by

5 Skill yang Harus Dimiliki Maba Berikut Ini Perlu Kamu Kuasai

Baru saja lulus jenjang SMA sederajat dan akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi? Status menjadi siswa pun harus ditanggalkan digantikan dengan status baru yaitu sebagai mahasiswa.

Hanya saja, masa peralihan dari status siswa menjadi mahasasiswa baru atau maba memerlukan proses adaptasi yang ekstra. Banyak yang harus disesuaikan, ditingkatkan, bahkan diubah. Salah satunya adalah skill. Skill yang harus dimiliki maba tentunya berbeda dengan skill yang harus dimiliki ketika masih menjadi siswa.

Skill tersebut amat penting dimiliki untuk menunjang kehidupan selama di dalam dunia perkuliahan, baik dalam dunia pendidikan formal, hubungan pertemanan atau relasi, serta kehidupan sehari-hari. Apa saja skill tersebut? Yuk simak skill yang harus dimiliki maba berikut ini.

1. Beradaptasi dan Menyesuaikan Diri

kelompok muda asia yang menarik berbicara dan tertawa dengan senang hati dalam berkumpul bertemu di rumah dengan perasaan ceria dan menikmati permainan di waktu luang bersama. orang-orang dengan pakaian biru atau kuning. - friendly student potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Keahlian atau skill yang harus dimiliki maba yang pertama adalah kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri. Skill atau kemampuan yang satu ini merupakan kemampuan paling dasar yang harus dikembangkan, apalagi ketika memasuki lingkungan yang baru, contohnya lingkungan perkuliahan. Hal ini dikarenakan lingkungan baru berarti orang-orang baru dan suasana yang baru. Hal semacam ini akan kamu temui ketika memasuki jenjang Perguruan Tinggi.

Di saat itu, kamu harus pandai-pandai beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Terlebih lagi harus beradaptasi dengan lingkungan kampus yang kaya akan keberagaman. Mulai dari keberagaman karakter tiap orang di dalamnya, ragam pemikiran, keragaman budaya, suku, hingga agama. Sebab lingkungan kampus memang terdiri dari berbagai macam orang yang berbeda.

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan sistem pembelajaran di kampus, yang tentu saja berbeda dengan sistem pembelajaran formal semasa SMA. Kamu juga harus pandai-pandai mengatur waktu, supaya waktu kamu hanya diisi oleh hal-hal yang positif dan membawa kemajuan.

Baca Juga  Biar Nggak Telat Lagi, Ini 7 Tips Supaya Bangun Pagi
2. Mudah Bergaul dan Menjalin Relasi

kelompok multi-etnis mahasiswa amerika latin tersenyum - friendly student potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Skill yang harus dimiliki maba berikutnya adalah mudah bergaul. Ya, kemampuan yang satu ini sangat penting untuk dikembangkan dan dimiliki oleh maba karena dunia perkuliahan begitu luas. Kamu harus bisa bergaul dengan siapa saja, dan memilah lingkungan pertemanan yang positif dan berdampak baik untuk kamu. Jangan heran dengan bermacam-macam karakter yang akan kamu temui nantinya. Kamu harus tetap bisa menyesuaikan diri dan bergaul dengan karakter yang bermacam-macam itu.

Kamu juga harus bisa menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan teman-teman yang berasal dari jurusan lain, karena relasi tersebut pasti bisa menambah pengetahuan kamu. Relasi-relasi tersebut, juga bisa kamu andalkan ketika memerlukan sesuatu atau membutuhkan sesuatu di luar bidang kamu, yang ternyata sangat dikuasai oleh temanmu. Itulah sebabnya di awal-awal masa perkuliahan kamu harus pandai-pandai bergaul dan menjalin relasi seluas-luasnya.

3. Public Speaking

wanita muda memberikan pidato di kelas - public speaking student potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Skill yang harus dimiliki maba berikutnya adalah kemampuan public speaking atau berani berbicara di depan umum. Kemampuan yang satu ini, bisa saja sudah kamu miliki sejak masa-masa SMA atau sebelumnya, karena sering dihadapkan dengan presentasi-presentasi atau proses pembelajaran lainnya, yang membutuhkan kemampuan berbicara. Jika hal ini sudah kamu miliki sejak awal, tentu saja sangat baik untuk kehidupan perkuliahan kamu dan menjadi bekal yang sangat berguna.

Selain di awal masa perkuliahan, kemampuan public speaking ini juga akan sangat berguna selama kamu menjalani masa perkuliahan, karena akan banyak sekali bidang yang memerlukan kemampuan ini. Kemampuan public speaking, juga sekaligus membuat kamu tampil lebih percaya diri dan terlihat memiliki jiwa kepemimpinan.

4. Manajemen Waktu atau Mengatur Waktu

manusia memindahkan panah jam dan mengelola waktu - waktu ilustrasi stok

Skill yang harus dimiliki maba berikutnya adalah kemampuan untuk manajemen waktu. Sebagai mahasiswa baru, kamu harus pandai-pandai mengatur waktu dan membagi-bagi waktu. Waktu untuk pendidikan formal di masa perkuliahan sangat berbeda, dengan waktu untuk pendidikan formal di jenjang-jenjang sebelumnya. Jika sebelumnya kamu akan secara penuh diatur dengan jadwal pelajaran dan ditentukan jam-jamnya dalam satu hari, maka lain halnya dengan masa perkuliahan.

Baca Juga  Supaya Tak Salah Pilih, Ikuti 7 Tips Membeli Lampu Berikut!

Sebenarnya, ketika sudah kuliah kamu akan lebih banyak mempunyai waktu yang luang. Hal ini dikarenakan jam kuliah disesuaikan dengan permintaan dosen pengajar dan waktunya cenderung fleksibel. Misalnya saja dosen mata kuliah A akan ada kelas pagi sekitar 2 jam, kemudian tidak ada kelas lain hingga siang dan baru ada kelas lagi menjelang sore. Maka kamu akan memiliki waktu luang sepanjang siang. Kamu bisa memanfaatkan waktu itu untuk melatih skill lain atau melakoni hobi kamu.

Tak hanya itu, kamu bisa memanfaatkan waktu luang itu untuk bekerja paruh waktu jika kamu menginginkannya. Hal-hal tersebut tentu saja lebih berdampak positif dan membawa perkembangan untuk kamu.

5. Bekerja di Dalam Tim dan Bekerja Sama

siluet tim bisnis yang bahagia membuat tangan tinggi di latar belakang langit matahari terbenam untuk konsep kerja tim bisnis - best team potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Skill yang harus dimiliki maba berikutnya adalah kemampuan untuk dapat bekerja sama dalam tim. Di masa-masa perkuliahan memang kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali hal baru dan hal yang beragam. Selain dituntut untuk mampu beradaptasi, kamu juga harus bisa bekerja dengan baik di dalam tim meskipun dihadapkan dengan banyak perbedaan.

Jika kamu bisa menjalin kerja sama tim dengan baik, kamu akan lebih mudah bergaul dan menjalin relasi dengan mahasiswa-mahasiswa lain nantinya. Kerja sama dalam tim yang baik juga akan membantu kamu untuk dapat berkembang selama dalam masa perkuliahan.

Itulah 5 skill yang harus dimiliki oleh maba. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting untuk diasah sedari dini sebelum benar-benar memasuki dunia perkuliahan. Supaya ketika tiba saatnya memasuki dunia perkuliahan, kamu sudah benar-benar siap dan bisa berkembang dengan baik.

Banyak sekali hal baru dan keberagaman yang akan kamu temui. Jika memiliki kemampuan-kemampuan di atas, kamu akan lebih bisa dan lebih siap memasuki dunia perkuliahan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya