by

Cara Memperoleh IPK Tinggi: Simak Buat Kamu Para Mahasiswa

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan suatu istilah yang tidak asing bagi para mahasiswa, pasalnya IPK ini merupakan nilai akhir yang mahasiswa dapatkan selama ia kuliah, istilahnya IPK merupakan nilai Ujian Nasional/UN bagi SD, SMP dan SMA.

Bagi sebagian orang IPK ini merupakan sesuatu yang penting, oleh karena itu mereka begitu bekerja keras untuk bisa mendapatkan IPK yang tinggi. Nah, buat kamu yang ingin IPK kamu tinggi, berikut ini cara memperoleh IPK tinggi!

1. Maksimalkan Memperoleh IPK yang Memuaskan di Semester Pertama

Cara memperoleh IPK tinggi yang pertama, ialah dengan memaksimalkan perolehan IPK yang begitu memuaskan saat semester awal. Hal ini dikarenakan semester awal inilah yang menentukan apakah di semester selanjutnya kamu bisa mudah atau lebih sulit untuk mengejar IPK tinggi.

Apabila di semester awal kamu berhasil memperoleh IPK yang tinggi, maka bisa dijamin jika semester selanjutnya kamu akan lebih mudah untuk kembali meraih IPK yang tinggi tersebut, begitu sebaliknya apabila kamu saat semester awal IPK kamu sudah jeblok, tidak menutup kemungkinan jika semester selanjutnya kamu akan ngos-ngosan dalam mengejar IPK.

2. Pahami Persentase Penilaian

Setiap perguruan tinggi pasti menentukan persentasi penilaian yang berbeda-beda, ada perguruan tinggi yang menitikberatkan penilaian berdasarkan hasil sidang skripsi atau berdasarkan masalah absensi. Dengan memahami persentase penilaian ini, kamu bisa lebih memfokuskan diri untuk mengejar aspek penilaian yang memiliki persentase terbesar.

3. Aktif untuk Masuk Kelas

Pastinya seorang dosen sangat menyukai mahasiswanya yang disiplin. Disiplin di sini salah satunya ialah termasuk perilaku aktif untuk masuk kelas.

Apabila kamu ada absen, sebaiknya absen tersebut dikarenakan hal-hal yang mendesak, seperti absen karena sakit contohnya. Sebagian besar dosen juga menilai mahasiswanya berdasarkan keaktifannya masuk kelas. Selain itu, dosen juga menyukai mahasiswa yang selalu tampil bersih dan rapi saat berada di dalam kelas.

Baca Juga  7 Inspirasi Outfit Outer Hijab Agar Semakin Fashionable
4. Aktif saat Pembelajaran di Kelas

Semua tenaga pendidik, khususnya guru maupun dosen pastinya begitu senang jika anak didiknya bisa aktif selama pembelajaran di kelas.

Hal ini dikarenakan dengan aktif belajar di kelas ini bisa sebagai penanda jika kamu serius dalam mengikuti pembelajaran. Aktif mengikuti pembelajaran di kelas ini juga bisa dilihat dari sering atau tidaknya kamu saat dosenmu memberikan pertanyaan.

5. Rajin dalam Belajar serta Membaca

Rajin pangkal pandai, pepatah ini memang benar adanya. Dengan rajin belajar dan membaca bisa membantu kamu dalam menguasai pembelajaran.

Selain itu, dengan menguasai materi inilah kamu bisa mengajukan pertanyaan pada dosen, menjadi lebih mudah dalam memahami materi kuliah, tidak takut pada dosen karena sudah memahami materi perkuliahan dan lain sebagainya. Agar harapanmu untuk memperoleh IPK tinggi ini terkabul, kamu bisa memulai dari sekarang untuk rajin belajar.

6. Disiplin untuk Mengerjakan dan Mengumpulkan Tugas Kuliah

Selain disiplin untuk masuk kelas, dosen juga suka dengan mahasiswanya yang disiplin dalam mengerjakan serta mengumpulkan tuags kuliah.

Biasanya dosen akan memberikan nilai yang cukup tinggi untuk mahasiswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu, dan akan memberikan pengurangan nilai untuk mahasiswa yang mengumpulkan tugasnya lewat dari tanggal atau jam deadline yang seharusnya.

7. Rajin Mencatat saat Pembelajaran

Saat ini mahasiswa sedang dimanjakan dengan adanya teknologi-teknologi yang canggih seperti ponsel dan laptop, sehingga mereka merasa jika tidak perlu untuk menulis materi kuliah di kertas lagi.

Padahal mencatat ini memiliki banyak keuntungan, di antaranya ialah karena tangan aktif bekerja saat menulis, otomatis mata dan otak membaca serta memahami materi tersebut.

Selain itu, tak jarang saat UTS atau UAS dosen banyak membuat soal dari materi-materi yang telah ia jelaskan pada mahasiswanya, sehingga tak heran jika kamu tidak menemukan jawaban dari pertanyaan dosen kamu, karena apa yang ia sampaikan merupakan apa yang ia pertanyaan pada saat UTS atau UAS.

Baca Juga  Ini Lho Cara Membangun Hubungan Sehat Bersama Teman, Keluarga Maupun Pasangan
8. Memilih dan Bergaul Bersama dengan Teman yang Memberikan Dampak Positif

Cara memperoleh IPK selanjutnya bisa kamu lakukan dengan memilih serta bergaul, dengan teman-teman yang memberikan dampak positif untuk kamu.

Contohnya seperti ini, jika lingkar pertemananmu merupakan anak-anak rajin dan merupakan pejuang IPK tinggi, maka tidak mungkin kamu akan terseret mengikuti langkah mereka untuk menjadi sosok yang rajin.

Begitupula sebaliknya jika lingkar pertemananmu begitu toxic, maka kamu malah bisa ikut menjadi sosok yang toxic atau malah kamu menjadi merasa lelah dan sakit hati menghadapi orang-orang yang begitu toxic. Oleh sebab itu, segera jauhi teman toxic dan bergaullah dengan teman-teman yang memberikan dampak positif untuk kamu.

9. Paham dengan Karakter Dosen

Setiap dosen pastinya memiliki kriteria penilaian yang berbada-beda pada mahasiswanya. Ada dosen yang menyukai mahasiswa yang rajin, berpenampilan rapi, dan wangi tentunya.

Namun, ada juga dosen yang paling tidak menyukai jika ada mahasiswanya yang seenaknya sendiri dalam mengumpulkan tugas.

Dengan memahami tiap karakter dosen inilah, kamu bisa tahu kira-kira kamu harus menghindari sifat yang mana dan kamu harus memupuk sifat, yang mana untuk membuat dosen minimal tidak marah.

10. Manajemen Waktu yang Baik

Semua akan sia-sia jika kamu tidak bisa mengatur waktumu dengan baik. Kenapa? Sebab, dengan manajemen yang baik kamu bisa melaksanakan step-step untuk memperoleh IPK tinggi dengan baik dan tepat sasaran.

Buat kamu yang ingin membuat jadwal kegiatan, kamu bisa menyeimbangkan waktu kalian dengan baik. Kamu bisa membagi untuk diri sendiri, bersosialisasi dengan banyak orang dengan  dan juga kuliah umum.

Itu tadi cara memperoleh IPK tinggi. IPK yang tinggi ini bisa digunakan untuk mengurus basker imnamoes.

Comment

Artikel Terkait