by

8 Keuntungan Kuliah di PTK, Pendidikan Gratis dan Langsung Kerja!

PTK atau Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan suatu perguruan tinggi, yang secara langsung bernaung di bawah badan pemerintahan atau kementrian tertentu. Di Indonesia sendiri terdapat cukup banyak PTK, di antaranya adalah PKN STAN, IPDN, STTD, STMKG, dan lain-lain.

Proses seleksi yang sangat ketat membuat para mahasiswa yang diterima di PTK ini, mendapatkan sejumlah keuntungan ketika menempuh pendidikan. Keuntungan kuliah di PTK tersebut di antaranya adalah biaya kuliah yang ditanggung oleh negara hingga 100%.

Perguruan Tinggi Kedinasan ini bisa kamu jadikan referensi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Penasaran dengan apa saja keuntungan kuliah di PTK? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Biaya Kuliah Ditanggung Negara

Keuntungan kuliah di PTK yang pertama adalah biaya pendidikannya yang ditanggung oleh negara. Tak tanggung-tanggung, keringanan biaya yang diberikan oleh beberapa Perguruan Tinggi Kedinasan bahkan hingga mencapai 100%, alias gratis tanpa pungutan biaya apa pun.

Bukan tanpa alasan, keringanan biaya ini diberikan karena para mahasiswa PTK memang disiapkan untuk bekerja di badan-badan pemerintahan yang menaungi PTK tersebut. Tentu saja keringanan biaya ini sangat membantu, terlebih bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah tetapi biayanya terbatas. PTK bisa menjadi alternatif pilihan.

2. Prospek Kerja Terjamin

Keuntungan kuliah di PTK yang selanjutnya adalah prospek kerja yang sangat terjamin. Hal ini dikarenakan para mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan, sudah memiliki jaminan pekerjaan setelah lulus dari PTK. Jadi, jika kamu bersekolah di PTK kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari pekerjaan, karena pekerjaan sudah disediakan oleh Perguruan Tinggi Kedinasan tempat kamu menempuh pendidikan.

3. Setelah Lulus Langsung Kerja

Keuntungan kuliah di PTK yang selanjutnya adalah setelah lulus dapat langsung bekerja. Ya, mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan akan langsung ditempatkan di badan-badan yang menaungi PTK tempatnya menempuh pendidikan. Misalnya saja PKN STAN yang bernaung di bawah Kementrian Keuangan Indonesia.

Baca Juga  Bahasan Seputar Esai Hingga Cara Penulisannya yang Mudah!

Para lulusannya akan otomatis ditempatkan di lingkungan kementrian keuangan di seluruh Indonesia. Selain itu, ada juga STMKG yang bernaung di bawah naungan BMKG Indonesia. Para lulusannya sudah disiapkan menjadi pekerja ahli di bidang MKG.

Setelah lulus, para lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan memiliki ikatan dinas untuk langsung bekerja di bawah kementrian tertentu, sehingga pekerjaannya pun lebih terjamin.

4. Langsung Menjadi CPNS

Selain langsung bekerja setelah lulus, para lulusan Pergutuan Tinggi Kedinasan juga akan langsung diangkat menjadi CPNS dengan golongan-golongan PNS tertentu yang sudah ditentukan. Setelah bekerja, mereka hanya perlu menunggu waktu untuk diangkat menjadi PNS.

Mengapa demikian? Karena dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Kedinasan terdapat seleksi kemampuan dasar (SKD) serta seleksi kemampuan bidang (SKB), yang umumnya diujikan pada seleksi penerimaan PNS. Artinya, jika para mahasiswa lolos seleksi masuk PTK, ketika sudah lulus mereka akan langsung diangkat menjadi CPNS, karena sudah lolos dalam seleksi SKD dan SKB yang diujikan ketika seleksi masuk PTK.

5. Mendapatkan Uang Saku Bulanan

Jika tadi sudah dibahas bahwa para mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan, mendapatkan keringanan biaya pendidikan yang mencapai 100%, masih ada lagi satu keuntungan bersekolah di PTK yang berkaitan dengan pembiayaan. Apa itu? Keuntungan itu adalah, beberapa PTK memberikan uang saku bulanan bagi para mahasiswanya. Jumlahnya pun bervariatif sesuai dengan ketentuan masing-masing PTK.

Sangat menguntungkan bukan? Karena selain biaya pendidikan yang ditanggung negara, para mahasiswanya juga diberi uang saku bulanan. Contoh PTK yang memberikan uang saku bulanan pada mahasiswanya adalah STIS dan STMKG.

6. Fasilitas Asrama

Keuntungan kuliah di PTK yang selanjutnya adalah adanya fasilitas asrama bagi mahasiswa. Perguruan Tinggi Kedinasan yang memiliki fasilitas berupa asrama umumnya adalah Perguruan Tinggi Kedinasan, yang menggunakan sistem pendidikan semi-militer. Fasilitas asrama ini termasuk dalam bagian fasilitas yang disediakan oleh kampus sehingga tidak dipungut biaya.

Baca Juga  Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh Adakan Kegiatan Story Telling Untuk Anak-anak

Contoh Perguruan Tinggi Kedinasan yang memberikan fasilitas asrama, salah satunya adalah IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Sistem Pendidikannya yang menggunakan sistem semi-militer, mewajibkan taruna/taruninya (sebutan untuk mahasiswa PTK) tinggal di asrama demi lancarnya proses pendidikan.

Selain IPDN, Perguruan Tinggi Kedinasan lain yang juga memberikan fasilitas asrama bagi para mahasiswanya adalah POLTEKIM-POLTEKIP, STMKG, STIN, dan STSN.

7. Relasi Luas

Keuntungan kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan yang selanjutnya adalah bisa menjalin relasi yang luas. Bagaimana tidak, mahasiswa Pergutuan Tinggi Kedinasan ini berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Jika bersekolah di PTK, kamu bisa mengenal dan berelasi dengan teman-teman dari provinsi bahkan pulau lain yang ada di Indonesia.

Selain itu, keberagaman budaya, suku, dan agama akan sangat tampak jika kamu bersekolah di PTK. Hal ini pastinya akan membuat kamu merasa lebih bangga dengan keragaman yang ada di Indonesia dan lebih mencintai tanah air sobat. Keren bukan?

8. Bisa Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan jika berkuliah di PTK adalah bisa ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Para mahasiswa PTK memang terikat perjanjian untuk bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. Hal ini juga sekaligus merupakan sebuah keuntungan karena dengan begitu, kamu bisa lebih mengenal daerah-daerah yang belum kamu tahu sebelumnya.

Selain itu, setelah lulus dari PTK dan bekerja, setiap beberapa tahun sekali kamu akan kembali dirotasi atau dipindahtugaskan ke berbagai daerah lain.

Itulah beberapa keuntungan kuliah di PTK yang harus kamu ketahui. Kembali lagi, dengan banyaknya fasilitas dan keuntungan yang disediakan sudah pasti untuk masuk ke dalam PTK membutuhkan usaha yang lebih. Proses seleksi masuk PTK dilaksanakan dengan sangat ketat, untuk menyaring para putra-putri terbaik bangsa yang akan menerima semua fasilitas yang sudah disediakan.

Baca Juga  Jenis-jenis Gangguan Mental yang Paling Umum Diderita

Jika tertarik, jangan lupa terus melatih diri untuk seleksi masuk PTK ya sobat! Kenali dan ketahui apa saja seleksi masuk PTK yang kamu minati dan persiapkan diri kamu dengan sebaik-baiknya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya