by

5 Rekomendasi PTS di Jawa Timur, Tak Kalah Berkualitas dari PTN!

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi pilihan bagi banyak orang. Masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN pastilah menjadi impian yang ingin dicapai. Hanya saja, bagaimana jika setelah mengikuti berbagai macam tes namun mimpi itu tak kunjung tercapai?

Tenang saja, Perguruan Tinggi Swasta atau PTS bisa menjadi alternatif pilihan yang baik. Khususnya di Jawa Timur, terdapat banyak Perguruan Tinggi Swasta atau PTS yang tak kalah kualitasnya dengan PTN.

Beberapa PTS yang terletak di wilayah Jawa Timur berikut ini bisa menjadi pilihan bagi kamu, yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Artikel ini akan memberikan pembahasan yang mengajak kamu untuk lebih mengenal kampus-kampus swasta berikut. Kira-kira apa saja? Yuk simak artikel ini!

1. Universitas Surabaya (Ubaya)

Rekomendasi PTS di Jawa Timut yang pertama adalah Universitas Surabaya atau yang biasa disebut dengan Ubaya. Dari namanya saja kita bisa mengetahui bahwa kampus swasta yang satu ini berlokasi di Surabaya. Secara nasional, kampus ini menempati posisi ke 31 dan menempati posisi pertama kampus swasta terbaik pertama di Jawa Timur. Selain itu, kampus ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Universitas Surabaya ini didirikan pada 11 Maret 1968.

Universitas Surabaya sendiri memiliki 3 kampus yang tersebar di wilayah kota Surabaya. Kampus 1 terletak di Ngagel kecamatan Wonokromo, sedangkan kampus 2 terletak di Rungkut dan kampus 3 terletak di Trawas. Ketiga kampus ini memiliki peruntukannya masing-masing.

Kampus pertama diperuntukkan untuk rektorat kampus dan politeknik. Sedangkan kampus kedua difokuskan untuk pendidikan S1 dan pascasarjana. Kampus ketiga diperuntukkan untuk kegiatan outdoor disertai dengan fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa.

Baca Juga  Apa Saja Faktor Pembentukan Karakter Pada Individu?

Saat ini Ubaya memiliki 8 fakultas, yaitu fakultas hukum, fakultas teknobiologi, fakultas kedokteran, fakultas industri kreatif, fakultas psikologi, fakultas teknik, fakultas bisnis dan ekonomi, dan fakultas farmasi.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (Unmuh)

Rekomendasi PTS di Jawa Timur yang selanjutnya adalah, Universitas Muhammadiyah Malang atau yang lebih dikenal dengan Unmuh. Kampus yang didirikan pada tahun 1964 ini menempati peringkat ke 38 nasional untuk kampus swasta di Indonesia. Universitas Muhammadiyah memiliki 2 kampus yang berlokasi di Malang. Kampus pertama berlokasi di Jl. Bandung Nomor 1 sedangkan kampus kedua berlokasi di Jl. Bendungan Sutami 188A.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah memiliki 10 fakultas dengan 40 program studi jenjang sarjana atau S1, 6 program Internasional, 5 jurusan vokasi, dan 6 program profesi serta magister dan doktor.

Kesepuluh fakultas tersebut adalah fakultas kedokteran, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas perikanan dan peternakan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas hukum, fakultas agama islam, fakultas teknik, fakultas ilmu kesehatan, dan fakultas psikologi.

3. Universitas Kristen Petra (UKP)

Rekomendasi PTS di Jawa Timut yang selanjtunya adalah Universitas Kristen Petra atau yang biasa disebut dengan UKP. Universitas Kristen Petra ini menempati posisi ke 43 nasional. Kampus ini didirikan pada 22 Septemberr 1961. Universitas Kristen Petra berlokasi di Jalan Siwalankerto No 121-131 Wonocolo, Surabaya.

Universitas Kristen Petra telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Seperti halnya 2 kampus yang telah diulas sebelumnya, UKP juga memiliki fakultas-fakultas di berbagai bidang keilmuan. Tepatnya kampus ini memiliki 8 fakultas.

Kedelapan fakultas tersebut adalah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas teknik sipil dan perencanaan, fakultas ilmu komunikasi, fakultas teknologi industri, fakultas seni dan desain, fakultas ekonomi, fakultas sastra, dan pascasarjana. Dari kedelapan fakultas ini, Universitas Kristen Petra memiliki total 28 program studi termasuk program pascasarjana. Jurusan yang saat ini sedang banyak diminati di UKP adalah Desain Komunikasi Visual. Bisa dicoba untuk para penyuka desain dan IT nih!

Baca Juga  Berikut Tugas-Tugas Kepala Sekolah yang Sangat Penting untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan
4. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWM)

Rekomendasi PTS di Jawa Timur yang selanjutnya adalah Universitas Katolik Widya Mandala yang berlokasi di Surabaya. Kampus ini menempati peringkat 52 nasional untuk kampus swasta dan telah terakreditasi A. Kampus swasta yang satu ini didirikan pada 20 September 1960 dan telah berkembang dengan namat baik hingga saat ini.

Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di Surabaya ini memiliki 4 kampus di daerah-daerah strategis di Surabaya. Kampus utamanya terletak di wilayah Dinoyo, Graha Widya Mandala juga terletak di Dinoyo, kampus baru di wilayah Pakuwon, serta kampus Kalijudan.

Saat ini, Universitas Katolik Widya Mandala memiliki 13 fakultas baik fakultas sarjana maupun pascasarjana di berbagai bidang keilmuan. Ketigabelas fakultas tersebut adalah sekolah pascasarjana, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas farmasi, fakultas bisnis, fakultas teknik, fakultas teknologi pertanian, fakultas psikologi, fakultas keperawatan, fakultas filsafat, fakultas kedokteran, fakultas ilmu komunikasi, fakultas kewirausahaan, dan fakultas vokasi.

Selain itu, jurusan-jurusan atau program studi yang dimiliki oleh UKWMS ini telah banyak yang mendapatkan akreditasi unggul dan baik sekali.

5. Universitas Ma Chung Malang

Selanjutnya, ada Universitas Ma Chung yang juga berlokasi di Malang. Kampus ini terbilang masih baru karena baru didirikan pada 7 Juli 2007. Meskipun masih baru, kualitas dari universitas Ma Chung tidak bisa diragukan lagi. Kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Harapan Bangsa Sejahtera ini berlokasi di Kawasan Villa Puncak Tidar Blok N no. 1, Doro, Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Universitas Ma Chung saat ini memiliki 3 fakultas dengan 11 program studi. Ketiga fakultas tersebut adalah fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas sains dan teknologi, serta fakultas bahasa dan seni.

Baca Juga  Mengenal Samudera Pasifik Lebih Jauh Yuk!

Itulah rekomendasi PTS di Jawa Timur yang bisa dijadikan alternatif pilihan selain PTN. Kampus-kampus di atas tidak kalah berkualitas dari Perguruan Tinggi Negeri dan telah terbukti melalui karir para lulusannya. Kampus-kampus di atas juga telah berhasil mencetak para generasi bangsa dengan kualitas unggul.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya