by

8 Prospek Kerja untuk Lulusan Biologi

Mau kuliah di jurusan Biologi, tapi ragu akan profesi setelah lulus nanti? Atau menekuni kuliah di jurusan Biologi, tapi masih belum tahu akan profesi apa setelah lulus nanti? Teruntuk kamu, yang sedang berada di kedua masalah tersebut, yuk simak prospek kerja lulusan Biologi berikut!

1. Pengajar SMP dan SMA

Cinta pelajaran Biologi serta mengagumi pekerjaan sebagai tenaga pendidik, maka salah satu cita-cita yang dapat kamu bangun di masa depan ialah menjadi seorang pengajar Biologi. Terutama jika kamu sedang menekuni kuliah di jurusan pendidikan Biologi, maka ini adalah sebuah kesempatan yang tepat sekali untuk kamu. Yakni setelah lulus nanti, kamu bisa membidangi profesi sebagai seorang pengajar Biologi di tingkatan SMP maupun SMA loh. Jadi jangan ragu untuk memilih jurusan ini yakk..

2. Dosen Biologi

Masih di bidang tenaga pengajar, lulusan Biologi juga telah mendapat kesempatan untuk bekerja sebagai seorang dosen, pengajar khusus mata kuliah biologi, di perguruan tinggi swasta maupun negeri. Hanya saja, berbeda dengan tenaga pengajar di SMP dan SMA, untuk menjadi seorang dosen, kamu perlu menyelesaikan tingkat pendidikan hingga ke S2. Hal ini dikarenakan bahwa, seorang dosen dituntut harus benar-benar mempunyai cakupan wawasan yang luas, dimana nantinya wawasan itulah yang diberikan kembali kepada mahasiswa. Hasil pendapatan menjadi seorang dosen pun tidak sembarang gaji, bisa dikatakan berpenghasilan yang cukup tinggi.

3. Teknisi Laboratorium

Bekerja sebagai teknisi laboratorium, sering sekali diabaikan nilainya bagi mereka yang awam tentang dunia pekerjaan. Pasalnya, profesi sebagai teknisi laboratorium, disangka berpenghasilan kecil dan tidak memiliki peranan di kehidupan. Miris sekali bukan? Padahal, bekerja sebagai seorang teknisi sangatlah menarik.

Baca Juga  Jenis Seleksi Perekrutan OSIM yang Paling Tepat

Di luar banyaknya pengalaman dalam lapangan kerja, gaji yang ditawarkan pada seorang teknisi laboratorium ini juga tidak main-main. Apalagi jika hasil kerja yang di berikan adalah hasil kerja yang menakjubkan, pasti gaji yang didapatkan juga akan seimbang dengan kinerja yang diberikan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang telah berhasil menyandang status sarjana di jurusan Biologi, profesi sebagai seorang teknisi laboratorium adalah prospek kerja terbaik, yang akan tetap tersedia untuk kamu. Dan jika kamu bertanya apa saja pekerjaan yang akan dilakukan sebagai seorang teknisi laboratorium, maka sesuai dengan namanya, seorang teknisi laboratorium harus selalu sedia mempersiapkan dan memperhatikan alat dan bahan yang ada di laboratorium demi sebuah kelancaran hasil pengujian.

4. Ilmuwan

Para mahasiswa jurusan Biologi yang berhasil menuntaskan perkuliahan mereka di bangku perguruan tinggi, mempunyai banyak peluang untuk berprofesi sebagai seorang ilmuwan yang penuh pengetahuan. Namanya juga ilmuwan, maka satu-satunya syarat yang harus kamu punya ialah wawasan yang melimpah dengan jiwa yang pantang menyerah. Jika sudah memiliki kedua hal tersebut, sangat memungkinkan sekali bagi kamu untuk menjadi seorang ilmuwan di bidang Biologi.

5. Wirausaha

Dipekerjakan oleh orang lain memang tidak selalu menyenangkan. Belum lagi suasana kerja yang bisa membuat hati merasa tidak betah dan ingin berhenti. Maka dari itu, lulusan Biologi yang juga turut mempertimbangkan hal di atas, maka wirausaha adalah solusi yang tak kalah hebat dari pekerjaan yang lainnya. Ingat saja, wirausaha yang sukses, bisa menghasilkan pendapatan yang jauh lebih besar dari segala bidang pekerjaan hebat yang ada.

Dan bagi kamu yang adalah sarjana biologi, kamu bisa memulai meniti karir dalam usaha mandiri. Contohnya seperti usaha peternakan, perikanan, restoran yang menyajikan konsep makanan nabati, serta hal lain yang kamu rasa cukup kamu gemari dan cukup menguasai bakat yang kamu bidangi.

Baca Juga  Referensi Aplikasi Bimbel Online Ini Bisa Membantu Belajar Kamu di Rumah
6. Penulis

Bekerja sebagai seorang penulis tidak hanya bisa dilakoni oleh mereka yang lulus dari jurusan sastra. Para lulusan Biologi juga bisa melakukannya. Terutama jika sungguh-sungguh menekuni karir sebagai penulis, penghasilan yang didapatkan pasti tidak akan membuat diri menyesal.
Hanya saja berbeda dari penulis yang membidangi sastra, lulusan Biologi dapat membuat tulisan berupa artikel ilmiah, maupun jurnal penelitian.

7. Konsultan

Seorang lulusan Biologi yang mempunyai pemahaman yang luar biasa, dapat memilih untuk menjadi seorang konsultan yang tentunya sangat diperlukan. Konsultan tidak akan membuat diri untuk dipekerjakan oleh waktu, karena sebagai seorang konsultan waktu kerja sepenuhnya ada di tangan kamu. Itulah sebabnya, kamu bisa membuat sebuah pilihan, baik konsultan full time ataupun freelance. Emang konsultan apa sih, yang bisa dibidangi oleh anak Biologi?? Jawabannya sangat banyak sekali ya. Tergantung apa yang di ingini oleh para lulusan Biologi. Semisalnya, ialah konsultan di bidang konservasi lingkungan.

8. Ilmuwan medis

Barangkali ada diantara kamu yang bertanya-tanya apa bedanya ilmuwan dengan ilmuwan medis. Nah, seorang yang berprofesi sebagai ilmuwan, umumnya akan menganalisa serta berfokus pada hal-hal mengenai mahkluk hidup, sedangkan ilmuwan medis, ia akan berfokus pada analisis kesehatan pada mahkluk hidup. Jadi kamu yang adalah anak biologi, kamu bisa pilih nih, antara mau jadi seorang ilmuwan, atau ilmuwan medis saja. Dua-duanya juga bisa. Asalkan kamu mau mendalami cakupan ilmu Biologi, serta niat untuk mengkaji kesehatan pada kehidupan manusia.

Itulah penjelasan yang pastinya akan melunaskan rasa ingin tahu kamu, akan prospek kerja yang dapat dimiliki oleh para lulusan Biologi. Jadi bagaimana sob? Masih ragu untuk menekuni kuliah di jurusan ini? Tentu tidak lagi ya, terutama prospek kerja lulusan Biologi juga ada bangat banyak sekali, gajinya pun tidak kalah menarik dari pekerjaan jurusan yang lain. Kalau begini mah, rasa minder pasti nggak lagi lah yaw.. iya bukan???

Comment

Artikel Terkait