mewarnai, belajar membaca suku kata, tebak aksara dan abjad, serta ada kuis dan puzzle. Semuanya bisa dipelajari si kecil tanpa ia harus memutar otak. Sebab, semua permainan dikemas dengan begitu mudah.

Baca Juga  5 Tips Memilih Kampus yang Tepat untukmu!

Demikianlah beberapa game pendidikan online yang harus diunduh orang tua di ponsel. Permainan ini pula yang akan menjadikan otak anak lebih cerdas. Lebih jauh dari itu, karakter dan mental si kecil juga akan jauh lebih baik.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait