oleh

6 Tips Hemat untuk Pelajar yang Patut Diterapkan

Sebagai seorang pelajar khususnya sebagai anak muda, sudah pasti memiliki banyak keinginan untuk membeli dan memiliki sesuatu. Hal ini bukanlah hal yang salah dan merupakan hal yang wajar. Akan tetapi sebagai seorang pelajar juga harus pandai-pandai mengelola keuangan, dan mulai membiasakan diri untuk mengatur keuangan. Seorang pelajar harus pandai-pandai mengendalikan pengeluaran untuk banyak hal.

Ingin berhemat tapi bingung mau memulainya dari mana karena merasa memiliki banyak kebutuhan? Berikut akan dibahas sejumlah tips hemat untuk pelajar, yang bisa kamu coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari, supaya keuangan bisa lebih terkendali. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Membedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Tips hemat untuk pelajar yang pertama adalah membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sebagai seorang muda yang memiliki banyak keinginan, seorang pelajar harus pandai-pandai membedakan, mana saja yang hanya keinginannya atau mana saja yang menjadi kebutuhannya.

Terlebih lagi ketika ada sesuatu yang sedang menjadi tren dan digemari banyak orang, biasanya seorang pelajar akan memiliki keinginan untuk membelinya. Dalam hal ini kamu harus bisa menilai dan mempertimbangkan, apakah hal tersebut memang kamu butuhkan atau hanya keinginan saja.

Belilah sesuatu yang benar-benar kamu butuhkan alih-alih hanya keinginan semata. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengelola keuangan yang menghemat pengeluaran. Kamu juga akan memiliki fleksibilitas jangka panjang, karena pengeluaran yang kamu hemat bisa digunakan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan di waktu yang akan datang.

Satu hal yang perlu diingat dalam tips ini adalah jangan membeli sesuatu karena ikut-ikutan, tetapi pikirkanlah dengan matang apakah hal tersebut benar-benar menjadi kebutuhan kamu atau tidak. Analisis yang matang ini akan membantu kamu membedakan mana yang menjadi kebutuhan atau hanya keinginan semata.

Baca Juga  Jarang Disadari, Inilah 5 Kelebihan Wanita yang Tidak Dimiliki Pria
2. Membuat Skala Prioritas

Tips hemat untuk pelajar yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya. Seorang pelajar juga harus bisa mengatur dan membuat skala prioritasnya. Ketika pengeluaran sudah banyak dan kamu merasa tidak enak untuk meminta uang lagi kepada orang tua, kamu bisa terbantu ketika kamu memiliki skala prioritas.

Misalnya saja ketika kamu dihadapkan pada dua pilihan kebutuhan dalam membeli sesuatu, namun kamu hanya mempunyai uang untuk membeli salah satunya.

Kamu harus memikirkan dengan matang hal apa yang paling kamu butuhkan saat itu, dan hal apa yang bisa kamu tunda untuk dibeli di lain waktu karena tidak terlalu dibutuhkan.

Kamu juga harus memprioritaskan hal-hal yang kamu anggap lebih penting untuk dimiliki. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat dan meminimalisir pengeluaran.

3. Atur Intensitas Keluar dengan Teman

Tips hemat untuk pelajar yang selanjutnya adalah dengan cara mengatur intensitas keluar dengan teman. Sebagai seorang pelajar yang pastinya makhluk sosial pastinya tidak terlepas dari ikatan pertemanan. Ikatan pertemanan ini seringkali mengharuskan kamu keluar dan menikmati waktu di luar bersama dengan teman.

Hal ini memang diperlukan, terlebih lagi untuk berbagi cerita dan melepas rasa jenuh ketika lelah belajar di sekolah. Hanya saja, kamu harus bisa mengatur intensitas keluar bersama teman. Usahakan untuk tidak terlalu sering keluar.

Karena biasanya terlalu sering keluar dengan teman bisa menjadi pengeluaran tambahan. Kamu bisa mensiasatinya dengan cara tidak terlalu banyak membeli sesuatu, ketika keluar bersama teman atau dengan cara mengajak teman bermain ke rumah dan sebaliknya.

4. Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah atau Membawa Bekal

Tips hemat untuk pelajar yang selanjutnya adalah dengan cara sarapan sebelum berangkat ke sekolah atau dengan cara membawa bekal untuk dimakan ketika jam istirahat tiba. Hal ini sangat bisa membantu kamu untuk mengurangi pengeluarah di sekolah. Hal ini sekaligus memberi kamu kesempatan untuk menabung uang jajan yang diberikan oleh orang tua.

Baca Juga  5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit yang Bisa Dicoba di Rumah

Ketika tidak sempat sarapan, kamu bisa meminta dibawakan bekal sehingga tidak perlu banya pengeluaran ketika di sekolah.

5. Berkomitmen untuk Membiasakan Diri Menabung

Memiliki komitmen untuk rutin menabung bisa membuat diri kamu secara otomatis menjadi lebih hemat loh sobat. Setidaknya kamu harus mempunyai komitmen untuk menyisihkan sejumlah uang dalam sehari dan harus konsisten.

Di antara semua pengeluaran yang kamu miliki dalam satu hari, selalu usahakan untuk menyisihkan jumlah yang sudah kamu tentukan sendiri sebelumnya. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih cepat menambah jumlah tabungan kamu, dan memenuhi niatan untuk hidup lebih hemat sebagai seorang pelajar.

6. Membuat Daftar Belanja dan Memantau Pengeluaran dalam Satu Bulan

Tips yang satu ini akan berdampak positif untuk kamu salah satunya, adalah kamu akan lebih teliti dalam mengelola keuangan. Ketika kamu melihat jumlah pengeluaran kamu, pasti kamu akan teringat dengan tujuan kamu untuk lebih berhemat.

Selain itu, membuat daftar belanja dengan selektif akan membuat kamu lebih bisa mengontrol pengeluaran dalam waktu mendatang. Hal ini juga akan membuat kamu lebih bisa mengontrol dan menahan diri ketika muncul keinginan untuk membeli sesuatu.

Itulah beberapa tips hemat untuk pelajar yang bisa kamu terapkan. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa menghemat dan ada tabungan jauh lebih baik, daripada banyak pengeluaran tanpa pertimbangan yang matang, Karena bagaimana pun kita tidak pernah tahu apa yang kita butuhkan di hari mendatang.

Dengan adanya tabungan yang sudah kita sisihkan karena berhemat sebelumnya, maka akan sangat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan yang tidak kita ketahui di masa depan.

Tipsnya juga tidak susah. Kamu bisa menerapkannya sembari belajar. Ketika di usia pelajar kamu sudah pandai mengelola keuangan, di masa mendatang pun kamu tidak akan merasa kesusahan ketika harus mengelola keuangan. Jadi, jangan lupa untuk berhemat ya sobat! Meskipun kebutuhan remaja memang banyak, kamu harus tetap pandai-pandai mengatur skala prioritas kamu. Ingatlah kata pepatah, hemat pangkal kaya!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya