by

Berikut Tugas-Tugas Kepala Sekolah yang Sangat Penting untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan

Kepala sekolah adalah sosok terpenting di dalam lembaga persekolahan. Bahkan mungkin tanpanya, unsur yang berada di bawahnya akan bekerja asal-asalan alias bekerja tidak sesuai dengan rencana dan target yang dicanangkan.

Terkait hal tersebut, sejatinya memang ada tugas-tugas kepala sekolah yang sangat penting dan bisa menjadi syarat kemajuan dari sekolah tersebut.

Keberadaan tugas-tugas ini bisa dijadikan alat untuk mematahkan pernyataan kalau kepala sekolah “tidak ada kerjanya”. Sekalipun tidak dimungkiri, ada beberapa oknum Kepsek yang memang kerjanya hanya “ongkang-ongkang kaki saja”. Mungkin, hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan Kepsek tersebut terhadap tugas-tugasnya.

Pada kesempatan kali ini, akan coba dijabarkan tugas penting kepala sekolah. Silakan bagi Anda yang berminat menjadi Kepsek, atau memang telah menjadi kepala sekolah membaca artikel ini sampai selesai. Dan ini ulasan selengkapnya:

1. Mengevaluasi Guru

Tugas kepala sekolah yang terpenting ialah mengevaluasi guru beserta pegawai tata usaha. Kegiatan evaluasi ini perlu dilakukan untuk menilai sejauh mana kinerja bawahan, serta apakah kinerja tersebut telah mengarah pada tujuan pendidikan di sekolah tersebut. Tanpa evaluasi, mungkin guru tidak akan bekerja maksimal atau lengah terhadap tugas-tugasnya dikarenakan tidak adanya penilaian.

Jika proses evaluasi kepala sekolah tidak maksimal apalagi sampai ditiadakan, itu sama saja menjadikan laju sekolah seakan tanpa arah. Akhirnya, jangankan tujuan yang akan tercapai, yang ada justru pekerjaan akan banyak yang terbengkalai, guru pun malas untuk meningkatkan kualitas mengajarnya.

Esensi evaluasi ialah untuk mengetahui masalah-masalah yang muncul dalam setiap program dan kegiatan. Nah, pihak kepala sekolah bisa membantu mencarikan solusi, sekaligus memberikan punishment jika ada guru yang ditemukan melakukan tindakan indisipliner. Sedangkan kalau menemukan keberhasilan, kepala sekolah tidak boleh segan untuk memberikan reward atau hadiah.

Baca Juga  Bosan Lihat Keadaan Kamar Kos Begitu-Begitu Saja? Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos yang Bikin Nyaman
2. Mengajukan Program-Program Eksklusif Sekolah

Seorang kepala sekolah tentunya harus memiliki program-program sekolah, yang bisa diajukan secara khusus kepada bawahannya. Itu artinya, seorang kepala sekolah juga harus berpikir tentang program apa yang terbaik untuk lembaganya, di luar program yang telah digarap oleh wakil kepala sekolah.

Jika seorang kepala sekolah menemukan kegiatan yang bagus, maka segera lakukan koordinasi dengan wakil kepala sekolah, supaya program tersebut direalisasikan secepatnya. Kalau perlu, kepada sekolah mengagendakan rapat dadakan jika dirasa program tersebut sangat penting untuk kemajuan sekolah.

Kalau kepala sekolah memiliki integritas semacam ini, tentunya seluruh bawahan akan segan dan patuh. Paling tidak, mereka akan beranggapan kalau kepala sekolah telah menjemput bola dan tidak harus menunggu wakasek, guru maupun TU untuk melahirkan program sekalipun itu bagian dari tugasnya.

3. Menyetujui Program Terbaik untuk Sekolah

Menyetujui program terbaik untuk sekolah merupakan tugas-tugas kepala sekolah. Sedangkan yang membuat program mentah adalah Wakasek, TU dan Guru. Itu artinya, seorang kepala sekolah tidak boleh menolak program yang diusulkan, jika program tersebut memang bagus serta murni untuk kepentingan sekolah.

Jangan mentang-mentang kepala sekolah, lalu tidak memakai program usulan bawahan. Padahal, jika dibandingkan program kepsek sendiri, program guru atau TU jauh lebih bermanfaat. Terkadang, seorang kepsek tidak bisa lepas dari otoritarian semacam ini. Dan tidak dimungkiri, sifat semacam ini yang membuat hubungan antara kepala dengan bawahan menjadi tidak harmonis.

Oleh sebab itu, jadilah kepala sekolah yang bijaksana. Setujui semua program bawahan jika memang bagus dan berkualitas. Jika pun memang ada dua program yang sama baiknya, rembuk dengan itikad baik untuk memilih salah satu program yang lebih mendesak untuk dikerjakan.

Baca Juga  Tanpa Suplemen! Ini 6 Cara Gemukkan Badan Tanpa Harus Memaksakan Diri
4. Memanajemen Sekolah

Tugas kepala sekolah yang paling utama ialah memanajemen sekolah dengan baik. Termasuk bisa menempatkan pegawai di jabatan tertentu sesuai dengan bakat dan keahliannya. Jika, untuk urusan ini saja, kepala sekolah tidak bisa memilih dengan tepat, maka bukan hal yang luar biasa kalau ada jabatan yang diberikan kepada orang yang bukan bidangnya.

Jangan harap sekolah bisa maju, kalau konsep seperti ini yang dipakai oleh kepala sekolah. Yang ada adalah sebaliknya, program sekolah tidak akan berjalan sehingga indikasi yang muncul, sekolah hanya sebatas buang-buang uang negara saja.

Jika membaca ulasan ini, tentunya, seorang kepala sekolah harus memiliki pengetahuan terkait manajemen sekolah yang memadai. Sehingga, ilmu tersebut bisa Kepsek terapkan ketika melakukan aktivitas memanajemen lembaga yang diampunya. Jangan lupa, kepala sekolah juga harus memasukkan kegiatan evaluasi untuk menilai, apakah manajemen yang dijalankan sudah tepat atau tidak.

5. Memperhatikan Kesejahteraan Guru Non PNS

Seorang kepala sekolah yang baik pasti sadar, kalau guru non PNS di sekolahnya memiliki andil yang sama dengan guru PNS dalam rangka memajukan lembaga pendidikan yang diampu. Oleh sebab itu, kesejahteraan guru kategori ini juga harus diperhatikan termasuk menjadikannya prioritas ketika ada bantuan-bantuan dari pemerintah.

Uniknya, di beberapa lembaga sekolah, kepala sekolah sampai rela mengeluarkan biaya pribadi atau urunan antara guru-guru PNS, untuk dijadikan honor tambahan bagi guru dan karyawan non PNS. Ini merupakan solusi sukarela yang bisa dijadikan alat untuk mencegah terjadinya kesenjangan sosial di dalam sekolah.

Secara idealisme, guru PNS harus mampu mengajar dengan profesional disebabkan oleh kesejahteraan yang telah terjamin. Namun secara moral, guru non PNS juga akan melakukan hal yang sama kalau kesejahteraannya juga dinaikkan sekalipun mereka sadar, kalau dari nominal, masih berada di bawah nominal gaji guru PNS. Ini juga harus dibaca dan diperhatikan oleh kepala sekolah.

Baca Juga  3 Obat Alami Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Tugas-tugas kepala sekolah yang telah disebutkan di atas harus benar-benar dijalankan dengan maksimal. Sebab, tugas itulah yang akan menjadi penyebab majunya sebuah lembaga yang ditandai oleh tingginya kualitas guru, TU beserta output siswa. Jadi, bisa dikatakan masih belum siap disebut sebagai kepala sekolah, jika tugas-tugas di atas masih belum bisa diampu dengan baik.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait