by

Cara Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Supaya Mudah Dimengerti

Bahasa Inggris merupakan bahasa tuntutan yang diharapkan mampu dikuasi oleh setiap orang. Sayangnya, lancar berbahasa Inggris seakan menjadi tantangan besar yang harus diberikan orangtua kepada anaknya.

Walau yang sebenarnya, mengajarkan anak berbahasa Inggris sungguh tak sesulit yang kamu pikirkan. Tidak selalu harus menyekolahkannya secara khusus, melainkan hanya dengan beberapa langkah tindakan yang cukup sederhana.  Oleh karena itu, berikut adalah langkah serdehana, yang dapat kamu lakukan agar anak dapat menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

1. Mengajarkan Bahasa Inggris Sejak Dini

Mengajarkan bahasa Inggris sejak dini merupakan langkah efektif yang mampu membuat anak paham dengan baik dalam berbahasa Inggris.

Bagi seorang anak, akan sangat baik diperkenalkan berbahasa Inggris. Mengajarkan bahasa Inggris tentu saja dipengaruhi oleh batasan umur. Dan bagi anak kecil, umur yang baik untuk mengajarkannya ialah di sekitar umur 2 tahun.

Wah mengapa harus di umur tersebut? Pada umur 2 tahun, seorang anak akan senantiasa berusaha, untuk memaksimalkan diri agar mampu membangun komunikasi dengan orang tua. Dan di umur inilah anak belajar tentang bagaimana cara, supaya ia dapat mengerti dan juga memahami, apa yang sedang orang tua mereka katakan dan bagaimana cara untuk meresponnya.

Proses tahap ini sama halnya ketika kamu mencoba mengajak anak berbicara dengan memakai bahasa Indonesia. Dimana mereka akan mencoba mendengar dan memaknai tiap hal yang orangtua mereka katakan.

Sehingga, ajaklah si kecil berkomunikasi, dengan menggunakan kosa kata bahasa Inggris yang kamu miliki. Terutama jika kamu memiliki kemahiran dalam berbahasa Inggris, hal ini sangat cocok kamu lakukan, agar si kecil kelak mampu menguasai bahasa Inggris, aktif dalam berbahasa Inggris, hingga lancar berbahasa Inggris.

2. Media Buku dan Video

Memberikan anak tontonan berbahasa Inggris, seperti kartun dan film anak, atau sesuatu yang lain yang masih sejenis dengannya, tentu saja akan membantu anak agar aktif dalam berbahasa Inggris.

Terutama jika anak gemar menonton, maka tepat sekali bagi kamu untuk memberi tontonan berbahasa Inggris kepada anak. Selain dapat membuatnya terhibur, juga dapat membantu anak dalam menumbuhkan pemahaman akan penggunaan bahasa Inggris. Yakni, ia menjadi tahu dan mengerti akan apa maksud dari percakapan yang ada di video yang ia tonton.

Pemahaman bahasa Inggris ini pun diperoleheh anak, dari penggambaran suasana yang sedang berlangsung pada video yang ia tonton. Namun, tak hanya video saja, memberikan buku cerita seperti komik atau lain sebagainya, yang menggunakan bahasa Inggris juga dapat menjadikan anak aktif dalam berbahasa Inggris.

Namun berbeda dengan video, pemberian buku berbahasa Inggris tentu saja harus di dampingi oleh orangtua atau siapapun yang dapat menerjemahkan bahasa Inggris tersebut.

Mengapa? Karena anak usia dua tahunan, umumnya masih sulit membaca, sehingga yang ada pada imaginasinya hanyalah berupa penggambaran suasana, tanpa pemahaman dari tulisan berbahasa Inggris yang ada pada buku.

Nah, kedua hal ini jelas telah menjadi solusi, yang kamu dapat gunakan pada dua fungsi. Tak lain tugas rumahan yang kamu harus lakukan menjadi selesai, dan anak yang kamu tinggalkan sementara menjadi mandiri dalam belajar bahasa Inggris sendiri.

3. Melalui Permainan


Permainan merupakan hal yang paling disenangi oleh anak kecil. Berbagai jenis rintangan maupun kesulitan yang harus di selesaikan dalam sebuah permainan, telah memancing emosional anak untuk menuntaskan sebuah permainan yang mereka mainkan.

Mengajarkan anak dalam berbahasa Inggris, tentu saja tidak selalu konstan harus mengajarkannya secara langsung. Dengan menggunakan permainan pun, kamu juga dapat membuat anak aktif dalam berbahasa Inggris. Caranya juga tidak begitu sulit. Cukup gampang dan sangat sederhana. Ya, hanya dengan memasangkan sebuah nama dengan benda yang dikenai bahasa Inggris tersebut.

Jadi dalam permainan ini, anak akan berusaha untuk bisa mencapai titik benar dalam memasangkan bendanya. Ketika menyelesaikan permainan inilah, anak mula belajari menghapalkan suatu kosa kata berbentuk benda dan turut mengenali jenis benda yang bersesuaian dengan kosa kata bahasa Inggris yang dihapalkannya.

4. Belajar

Berbeda dengan cara yang lainnya, cara yang satu ini justru tertuju lurus secara langsung untuk mengajarkan anak. Memang, cara ini membuat anak sedikit merasa bosan. Akan tetapi jangan khawatir ya, agar anak tidak gampang merasa bosan ketika belajar, kamu bisa memperhatikan waktu belajar yang tepat untuk anak. Jangan rutin dan jangan pula jarang.

Sesuaikanlah berdasarkan pertimbangan atau perhitungan yang telah kamu perkirakan, sebagaimana dia tidak akan tertinggal dan merasa kesulitan untuk belajar di kemudian dan tidak akan merasa dipaksakan.

5. Memperdengarkan Lagu

Mendengar lagu merupakan suatu hal yang paling menggembirakan bagi seorang anak. Saat musik diputar, anak akan senantiasa bergoyang melenturkan badan, dan mengikuti alunan musik yang mereka dengarkan.

Kesibukan yang dimiliki oleh orangtua dalam membutuhi kebutuhan serta untuk melancarkan kegiatan aktivitas, telah membuat orangtua kesulitan dalam menjaga anak, bahkan tidak dapat menyisakan waktu dalam f-timing.

Hingga keinginan dalam mengajarkan anak berbahasa Inggris harus terlewatkan begitu saja. Pada keadaan inilah, orangtua memilih untuk memutar beberapa musik agar anak sedikit sibuk dengan dirinya menunggu orangtua selesai melakukan aktivitas rumahan, dan mengabaikan waktu untuk mengajarkannya berbahasa Inggris.
Kalau begini sih boleh-boleh saja.

Namun, tanpa kamu sadari, memberikan musik pada anak, tidak hanya membuatnya sedikit tenang, akan tetapi juga bisa membuatnya belajar bahasa Inggris, yaitu dengan memutarkan lagu bahasa Inggris kepada anak.

Nah, kalau begini, dua tujuan pun akan tercapai sesuai rencana tentunya. Tugas yang harus kamu kerjakan akan menjadi selesai tanpa terkendala, dan anak yang kamu tinggalkan sementara turut belajar dalam memahami bahasa Inggris dengan logika yang dimilikinya.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengajarkan anak berbahasa Inggris. Jadi, saat anak nanti mulai bersekolah, ia pun akan lebih mudah dalam mengikuti materi pembelajaran yang sedang ia tekuni.

Kemampuan berbahasa Inggrisnya pun akan lebih terlihat berbeda dengan yang lainnya. Disisi lain, anak pun menjadi lancar berbahasa Inggris sesuai dengan yang kamu harapkan.

Baca Juga  Referensi Kado Pernikahan: Cocok untuk Diberikan Pada Pengantin Baru

Comment

Artikel Terkait