by

Apa Saja Ciri dan Pekerjaan yang Cocok Bagi Introvert?

Ada beberapa pekerjaan yang cocok bagi introvert sehingga bisa nyaman dalam menjalankannya. Seperti yang diketahui bahwa seorang introvert merupakan orang yang mudah kehabisan energi, ketika terlalu lama berinteraksi dengan banyak orang sehingga menyebabkan kelelahan.

Ciri-Ciri Orang Introvert

Sebelum membahas pekerjaan apa yang cocok untuk seorang introvert, sebaiknya kamu mengetahui dulu ciri-cirinya seperti apa. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami bahwa seorang introvert bukanlah sosok orang yang anti sosial. Untuk lebih jauh, yuk simak informasi berikut ini dengan seksama!

1. Kelelahan Ketika Berinteraksi dengan Banyak Orang Dalam Durasi Panjang

Seperti yang sudah dibahas di awal, bahwa seorang introvert akan kehabisan energinya, sehingga menyebabkan dia cepat merasa capek dan bahkan lemas. Dengan begitu, konsentrasi mun pun tidak akan terlalu baik.

Maka, ketika sudah tahap seperti ini, seorang introvert membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi energinya. Meskipun begitu, bukan berarti mereka tidak menyukai sosialisasi atau bergaul dengan orang lain. Hanya saja, durasi mereka melakukan hal tersebut memang tidak sepanjang orang-orang yang ekstrovert.

2. Memiliki Teman Berkualitas

Mereka memiliki lingkungan pertemanan yang bisa dikatakan sedikit. Namun, meskipun begitu teman-temannya merupakan orang yang membuatnya merasa aman dan nyaman. Bahkan tidak ragu untuk saling mendukung satu sama lain.

Selain itu, jarak tidak akan jadi pemutus pertemanan mereka. Sehingga, hubungan mereka bisa dikatakan sangat awet. Bahkan ada yang berteman hingga puluhan tahun lamanya dan tetap kompak. Dengan demikian, orang-orang seperti ini memang sangat selektif dalam memilih teman.

3. Memiliki Ketertarikan yang Tinggi Terhadap Pekerjaan yang Bersifat Mandiri

Dibanding bekerja dengan melibatkan banyak orang, sosok kepribadian jenis ini lebih memilih bekerja dengan mandiri. Dengan begitu, ia akan lebih fokus dan maksimal dalam bekerja. Selain itu, kemampuan observasi yang dimiliki olehnya tentu akan mendukung setiap pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga  6 Tips Merawat Wajah yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Ia sudah terbiasa dalam melakukan pekerjaan maupun belajar secara independen. Sehingga tidak heran apabila kebanyakan dari mereka lebih senang mengulik sendiri. Selain itu, mereka pun tidak perlu menuntut diri mereka untuk beradaptasi secara terus menerus dengan banyak orang.

4. Mengenal Diri Sendiri

Dikarenakan orang dengan jenis kepribadian seperti ini lebih banyak merenung dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Maka hal tersebut menjadikan mereka lebih mengenal dirinya. Dari mulai mengenali apa yang diinginkan oleh dirinya, cara dalam menyelesaikan masalah dan lain sebagainya.

Sehingga lambat -laun menyadari mengenai kelebihan dan kekurang diri sendiri. Bahkan mengenal betul batasan yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Tidak hanya itu saja, beberapa orang introvert pun mengetahui alasan berbagai emosi hadir dalam dirinya.

Pekerjaan yang Cocok Bagi Introvert

Nah, setelah mengenal tentang ciri-ciri introvert, apakah kamu masuk ke dalamnya? Jika iya, maka beberapa pekerjaan di bawah ini sesuai dengan dirimu. Bahkan beberapa di antaranya, tidak mengharuskan dirimu pergi ke kantor. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Programmer

Pekerjaan ini sudah tidak asing, bukan? Terutama di era yang serba canggih seperti sekarang ini banyak perusahaan start up yang membutuhkan posisi ini. Selain itu, kamu pun dapat bekerja secara mandiri dan hanya datang ke kantor sesekali saja.

Bahkan ada beberapa orang yang menempati posisi ini bekerja secara remote. Tentu posisi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai dunia komputer, penasaran dan mau mengulik tata cara membuat aplikasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemrograman.

2. Admin

Pekerjaan ini mengharuskan kamu mengatur seluruh aktivitas administrasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan begitu, pekerjaan ini pasti membutuhkan tingkat fokus dan kejelian yang tinggi. Sehingga tidak ada kesalahan yang akan merugikan perusahaan. Bahkan bisa jadi, ada jobdesk tambahan.

Baca Juga  Sudah Tahu Bagaimana Profil Universitas Brawijaya? Ini Informasinya!

Namun, hal tersebut tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Selain itu, biasanya posisi ini hanya akan dipegang oleh satu orang. Namun, dalam kondisi tertentu mungkin akan membutuhkan dua atau tiga orang. Akan tetapi, dengan jobdesk yang berbeda dengan tujuan pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat.

5. Penulis

Pekerjaan yang cocok bagi introvert selanjutnya adalah penulis. Dimana  pekerjaan ini membutuhkan imajinasi, ketekunan, butuh banyak baca dan lain sebagainya. Selain itu, butuh riset yang mendalam.

Sehingga menghasilkan tulisan yang berbobot dan enak dibaca. Baik itu untuk fiksi maupun non-fiksi. Kamu pun tidak perlu menghabiskan waktu dengan banyak orang untuk melakukan pekerjaan ini. Pasalnya, pekerjaan ini dapat dilakukan secara mandiri.

6. Penerjemah

Pekerjaan lainnya yang cocok bagi seseorang yang memiliki kepribadian ini adalah penerjemah. Hal ini karena profesi ini akan menuntut kamu untuk fokus. Selain itu, kamu pun membutuhkan suasana yang tenang dalam menyelesaikan projek.

Terutama jika kamu seorang penerjemah buku. Namun, ada beberapa penerjemahan yang mengharuskannya untuk bepergian bersama klien. Bahkan ke beberapa negeri dalam sekali perjalanan. Namun, meskipun begitu, kelompok yang ditemui pun biasanya dalam skala kecil.

7. Desain Grafis

Pekerjaan ini pun cukup populer akhir-akhir ini, terutama karena banyak nya toko online shop dari mulai yang baru merintis hingga sudah besar. Namun, ada pula perusahaan-perusahaan yang mencarinya.

Hal ini karena skillnya memang dibutuhkan oleh perusahaan. Baik untuk kebutuhan konten di sosial media, brosur atau pamflet, desain foto untuk produk dan lain sebagainya. Sehingga mengharuskan kamu berkutat dengan komputer.

Setelah membaca semua informasi yang ada di atas, pekerjaan yang cocok bagi introvert  cukup menarik, bukan? Meskipun pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara mandiri, tetapi ada kalanya kamu perlu meeting online bahkan mengharuskan kamu ke kantor. Maka pilihlah, profesi yang sekiranya memang kamu minati.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya