by

Apa Saja Tips Menghindari Informasi Hoax?

Di zaman yang serba modern ini, orang dapat bebas berpendapat atau berbicara. Baik melalui tulisan maupun melalui rekaman suara bahkan tulisan. Tentu hal ini sangat berbahaya, terutama jika membuat informasi tidak membaca lebih dalam mengenai fakta yang sebenarnya. Sehingga, kamu perlu melakukan beberapa tips menghindari informasi hoax atau berita palsu.

Dengan begitu, informasi yang diterima pun tidak akan menyesatkan. Karena bisa jadi, dari informasi tersebut akan banyak dibagikan kepada masyarakat yang lebih luas. Sehingga menyebabkan kegaduhan. Padahal informasi yang disampaikan belum pasti kebenaranya seperti apa.

Tips Menghindari Informasi Hoax

Informasi hoax memang meresahkan karena dapat mengakibatkan kesalahpahaman. Bahkan dapat menyebabkan orang-orang panik. Tentu hal ini tidak bagus, bukan? Sehingga hal ini perlu dihindari. Lalu bagaimana caranya menghindari informasi hoax? Simak informasi berikut ini yuk!

1. Tetap Tenang

Ketika membaca sebuah judul artikel yang kontroversi, diharapkan untuk tetap tenang. Tidak terbawa oleh perasaan. Biasanya, kebanyakan informasi hoax menggunakan judul-judul artikel maupun konten di sosial media dengan judul yang kontroversial. Hal itu dikarenakan dapat menarik perhatian masyarakat.

Terutama jika yang dibahas adalah sebuah konten atau informasi yang sedang hangatnya dibicarakan oleh publik. Tentu ini menjadi santapan yang bagi banyak orang. Bahkan terkadang ada beberapa berita hoax muncul karena untuk mengalihkan isu. Sehingga, jika membaca  judul sebuah konten yang kontroversial sebaiknya disikapi dengan tenang.

Begitupun dengan isi yang disajikan oleh penulis dalam halaman blog tersebut. Bacalah dengan teliti, apa yang sebenarnya disampaikan oleh penulis tersebut. Kendatipun ada hal-hal yang sangat membuat geram, sebaiknya ditahan dulu. Pasalnya, itu hanya dari satu artikel saja. Tidak perlu langsung, membagikan informasi tersebut kepada khalayak ramai terlebih dahulu.

Baca Juga  Tahun Baru Bisa Berlibur? Tentu, Ini 6 Tips Liburan Aman Saat Pandemi
2. Analisa Situs

Menganalisa situs pun sangat penting. Pasalnya, sekarang banyak sekali situ-situs atau blog yang memiliki kredibilitas yang rendah. Sehingga informasi yang ditayangkan oleh website tersebut pun perlu dipertanyakan. Selain website, informasi pun disiarkan oleh video maupun foto-foto dari sosial media.

Sehingga perhatikanlah, siapa pemilik akun tersebut. Apakah orang tersebut layak dipercaya atau tidak. Perhatikan pula seluruh konten yang dibuat. Jika dia hanya menulis konten itu saja, tetapi memiliki follower banyak, hal tersebut patut untuk dihargai.

Biasanya, akun yang sudah memiliki kredibilitas memiliki centang biru di bawah profilnya. Begitupun dengan blog atau website terpercaya. Biasanya domain mereka pun berbayar dan sudah banyak dikenal oleh orang.

3. Cari Tahu Informasi yang Sama Dari Sumber Terpercaya

Biasanya jika itu bukanlah hoax, disajikan di beberapa media dengan fokus pembahasan yang sama. Namun, jika kamu menemukan media yang menyiarkan sesuatu yang agak berbeda dan mencurigakan kamu perlu mengkajinya lebih dalam. Usahakan untuk tidak bosan atau malas membaca.

Pasalnya dengan cara seperti itulah, kamu dapat terhindar dari informasi hoax.  Dengan membaca banyak informasi yang serupa, kamu akan lebih banyak referensi. Tentu hal ini akan berpengaruh besar terhadap mindset atau pola pikir yang kamu miliki. Ketika hal tersebut terjadi, kamu pun tidak akan mudah mempercayai informasi yang tersedia.

Baik di mesin pencarian internet, sosial media, bahkan ucapan orang lain. Sebelum apa yang mereka ucapkan itu ada fakta atau kebenaran. Sebab banyak kasus, korban hoax adalah mereka yang tidak membaca banyak tulisan secara mendetail dan gampang mengambil kesimpulan dalam menilai sesuatu.

4. Gabung Komunitas Anti Hoax

Komunitas ini biasanya berdiskusi mengenai beberapa informasi yang dicurigai hoax. Sehingga di dalamnya pun kamu memiliki peluang untuk berdiskusi dengan orang-orang di dalamnya. Misalnya, ketika kamu mendapatkan berita mengenai A, itu bisa di diskusikan dengan anggota komunitas. Sehingga kamu pun dapat lebih mudah menentukan apakah informasi itu asli atau tidak.

Baca Juga  Gimana Sih Cara Aplikasikan Make Up Natural? Ini 9 Langkah Mudah Merias Wajah

Sudah banyak komunitas-komunitas yang peduli terhadap penyebaran informasi yang sifat hoax. Kamu dapat mencari komunitas yang sesuai denganmu melalui internet, baik melalui mesin pencarian, sosial media, maupun lain sebagainya.

Dengan bergabung bersama mereka akan banyak informasi yang kamu terima dan bermanfaat. Selain itu, bergabung dengan orang-orang yang memiliki kehati-hatian dalam memperoleh informasi. Secara tidak langsung sebenarnya, ini pun mempengaruhi kamu dalam cara berpikir.

5. Tetaplah Berpikir Secara Logis

Hal ini tidak kalah penting dan ini perlu dilakukan secara konsisten. Meskipun sebenarnya, ketika diri sudah dipenuhi dengan emosi yang meluap-luap maka tindakan maupun keputusan akan mengikuti amarah. Ini sangat berbahaya, baik untuk kamu maupun orang-orang yang ada di sekitar kamu. Cobalah untuk selalu tenang dan berpikir dengan logis.

Apakah informasi yang disampaikan masuk akal atau tidak? Apakah informasi tersebut berasal dari situs website atau akun sosial media yang terpercaya atau tidak? Jika tidak, sebaiknya, tidak perlu menggubris berita tersebut. Kamu pun dapat memperhatikan setiap kalimat yang diinformasikan.

Apakah ada kejanggalan atau tidak. Pasalnya, setiap informasi hoax pasti akan terasa janggal. Seperti halnya berita perempuan yang hamil ketika usai berenang. Hal ini sangat ramai, bahkan berdampak pada beberapa orang yang tidak ingin renang. Padahal secara ilmiahnya, sperma tidak akan dapat hidup jika di air. Tentu ini adalah berita hoax  yang memiliki pengaruh terhadap perilaku masyarakat.

Kamu dapat menerapkan semua tips menghindari hoax di atas dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ketika hendak mencari informasi mengenai suatu hal. Ini sangat dibutuhkan. Usahakan pula, tidak cepat mengambil keputusan meskipun sudah membaca beberapa informasi yang sama. Sebelum kamu mendapatkan fakta yang terpercaya.

Comment

Artikel Terkait