by

Bahasan Seputar Esai Hingga Cara Penulisannya yang Mudah!

Hai Sobat LintasHaba, kembali lagi nih dengan artikel terkait tulisan tapi kali ini ada yang berbeda loh, sebab kita akan membahas seputar Esai. Pasti para Sobat LintasHaba, sudah pernah setidaknya satu kali dalam hidup ini untuk membuat Esai. Entah itu karena tuntutan tugas atau pun untuk mengikuti perlombaan dan sebagainya.

Tapi, meski sudah pernah membuatnya banyak dari sebagian orang masih belum mengetahui tentang apa itu Esai yang sebenarnya. Secara singkat, Esai digunakan untuk menyampaikan tulisan berisi pendapat yang berdasarkan fakta atau pun hasil analisis, serta interpretasi untuk menghasilkan sebuah karya baru.

Jadi, untuk lebih memahami apa itu Esai, yuk simak bahasan seputar Esai di bawah ini!

> Pengertian

“Esai” adalah istilah longgar untuk tulisan yang menegaskan pendapat penulis tentang suatu topik, baik akademis, editorial, atau bahkan humor. Sebenarnya Sob, ada seribu pendekatan berbeda untuk menulis esai serta sejuta topik berbeda untuk dipilih, tetapi apa yang sering kita temukan adalah bahwa penulisan Esai yang baik cenderung mengikuti kerangka kerja yang sama loh.

Esai juga dapat dikatakan sebagai tulisan yang berfokus dalam proses pengembangan ide atau argumen, yang menggunakan bukti, analisis dan teknik interpretasi. Oya, Esai ternyata secara tidak langsung bisa saja atau pernah menyimpang, dan masuk ke garis singgung terkait mengenai isu yang dibahas, tetapi tulisan ini akan selalu kembali ke satu ide inti dalam suatu tulisan. Jadi, jangan langsung panik ketika bahasan yang kamu tulis tidak selamanya satu arah.

> Jenis-Jenis

Nah, untuk memudahkan Sobat LintasHaba dalam memahami apa itu sebenarnya Esai. Kita akan membahas berbagai jenis esai yang dapat membantumu dalam menentukan tujuan, sebelum kamu mulai mengembangkan ide tulisan Esai yang kamu inginkan. Tanpa cit-cat, berikut ini adalah deretan jenis-jenis Esai yang harus kamu pahami!

  1. Karangan Argumentasi, yaitu suatu esai argumentatif yang dapat menegaskan atau mempertahankan posisi mengenai pendapat dan kemauan sang penulis. Secara umum, jenis Esai ini adalah jenis yang paling umum ketika kamu memasuki dunia perkuliahan yaa!
  2. Esai Penerimaan, yaitu suatu esai yang bertujuan untuk digunakan dalam apply atau pendaftaran beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri. Nah, jenis Esai penerimaan ini paling sering digunakan ketika saat melakukan pendaftaran beasiswa. Secara umum, isi dari Esai ini adalah perkenalan diri, motivasi, rencana perjalanan karir hingga harapan apabila diterima.
  3. Esai Persuasif, yaitu seperti namanya Esai ini digunakan untuk membujuk atau meyakinkan pembaca dari titik tertentu. Mungkin, tanpa di sadari Esai ini hampir mirip dengan esai argumentatif, sebab keduanya sangat menyukai sudut pandang tertentu, tetapi perbedaannya adalah tujuan akhirnya Sob! Jadi, Esai Argumentatif harus mempresentasikan kasusnya, sedangkan esai persuasif harus mempresentasikan kasusnya dan memenangkan pembaca.
  4. Esai Pribadi, yaitu suatu Esai yang sering kali dinyatakan sebagai kisah anekdot atau kehidupan nyata dari penulisnya, seperti karya dari David Sedaris, jika Sobat LintasHaba mengetahuinya hehe. Karena, Esai ini cenderung mengikuti struktur naratif serta bisa fleksibel atau interpretatif.
  5. Esai Eksposisi, yaitu sebuah Esai ekspositori secara menyeluruh yang menjelaskan topik tertentu untuk memperluas pengetahuan pembaca. Esai ini juga tanpa di sadari sering dikatakan sebagai Esai argumentatif dan persuasif. Tetapi, dengan satu perbedaan utama bahwa esai ekspositori tidak memiliki bias ya!
> Proses Penulisan Esai

Nah, langsung saja nih kita akan membahas proses penulisan Esai yang akan sangat mudah kamu pahami. Oya bagi sebagian orang, saat hendak menulis Esai mereka akan mempraktekkan gaya aliran kesadaran untuk menulis draf kasar loh.

Dengan begitu, mereka akan memiliki sistem yang teratur dan memungkinkan mereka untuk merevisi dan mengasah lebih jauh lagi. Sehingga, menulis Esai merupakan kegiatan yang harus didasarkan pada mengikuti proses penulisan secara efisien

Dan dibawah ini ada lima langkah standar untuk menulis Esai dengan cara yang mudah, check it out!

1. Brainstorming

Sob, tahukah kamu apa itu brainstorming? Jadi, brainstorming merupakan kegiatan yang akan selalu membantu kamu untuk memfokuskan pikiran kamu, terutama saat sebelum kamu mulai menulis.

Jadi,  cobalah untuk menggali dan menghasilkan ide sebanyak mungkin untuk dituangkan ke dalam esai kamu ya! Pikirkan sebanyak mungkin dalam waktu yang kamu tetapkan, dan jangan khawatir jika ada ide yang tak berhasil. Sebab, ide-ide itu dapat kamu kesampingkan atau kembangkan lagi suatu saat nanti.

2. Persiapan

Tahap persiapan terdiri dari cara menguraikan Esai kamu dan mengumpulkan sumber daya, seperti bukti yang dapat mendukung analisis kamu. Oya, lihatlah hasil sesi brainstorming kamu ya!

Pertama, pisahkan ide-ide yang penting untuk mendukung ide kamu dan kemudian atur dalam urutan yang logis dan progresif. Pada tahap ini kamu akan menggabungkan struktur Esai kamu, dan untuk buktinya kamu dapat menggunakan bukti empiris atau kutipan pelengkap dari berbagai jurnal.

3. Menulis

Ini adalah tahap utama penulisan Esai, dimana kamu akan menyingsingkan lengan baju dan benar-benar menulis draf pertama loh. Ingatlah bahwa segala sesuatu tidak harus sempurna, ini adalah draf pertama kamu dan bukan yang terakhir.

Jadi beri diri kamu kebebasan untuk membuat kesalahan, dan jika kamu berfokus untuk mendapatkan setiap kata dengan benar, maka bisa saja kamu akan kehilangan gambaran besarnya.

4. Merevisi

Tahap revisi melibatkan draf kedua, draf ketiga atau bahkan draf kedua belas jika perlu. Cobalah untuk mengatasi semua nuansa dan seluk-beluk yang sempat kamu abaikan di draf pertama ya! Perhatikan juga pilihan dan kejelasan kata, serta teknik penulisan yang canggih seperti menghindari kalimat pasif.

5. Pengoreksian

Ketika semua revisi tugas berat selesai, saatnya untuk polesan akhir Sob! Pelajari Esai kamu dan perbaiki kesalahan ejaan, masalah pemformatan atau kesalahan tata bahasa. Ingat yang sabar dan lakukan perlahan-lahan ya!

Itulah dari bahasan seputar Esai hingga cara penulisannya, cukup mudah untuk dipahami bukan Sobat LintasHaba?

Baca Juga  Hal Terbaik Jaga Kesehatan Tubuh: Tidur Dengan Cara yang Lebih Baik Menurut Kesehatan

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait