by

6 Manfaat Melaksanakan Upacara yang Luhur dan Positif

Upacara bukan program seremonial semata, melainkan ada faedah tertentu di dalamnya. Nah, manfaat melaksanakan upacara itu sendiri sangat bagus, bahkan bisa menjadi bekal menjalani kehidupan yang serba ketat dan keras. Maka wajar kalau pemerintah mewajibkan sekolah untuk mengadakannya setiap hari senin.

Upacara perlu dilaksanakan, semata agar masyarakat terutama pelajar bisa merasakan manfaatnya. Akan tetapi, bagaimana bisa menikmati, kalau list-nya tidak diketahui. Oleh sebab itu, silakan baca artikel ini sampai selesai. Di dalamnya berisi manfaat dan faedah yang dimaksud:

1. Untuk Melatih Kedisiplinan

Di dalam kegiatan upacara, terdapat beberapa instrumen yang terkait dengan kedisiplinan. Di antaranya, seragam yang digunakan, jam dimulainya aktivitas, tata acara yang diwajibkan hingga ucapan-ucapan petugas. Nah, dari list di atas sudah jelas kalau kegiatan ini memang untuk melatih disiplin seluruh peserta.

Harapannya, kedisiplinan saat mengikuti upacara harus dilakukan di kehidupan bermasyarakat. Bentuk sampel-nya beragam. Seperti menepati janji, memakai busana yang lumrah serta disiplin waktu saat masuk kerja. Kalau ini berhasil dilakukan, berarti kegiatan di pagi hari tersebut telah sukses membentuk karakter.

Jika membaca dari sisi ini, maka kegiatan upacara memang perlu diadakan. Bahkan, kalau seandainya tidak memberatkan, aktivitas bisa dilakukan setiap hari. Namun, untuk sekolah mungkin masih membutuhkan perencanaan waktu yang matang, kecuali apel pagi barang beberapa menit.

2. Menyegarkan dan Menyehatkan Badan

Kegiatan upacara ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kedisiplinan, tetapi juga berfaedah untuk kesehatan jasmani. Pasalnya, aktivitas ini dilaksanakan di pagi hari dan di tempat yang lapang. Sinar matahari yang menerpa tubuh itulah yang menyegarkan dan menyehatkan.

Tubuh membutuhkan sinar matahari pagi karena di dalamnya terdapat vitamin D dan kalsium. Kedua fitonutrien ini bermanfaat untuk kesehatan tulang, otot dan persendian. Paling tidak Anda tercegah dari tulang keropos. Untuk itu, mari melaksanakan upacara di hari yang cerah ketika sinar mentari belum terlalu menyengat.

Baca Juga  5 Peluang Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Sekalipun demikian, waktu dimulainya upacara juga harus diperhatikan. Dan pastikan tidak terlalu siang karena kondisi panas bisa mengganggu kekhusukan. Kalau bisa seluruh peserta harus sarapan terlebih dahulu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Seperti pusing, perut mual atau pingsan di tengah lapangan.

3. Menanamkan Jiwa Patriotik

Secara filosofis, upacara juga mengandung makna patriotik atau cinta tanah air. Yang mana, para pejuang dulu juga melakukan aktivitas yang sama sebelum maju ke medan tempur. Nah, dengan mengikuti kegiatan ini, tentu Anda akan ingat dengan memori tersebut. Sehingga terbitlah hasrat untuk melanjutkan perjuangan.

Jiwa patriotik harus ada di dalam hati seluruh rakyat Indonesia. Karena dari perasaan ini, akan muncul sikap pembelaan terhadap negara. Sekalipun tidak lagi menggunakan senjata, paling tidak rakyat tetap menjaga nama baik. Ini yang dimaksud istilah bela negara yang sering digembar-gemborkan.

Dari sisi filsafat patriotisme ini, menjadi wajar kalau pemerintah mewajibkan pelaksanaan upacara. Minimal setiap hari senin dan dilaksanakan selamanya, kecuali cuaca tidak mendukung seperti hujan dan topan. Ini sebentuk kebijakan yang sangat bagus.

4. Menjadi Cinta sang Saka Merah Putih

Manfaat melaksanakan upacara yang berikutnya ialah menjadi cinta pada sang saka merah putih. Di dalam setiap kegiatan upacara, pasti ada pengibaran bendera. Aktivitas ini sejatinya alat untuk menanamkan rasa hormat kepadanya, serta menjauhi hal-hal yang bisa mengotorinya.

Bendera merah putih sendiri adalah pusaka bangsa Indonesia. Sebuah benda dari kain yang dijaga dengan sepenuh jiwa dan raga. Bahkan, para pejuang banyak yang gugur demi menjaganya tetap berkibar. Nah, dengan adanya upacara, para peserta bisa ikut merasa memiliki dan merasa tersinggung jika ada yang mengusiknya.

Baca Juga  Sejarah dan Makna Hari Kemerdekaan Indonesia

Jangankan upacara di tingkat lokal dan nasional, merah putih pun akan tetap berkibar sekalipun seremonial-nya di luar negeri. Asalkan di even tersebut, Indonesia ikut berperan. Tentunya ini suatu kebanggaan yang tidak terkira. Dan bisa dikatakan bendera merah putih adalah penanda Indonesia.

5. Menjadi Pembelajaran Terkait Keragaman

Indonesia adalah negara yang di dalamnya terdapat ratusan juta rakyat beserta keragamannya. Seluruh ciri khas masing-masing akan hilang ketika berbaris di lapangan untuk mengikuti upacara. Mereka tidak lagi membawa nama suku dan budaya komunal melainkan satu Indonesia.

Itu artinya, dengan ikut upacara sejatinya kita telah belajar menghargai perbedaan. Bahwa ketika sudah berada hidup di dalam suatu negara, maka mereka rakyat dari negara tersebut. Mereka hormat pada bendera yang sama. Serta ikut melantunkan sila-sila dari asas yang tidak berbeda.

Inilah perlunya keseragaman bagi seluruh peserta upacara. Baik dari segi pakaian maupun dari segi barisan. Tidak ada yang lebih ke depan daripada yang lain maupun sebaliknya, kecuali pembina upacara, pemimpin upacara dan petugas upacara. Karena mereka pengisi acara di kegiatan tersebut.

6. Mengajarkan Tentang Pentingnya Keteraturan

Jika upacara dilaksanakan dengan baik, maka yang terlihat adalah keteraturan. Peserta pun bisa menilai kalau ternyata, kegiatan yang teratur itu mendukung kelancaran dan kesuksesan. Jadi, mereka tinggal implementasi saja di dalam kehidupan, seperti teratur dalam bekerja, teratur dalam mengelola keuangan dan yang lainnya

Seluruh masyarakat harus hidup dengan teratur, termasuk senantiasa memanajemen diri demi meraih satu tujuan menjadi manusia yang seutuhnya. Dan camkan, kehidupan yang dijalankan dengan teratur, pasti memuaskan. Segala impian pun bisa dicapai dengan mudah.

Manfaat melaksanakan upacara itu sangat banyak. Yang dijelaskan di atas hanya sebagian kecilnya saja. Untuk itu, mengingat faedah tersebut, maka silakan laksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan. Dan jangan lupa praktekkan dengan sebaik-baiknya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya