by

5 Peluang Kerja Jurusan Sastra Indonesia

Sebagai seseorang yang kuliah di jurusan sastra Indonesia, kamu pasti bertanya-tanya pekerjaan apa yang cocok saat lulus nanti. Hal ini wajar saja karena peluang kerja adalah alasan terpenting seseorang menempuh pendidikannya.

Nah, bagi Anda yang masih belum bisa membayangkan apa saya prospek kerjanya, yuk simak 5 peluang kerja jurusan sastra Indonesia berikut ini!

1. Translator

Female translator working on a document Top view of the workspace and office of a female translator working on a document and checking some references translator stock pictures, royalty-free photos & images

Translator merupakan profesi yang merujuk pada penerjemah tulisan. Translator memiliki tugas  menerjemahkan berbagai jenis bahasa asing ke dalam bahasa tertentu yang dikuasainya.

Hal-hal yang diterjemahkan biasanya berupa buku sastra, dokumen bisnis, bahan akademik, ataupun film dari bahasa sumber ke bahasa tujuan.

Contohnya menerjemahkan dokumen bisnis berbahasa Mandarin ke bahasa Indonesia. Menjadi translator tentunya sangat menguntungkan. Alasannya tak lain karena seorang translator berpeluang mendapatkan klien dari beragam kalangan dan negara.

Tidak sebatas itu pula, translator juga bisa menyediakan jasa penerjemah online, sehingga berkemungkinan mendapatkan penghasilan tambahan secara online.

Sesuai dengan tugas yang diemban, bidang pekerjaan ini haruslah didukung dengan kemampuan bahasa asing yang baik. Bisa dikatakan harus mencapai tingkat 100%.

Gunanya agar dapat mengungkapkan kembali pesan-pesan dari bahasa asing ke bahasa sasaran, tanpa mengurangi atau menghilangkan pesan-pesannya.

Jadi, translator bukanlah sekadar mengingatkan teks, tetapi juga menyampaikan informasi dari bahasa utama ke bahasa tujuan dengan menggunakan pilihan kata yang paling tepat dan sesuai.

2. Novelis

The concept of a copywriter creating a blog. The idea of ​​writing texts, creativity and promotion, remote work. Freelance work. Text post on the Internet. The concept of a copywriter creating a blog. The idea of ​​writing texts, creativity and promotion, remote work. Freelance work. Text post on the Internet. novelis stock illustrationsNovelis merupakan nama panggilan yang diberi kepada para penulis novel. Novelis adalah salah satu peluang kerja jurusan sastra Indonesia, yang dewasa ini sudah menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

Terkhususnya di dunia hiburan yang semakin gencar meninggikan produksi perfilman, profesi novelis tentu tidak akan terabaikan karena memang sangat dibutuhkan.

Baca Juga  8 Keuntungan Ikut Lomba Menulis Cerpen bagi Penulis Pemula dan Profesional

Walaupun salah satu peluang kerja jurusan sastra Indonesia, menjadi novelis benar-benar harus dilakoni dengan hobi dan imajinasi yang bervariasi.

Hal ini dikarenakan pekerjaan novelis sangatlah menguras ide pikiran untuk dapat merangkai cerita, dengan menempatkan posisi kehidupan ke dunia tulisan.

Menjadi novelis dapat dikatakan sebagai profesi yang untung-untungan. Ini dikarenakan penghasilan novelis tidak dapat ditentukan, yakni bisa banyak bisa juga sedikit.

Karena itulah profesi ini harus dibarengi dengan banyak relasi, agar nilai jual novel bisa bernilai tinggi. Novelis sejatinya memiliki beberapa sumber penghasilan, di antaranya royalti buku, hadiah sayembara penulisan dan honor proyek yang dipercayakan.

Biasanya keuntungan-keuntungan tersebut dimiliki oleh para novelis jempolan, yang punya koneksi dalam mendapatkan proyek penulisan.

3. Narabahasa

Business people during seminar Businesswoman and businessmen discussing during seminar, sitting on armchairs on the stage, holding microphones. conference speaker stock pictures, royalty-free photos & images

Narabahasa adalah pekerjaan profesional yang meliputi edukasi, konsultasi, publikasi, serta aplikasi kebahasaan. Profesi narabahasa memegang peran dalam membantu para pekerja profesional menguasai keterampilan berbahasa di dunia kerja.

Untuk menjadi narabahasa, Anda harus memiliki dasar yang kuat dalam kefasihan tuturan dan kebernasan tulisan mutlak. Hal ini berguna agar Anda terlihat lebih cendekia dan lebih terlihat profesional.

Di dunia digital, Narabahasa diwakili oleh sosok perempuan yang berprofesi sebagai guru. Ia sendiri bernama Nara dan mempunyai rencana untuk membuat pengguna bahasa Indonesia menguasai bahasa untuk menguasai dunia.

Inilah alasan mengapa narabahasa berpegang teguh pada visi “kuasai bahasa, kuasai dunia”. Bukan main, gaji yang ditawarkan pada seorang narabahasa bisa di luar prasangka.

Hal yang dimaksud dapat mencapai puluhan juta hingga ratusan juta, tergantung dimana ia dipekerjakan dan bagaimana profesi ini dikerjakan.

4. Guru/Pengajar

Child training basic language skills with speech therapist Child training basic language skills with speech therapist isolated flat vector illustration. Cartoon little boy improving his language. Articulation problem and speech therapy concept teachers talking stock illustrations

Selanjutnya, peluang kerja jurusan sastra Indonesia ialah guru atau pengajar. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan mulia yang penempatannya di lingkungan sekolah.

Baca Juga  Pernyataan-pernyataan Mendasar Filsafat yang Paling Populer

Namun seiring berjalannya waktu, profesi ini kemudian banyak dikembangkan secara mandiri alias dengan melalui les privat. Terbilang profesi populer yang banyak digeluti di dunia pendidikan, gaji guru sesungguhnya tidaklah sebanyak yang Anda perkirakan.

Adapun besaran gaji guru tersebut tidak dapat ditentukan, karena berbeda pada tingkat golongan dan masa kerjanya. Itulah sebabnya bagi Anda yang mencintai profesi ini, alangkah baiknya jika Anda juga membuka les privat agar gaji dan pendapatan Anda lebih sesuai.

Berbeda dari pekerjaan lainnya, pekerjaan guru tidak akan tersingkirkan dan tidak dapat tergantikan oleh kecanggihan zaman. Itu semua beralasan karena guru memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam membentuk jiwa dan karakter yang diajarnya. Sehingga berkembangnya pembuatan robot pintar atau semacamnya tidak perlu ditakuti akan mengambil alih pekerjaan ini.

5. Jurnalis

African Male Journalist Preparing Questions For Press Conference African Male Journalist Preparing Questions For Press Conference jurnalis stock pictures, royalty-free photos & images

Jurnalis atau yang umum dikenal wartawan ialah sebutan untuk seseorang yang berkegiatan sebagai jurnalistik seperti menulis, analisis, hingga pelaporan kejadian pada publik secara terang-terangan.

Adapun kegiatan ini dilakukan di berbagai media massa, yakni koran, majalah, radio serta televisi dan media online lainnya. Profesi ini merupakan profesi perwakilan yang membagikan berbagai fenomena dan kejadian di lingkungan kehidupan.

Terlibat di bagian berita kemasyarakatan, para lulusan sarjana sastra Indonesia seringan tidak terpikirkan bisa memperoleh pekerjaan ini.

Padahal, jurnalis sendiri jelasnya berkaitan erat dengan sastra Indonesia, yang secara konkretnya berkemampuan mengolah pengamatan menjadi sebuah wacana tulisan.

Adapun inti tugas seorang jurnalis ialah melaporkan suatu peristiwa berdasarkan hasil analisisnya yang tepat, lalu memeriksa keautentikan informasi yang didapat sebelum disebar secara meluas.

Sama seperti translator, jurnalis juga menawarkan banyak keuntungan seperti halnya travelling ke luar negeri secara gratis, memperluas jaringan pertemanan, mengetahui kabar lebih cepat, serta berkesempatan bertemu artis dan menteri-menteri negara.

Baca Juga  Memahami Pengertian dan Fungsi Komunikasi Serta Unsurnya!

Nah, itulah dia beberapa peluang kerja jurusan sastra Indonesia yang perlu Anda ketahui. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda semakin gigih belajar dan tidak menjadi ragu dalam menekuni pendidikan di jurusan sastra Indonesia.

Comment

Artikel Terkait