by

Rekomendasi Sektor Saham Paling Cuan Di 2021

Berinvestasi adalah cara untuk menyisihkan uang, saat Anda sibuk dengan kehidupan dan membuat uang itu bekerja untuk Anda, sehingga Anda dapat sepenuhnya menuai hasil dari kerja keras Anda di masa depan.

Berinvestasi diartikan sebagai tindakan melakukan uang sebagai modal untuk suatu usaha, dengan harapan memperoleh pendapatan atau keuntungan tambahan. Tetapi tidak seperti konsumsi, investasi mengalokasikan uang untuk masa depan, dengan harapan akan tumbuh seiring waktu.

Berinvestasi di pasar saham adalah cara paling umum bagi pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi. Akan tetapi, jangan sampai lupa jika berinvestasi juga disertai dengan risiko kerugian. Dan jangan takut untuk memulai berinvestasi bahkan jika Anda memulai hanya dengan sedikit uang.

Anda harus memahami terdapat hubungan antara pasar saham dan ekonomi, mulai dari aktivitas ekonomi yang dapat mempengaruhi harga saham. Berikut adalah 5 rekomendasi sektor saham yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi, yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mulai berinvestasi.

1. Sektor Nikel

Nikel akan menjadi salah satu komoditas yang diyakini tetap akan bersinar pada tahun ini. Proyeksi kenaikan pada nikel ini terjadi karena China memiliki kebijakan untuk memperpanjang kebijakan impor nikel.

Hal tersebut selaras untuk meningkatkan subsidi pada kendaraan listrik, untuk mengimbangi dampak ekonomi dari pandemi. Selain itu, sektor ini sangat ramai dibicarakan karena ramainya antusiasme investor tentang investasi pabrik baterai.

Tentu hal tersebut sangat menguntungkan Indonesia karena memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Rekomendasi saham berbasis nikel dapat dibeli melalui saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

2. Sektor Coal

Setelah harga jatuh pada level terendah pada pertengahan tahun lalu, diprediksi harga batubara akan berhasil rebound. Hal tersebut terjadi karena permintaan batubara semakin meningkat, akibat musim dingin dan tekanan pasokan.

Baca Juga  Kreatif! Ini 10 Kerajinan Dari Bambu yang Bisa Anda Coba

Selain itu, kenaikan batubara juga didukung dengan larangan China mengenai impor dari Australia. Sehingga dalam jangka pendek batubara akan mempertahankan penguatannya karena aktivitas pemulihan ekonomi.

Berikut rekomendasi saham untuk Anda beli pada Sinarmas Sekuritas adalah PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

3. Sektor CPO

Diketahui bahwa harga komoditas CPO terus mengalami peningkatan, sejak Juni 2020 dan diperkirakan akan terus naik. Hal tersebut semakin didukung oleh perencanaan transisi energi secara global, untuk mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar yang berasal dari tumbuhan.

Perlu Anda ingat jika pasokan CPO dunia, 85%-nya adalah berasal dari Indonesia dan Malaysia sehingga hal tersebut sangat menguntungkan.

Berikut adalah rekomendasi sektor di perkebunan sawit yaitu, saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) dan PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

4. Sektor Konstruksi

Prediksi pada sektor konstruksi akan bernilai positif untuk prospek perusahaan kontraktor pada 2021. Hal tersebut semakin menguat seiring dengan adanya kenaikan anggaran infrastruktur dari pemerintah.

Kenaikan anggaran infrastuktur bertujuan untuk mempertahankan tingkat konsumsi dan mendorong pertumbuhan ekonomi setelah pandemi.

Pasar konstruksi di tahun 2021 juga akan diwarnai dengan kejutan, dari terbentuknya keberadaan dari Lembaga Pengelola Investasi atau Sovereign wealth Fund (SWF). Berikut adalah rekomendari dari Mirae Asset Sekuritas untuk membeli saham dari WSKT dan ADHI.

5. Sektor Perbankan

Selama terjadi pandemi Covid-19 ini, bank-bank memiliki banyak kelebihan pada likuiditasnya. Sehingga diprediksi setelah pandemi Covid-19 ini berakhir, merupakan saat yang tepat bagi perbankan untuk mengalami tanjakan.

Berikut rekomendari untuk membeli saham pada sektor perbankan yaitu saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Baca Juga  Tips Membuka Usaha Laundry Beserta Manfaatnya

Itulah beberapa sektor saham paling cuan di tahun 2021 yang penulis rangkum dari berbagai sumber. Apakah Anda tertarik untuk mulai berinvestasi? Kira-kira mau mencoba yang mana nih?

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait