by

7 Genre Buku untuk Santai yang Mencerdaskan Pikiran

Jangan biarkan waktu bersantai hilang percuma. Paling tidak, Anda harus mengisinya dengan hal positif yang salah satunya mengisi dengan membaca genre buku untuk santai yang bagus. Aktivitas ini sangat bermanfaat dan bahkan bisa memicu kecerdasan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadi ahli di bidang tertentu hanya karena membaca buku saat santai.

Ada beberapa genre buku yang bagus untuk dibaca saat santai. Genre-genre ini ada yang ringan dibaca tetapi juga ada yang tergolong berat karena memiliki struktur keilmuan yang tinggi. Nah, kalau ingin mengetahui genre yang dimaksud, silakan baca artikel ini dan pastikan harus selesai. Ini ulasan yang dimaksud:

1. Novel

membaca buku sambil minum kopi - novel potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Genre buku yang layak dibaca saat santai adalah novel, namun pastikan bukan novel picisan yang hanya bercerita tentang percintaan saja. Jika di dalamnya juga dibumbui dengan kisah pornografi, tentu novel semacam ini kurang layak untuk dibaca. Apalagi jika dibaca oleh anak yang masih di bawah umur.

Masih banyak novel yang bagus untuk dibaca saat santai, di antaranya novel-novel islami karya Habiburahman El Zhirazi atau novel-novel budaya karya NH Dini dan selainnya. Novel semacam ini tidak hanya mengusung plot imajinasi yang indah, tetapi lebih jauh dari itu, juga terdapat pesan luhur di dalamnya.

2. Antologi Cerpen

pemandangan atas tangan memegang buku terbuka dan tertutup - novel ilustrasi stokJika Anda merasa malas untuk menghabiskan satu novel yang tebal, maka antologi cerpen menjadi genre buku untuk santai yang berikutnya. Buku ini juga terbilang tebal tetapi di dalamnya berisi beberapa kumpulan judul cerpen. Sehingga, pembaca bisa berhenti di judul apa saja sedangkan sisanya bisa dilanjutkan keesokan harinya.

Penulis antologi cerpen di Indonesia cukup banyak. Mereka tidak hanya membuat antologi sendiri tetapi juga ada yang menulis antologi bersama. Yang mana, di dalam satu buku terdapat beberapa judul cerpen dari beberapa penulis yang berbeda. Luar biasanya lagi, para penulis ini mampu menghasilkan plot yang menarik, bahkan diksi yang digunakan juga memiliki ciri khas tersendiri.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Saat Belajar di Rumah
3. Antologi Puisi

pesan dengan kupu-kupu - poetry book potret stok, foto, & gambar bebas royaltiKalau Anda ingin mengetahui pandangan penyair terkait dengan kehidupan yang real maka, baca karya-karya puisi yang telah dibuatnya. Pasti, Anda akan menemukan paradigma berbeda dari sebuah kehidupan yang ditulis dengan menggunakan diksi-diksi indah. Bahkan, terkadang si pembaca akan menangis karenanya.

Oleh karena itu, antologi puisi masih layak untuk dibaca terutama ketika Anda sedang bersantai. Silakan baca karya sastra ini dan pastikan ada secangkir kopi dan sepiring ubi rebus ketika membacanya. Tentu, nilai estetik saat membaca akan semakin dalam dan dijamin, keesokan harinya Anda pasti mengulang kembali aktivitas tersebut.

4. Buku Motivasi

konsep - motivasi book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Setiap orang pasti membutuhkan motivasi di dalam menjalani kehidupan. Hal ini dikarenakan oleh adanya fluktuasi mental yang kadang terjadi setiap saat. Tanpa motivasi, kadang manusia akan merasa patah semangat apalagi ketika sedang didera oleh masalah yang berat.

Nah, buku motivasi merupakan jalan untuk mendapatkan motivasi di dalam kehidupan. Di dalam buku semacam ini terdapat tulisan penyemangat diri yang ditulis oleh orang yang memang sudah sukses dan telah berhasil menyemangati dirinya. Pesan moral dari orang semacam ini yang sangat dinanti-nantikan.

5. Buku Filsafat

Kalau terdengar istilah filsafat, alam bawah sadar akan menyimpulkan kalau filsafat adalah sebuah pengetahuan yang sulit untuk dipelajari. Padahal faktanya tidak demikian, bahkan banyak penulis yang berhasil menulis filsafat dengan menggunakan bahasa dan alur yang ringan, sehingga semua orang dari segala kalangan bisa mencerna apa maksud dari buku tersebut.

Buku filsafat adalah buku yang berisi cara menemukan kebenaran. Namun bukan kebenaran agama melainkan kebenaran politik, sosial, hukum dan selainnya. Nah, di dalam buku filsafat juga terdapat motivasi termasuk dijelaskan secara filosofis apa guna dinamika kehidupan bagi manusia itu sendiri. Diharapkan juga dengan filsafat manusia tidak saling bertengkar dengan manusia yang lain.

Baca Juga  Tips Lulus Magang: Buat Kamu yang Mau Daftar Magang Merapat Yuk!
6. Buku Sejarah

william shakespeare - history book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Membaca buku sejarah merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi kalau di dalamnya terdapat intrik dan konflik yang berupa tragedi. Dengan membaca buku sejarah kita menjadi tahu kesejarahan diri sendiri bahkan, kita menjadi sadar dengan kehidupan ratusan tahun sebelumnya yang lebih memprihatinkan jika dibandingkan dengan saat ini.

Kebiasaan membaca buku sejarah juga bisa menjadi aktivitas yang bagus, sebab wawasan berpikir pembacanya akan semakin bertambah. Bahkan, pembaca buku sejarah bisa memperbaiki jika ada aktivitas pemutarbalikan sejarah, yang dilakukan oleh orang yang tidak mengetahui secara pasti terkait sejarah yang sebenarnya.

7. Buku Biografi

aku hanya harus kembali ke halaman sebelumnya - biografi book potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Motivasi kehidupan tidak harus didapatkan dari orang yang masih hidup. Justru, para tokoh yang sudah meninggal dunia terkadang juga bisa memotivasi diri. Tentunya, dari pengalaman kehidupannya yang dituliskan di dalam bentuk biografi yang siapapun bisa mengambil pelajaran darinya di dalam berkehidupan.

Buku biografi sendiri tidak tergolong karya ilmiah melainkan karya sastra yang ditulis dengan tidak menggunakan kaidah-kaidah bahasa yang baku. Makanya, siapapun bisa mencerna isi dari buku semacam ini dan mengambil manfaat darinya. Biasanya, biografi memiliki nilai ketepatan yang cukup tinggi karena sebelumnya si penulis akan melakukan wawancara terlebih dahulu dengan keluarga si tokoh.

Itulah beberapa genre buku saat santai yang layak dibaca oleh Anda. Silakan dibaca saat hari minggu atau sore hari sepulang kerja dan jangan lupa, persiapkan juga secangkir teh manis dan sepiring gorengan sebagai teman membaca. Ini yang akan membuat waktu senggang lebih bermanfaat dan berfaedah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya