by

Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak Muda demi Kecerdasan Dialektika-nya

Teknik atau cara menumbuhkan minat baca anak muda sejatinya sangat mudah. Namun, semua cara ini harus direalisasikan supaya tidak menjadi isapan jempol semata. Oleh sebab itu, penting kiranya cara-cara ini diperkenalkan kepada pembaca.

Tidak dipungkiri, minat baca yang tinggi akan membuat remaja semakin cerdas. Mereka juga akan mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain. Oleh sebab itu, demi melihat pentingnya fungsi membaca, maka silakan ikuti cara menaikkan minat baca berikut ini:

1. Belikan Buku Bacaan yang Ringan namun Menarik

banyak buku lama berturut-turut - reading book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara menumbuhkan minat baca anak muda yang pertama, adalah silakan belikan mereka buku bacaan yang ringan namun menarik. Maksud ringan di sini ialah, buku bacaan yang tidak memerlukan proses berpikir jelimet hanya untuk mengerti makna dari bacaan. Sedangkan yang dimaksud menarik adalah buku yang sekiranya tidak membuat anak remaja merasa bosan.

Oleh karena sasaran cara pertama ini adalah anak remaja, tentu yang harus mempersiapkan buku bacaan adalah orang tuanya. Pasalnya, si remaja masih belum berpenghasilan sedangkan harga buku yang original alias bukan bajakan biasanya cukup mahal.

2. Pasang Target Membaca Harian se-Ringan Mungkin

gadis kecil yang lucu memegang buku di tangan dan sedang membaca buku. ilustrasi vektor dalam gaya datar - reading book ilustrasi stok

Untuk menumbuhkan minat baca, jangan langsung memaksa remaja untuk membaca satu buku setiap hari. Jika cara semacam ini yang dipakai, tentu keesokan harinya si remaja tidak mau lagi untuk membaca sekalipun dipaksa dengan cara apapun.

Oleh sebab itu, silakan pasang target membaca harian tetapi seringan mungkin. Misal satu hari harus membaca minimal 3 lembar saja. Keesokan harinya baru dilanjutkan ke 5 lembar dan seterusnya. Cara-cara bertahap semacam ini tetap efektif apalagi jika buku yang dibaca memang menyenangkan.

Baca Juga  Cara Mengatasi Suara Laptop Pecah: Wajib Dicoba nih!
3. Lakukan Teknik Membaca Bersama Reward

close-up tangan perempuan memegang buku terbuka di atas meja kayu - reading book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika ingin menumbuhkan minat baca anak remaja, orang tua maupun guru harus memberikan tauladan membaca yang bagus. Hal ini bisa ditunjukkan dengan cara membuat program membaca bersama yang dilakukan secara bertahap namun konsisten.

Lebih baik lagi kalau program membaca bersama disertai dengan pemberian reward, minimal untuk remaja yang bisa menyimpulkan materi dari buku yang dibaca. Ini bukan semata agar ada keinginan kebendaan sehingga anak remaja pingin membaca, tetapi cuma untuk memberikan kesan pertama pada buku bacaan, dan pasti suatu saat semangat membaca remaja tetap akan bangkit sekalipun tidak diberi hadiah.

4. Ajak Remaja Rekreasi untuk Membaca

wanita duduk di tepi sungai dan membaca buku - reading book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sepertinya tidak ada remaja yang tidak suka rekreasi atau berjalan-jalan. Bahkan, mereka akan rela meninggalkan ponsel, asalkan dibawa jalan-jalan ke tempat yang indah dan tentunya ponsel tidak boleh dibawa ke tempat itu.

Nah, coba manfaatkan hal ini dengan melakukan rekreasi tetapi untuk membaca. Artinya, sekalipun singkat, remaja tetap membaca buku di pinggir pantai atau di taman. Ini juga langkah yang bagus untuk meningkatkan minat baca sekaligus mengurangi kecenderungan remaja pada HP.

5. Mari Terapkan Slogan “Suka Baca Uang Saku Bertambah”

Kalau melihat esensi dari fungsi membaca yang sangat mencerdaskan, maka meningkatkan semangat membaca anak remaja sejak dini merupakan hal yang perlu diperhatikan. Bahkan, tidak berlebihan jika untuk merealisasikan hal tersebut, remaja harus diberikan imbalan terlebih dahulu.

“Suka baca Uang Saku Bertambah”, adalah slogan yang bisa diterapkan oleh orang tua agar anak remajanya lebih giat membaca. Semakin sering anak membaca maka otomatis otaknya akan semakin sehat. Otomatis, membaca akan menjadi candu bagi mereka dan di kala itu, si orang tua bisa menarik kembali slogan di atas.

Baca Juga  Ini Dia 5 Langkah Memanajemen Kelas yang Benar
6. Intruksikan Baca E-Book, Baru Main Ponsel

tangan memegang ponsel pintar dengan ikon buku ditampilkan. - reading e-book ilustrasi stok

Sekarang ini, ketergantungan remaja kepada ponsel memang sangat besar. Tidak dipungkiri, kecenderungan inilah yang sejatinya ikut menjadi penyebab hilangnya minat baca remaja. Ironis memang, apalagi remaja tentu tidak akan mau untuk melepaskan Hp-nya sekalipun sudah diintruksi dengan keras.

Untuk menyiasatinya, silakan perbolehkan remaja bermain Hp dengan ketentuan harus membaca E-book terlebih dahulu minimal selama 20 menit. Remaja harus mau jika tidak, maka silakan ambil ponsel dengan konsisten dan tegas. Nah, bagi orang tua sendiri, tentu harus mengunduh e-book sebanyak-banyaknya agar remaja tidak bosan.

7. Agendakan Program Membaca untuk Siswa (PMS)

anak laki-laki bijaksana melihat ke atas dan bermimpi, tumpukan buku, latar belakang putih - reading student potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Program Membaca untuk Siswa atau PMS adalah satu gerakan literasi yang bertujuan untuk menaikkan minat baca remaja. Yang harus menjadi penggagas kegiatan ini adalah kepala sekolah atau waka kesiswaan bersama para guru Bahasa Indonesia.

Berikan program PMS di waktu-waktu yang tepat seperti setiap akhir pekan atau minimal 5 menit pertama di waktu istirahat. Jika ingin lebih maksimal dan menyenangkan, siswa remaja harus menulis ulang materi yang dibaca dengan menggunakan bahasa sendiri lalu dibaca di depan teman-temannya.

8. Buat Pustaka Pribadi di Kamar

pustaka privat - personal library potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Cara menumbuhkan minat baca anak muda yang terakhir untuk menumbuhkan minat baca remaja adalah dengan membuat pustaka pribadi di dalam kamar. Anak remaja pasti lebih bersemangat untuk membaca jika di dalam kamar tidurnya terdapat jejeran buku yang menarik dan bagus.

Maka dari itu, orang tua yang memiliki anak remaja hendaknya memiliki rencana untuk membeli buku setiap bulan. Memang harganya agak mahal, tetapi tentu sebanding dengan kecerdasan si anak yang akan diterimanya kelak. Jadi, tidak mengapa mengorbankan Rp100.000 setiap bulan, jika toh anak akan menjadi remaja yang cerdas dan intelek.

Baca Juga  Tips Lulus Magang: Buat Kamu yang Mau Daftar Magang Merapat Yuk!

Itulah beberapa cara menumbuhkan minat baca anak muda atau remaja yang perlu diketahui oleh orang tua maupun guru. Semoga apa yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi sebuah pencerah agar semua anak remaja benar-benar memiliki pengetahuan komplit tentang dunia.

Sumber Gambar: istockphoto

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait